whatsapp

BERITA

5 Alat Bantu Inovatif yang Memudahkan Kehidupan Para Lansia

BY PUTRI / 14 Sep 2022

5 Alat Bantu Inovatif yang Memudahkan Kehidupan Para Lansia

Raga yang tak lagi muda, membuat sejumlah pensiunan memerlukan dukungan untuk terus bisa beraktivitas. Rangka tulang yang sudah renta dan tubuh rapuh tak bisa lama–lama berdiri membuat sejumlah kegiatan para pensiunan terhambat.

Namun, demi mengatasi hal ini, ada berbagai macam alat–alat bantu yang sengaja dirancang khusus bagi para pensiunan yang membutuhkan. Alat bantu ini dapat dimanfaatkan untuk menunjang aktivitas sehari–hari para lanjut usia agar tetap aktif dan bisa hidup normal seperti orang lain.

Umumnya, alat bantu untuk lansia yang mudah dijumpai seperti kruk, kursi roda, walker, rollator, dan sebagainya. Seiring perkembangan teknologi, alat–alat bantu yang mempermudah kehidupan manusia terus berkembang dan diciptakan. Alat bantu tidak lagi statis dan berguna untuk mendukung para pensiunan agar bisa berjalan dan tetap aktif sendiri. Akan tetapi, alat–alat bantu yang modern dan inovatif ini memang sengaja dirancang dengan sejumlah fitur menarik yang impresif. Berikut ini kami berikan 5 jenis alat bantu pensiunan yang inovatif.

  1. Wheelchair Ramps

Source : Motiona ID

Alat ini dapat membantu para pensiunan untuk naik dan turun mobil dengan mudah. Alat yang satu ini diberi nama Wheelchair Ramps. Mirip seperti “jembatan” yang akan memudahkan kursi roda untuk memasuki atau keluar dari mobil.

Bisa dikatakan alat ini sangat praktis karena para pensiunan yang memakai kursi roda masih bisa tetap berada di kursi roda tanpa bantuan orang lain dan naik atau turun secara mandiri. Penerapan Wheelchair Ramps biasanya berada di sisi belakang mobil berukuran besar seperti bis, bis kecil atau MPV.

  1. Toilet Lift

Para pensiunan juga harus dibantu saat buang air. Inilah fungsi dari toilet lift. Tubuh para pensiunan atau penyandang disabilitas akan terangkat sesuai dengan gerakan tubuh yang alami. Sehingga tidak ada tekanan pada bagian lutut pengguna untuk bangkit atau berdiri. Produsennya sengaja merancang alat ini untuk para pengguna yang concern ingin menggunakan privasi di kamar mandi secara mandiri tanpa bantuan orang lain.

  1. Bath Lift

 

Para pensiunan juga bisa mandi sendiri tanpa perlu bantuan orang lain. Ada bath lift yang bisa menunjang aktivitas ini. Alat ini dapat membantu pensiunan agar bisa masuk dan keluar bak mandi dengan mandiri. Dilengkapi pula dengan kursi dan sandaran dengan bantalan empuk sehingga pengguna bisa menikmati waktunya saat mandi.

  1. Transfer Board

Perpindahan menjadi tantangan bagi para pensiunan. Misalnya untuk berpindah dari kursi roda ke tempat duduk atau ke tempat tidur. Nah, alat berbentuk papan ini memiliki sejumlah fitur yang bermanfaat untuk memudahkan pengguna berpindah. Cukup dengan menggeser pinggang.

  1. Stair Lift

Stairlift merupakan sebuah solusi untuk pengguna yang mengalami kesulitan naik dan turun tangga. Solusi ini sangat praktis untuk lansia untuk menunjang mobilisasi di rumah. Adanya stairlift  di rumah merupakan upaya tindakan preventif agar tidak jatuh dari tangga.

Alat ini dapat diadaptasi pada berbagai macam jenis tangga, baik tangga yang lurus, ataupun tangga yang berbelok. Sehingga tidak diperlukan perubahan pada tangga yang sudah ada.

Dengan hadirnya macam-macam alat bantu jalan tersebut akan memudahkan bagi para pensiunan, orang tua, penyandang disabilitas, kaum difabel, dan penderita stroke untuk meningkatkan aksesibilitas mereka untuk bisa beraktivitas dengan mandiri, bertemu dengan sahabat, dan juga berkomunikasi dengan keluarga tercinta tanpa ada halangan lagi.

Lainnya

Yuk, Intip Sekilas Sejarah PEPABRI!

BY PUTRI

Memanfaatkan Pekarangan Rumah Menjadi Lahan Pangan yang Produktif

BY PUTRI

Sejarah Penetapan Hari Olahraga Nasional yang Diperingati Setiap 9 September

BY PUTRI