whatsapp

OLAHRAGA

5 Latihan Keseimbangan Untuk Lansia yang Dapat Anda Lakukan Di Rumah.

BY PUTRI / 23 Jun 2022

5 Latihan Keseimbangan Untuk Lansia yang Dapat Anda Lakukan Di Rumah.

Ketika Anda masih muda dan lincah, konsep keseimbangan bukanlah sesuatu yang memenuhi pikiran Anda. Faktanya, sebagian besar dari kita mungkin menganggap remeh keseimbangan ketika kita masih muda. Kita mungkin hanya memikirkannya sebentar ketika kita terpeleset atau tersandung sesuatu.

Seiring bertambahnya usia, tubuh kita mulai kehilangan kemampuan untuk menjaga keseimbangan. Ini diperparah dengan hilangnya otot jika kita tidak berolahraga sebanyak biasanya. Orang juga mengalami penurunan keseimbangan setelah operasi atau saat minum obat tertentu. Itu dapat menyebabkan peningkatan jatuh dan penurunan stabilitas.

Hanya karena kita semakin tua bukan berarti kita tidak bisa menjaga keseimbangan yang baik dan melakukan hal-hal yang kita sukai. Menggunakan latihan yang ditargetkan dapat membantu tubuh Anda membangun otot yang meningkatkan dan mendukung keseimbangan. Mendapatkan keseimbangan yang lebih baik berarti memahami bagaimana keseimbangan bekerja. Di sini, kami akan menunjukkan kepada Anda berbagai sistem yang terlibat dalam keseimbangan dan memberi Anda daftar latihan keseimbangan terbaik untuk lansia.

Bagaimana Keseimbangan Bekerja di Tubuh Kita ?

Setiap kali kita menggerakkan tubuh, otak menggunakan saraf dan sinyal kimia untuk berkomunikasi dengan otot yang berbeda. Sistem ini bekerja sama untuk membantu kita melakukan segalanya mulai dari berdiri, duduk, menaiki tangga, dan melangkahi rintangan seperti mainan cucu atau hewan peliharaan kita.

Tubuh manusia menggunakan sinyal dari indera yang berbeda untuk membantu kita menjaga keseimbangan dan mencegah jatuh. Mata kita membantu kita mengidentifikasi apakah kita perlu mengangkat kaki kita atau bergerak ke satu arah atau yang lain. Di telinga kita, kita memiliki kanal yang membantu otak mengidentifikasi bagaimana kita diposisikan, apakah kita tegak atau berbaring misalnya. Kanal-kanal ini juga membantu kita mengukur di mana kita berada dalam kaitannya dengan gravitasi. Sendi dan otot kita juga membantu kita menyeimbangkan sepanjang hari. Mereka menyesuaikan dan bereaksi terhadap gerakan yang berbeda, bekerja untuk menjaga kita tetap tegak dan lurus.

Ketika ada masalah di salah satu sistem ini, Anda mungkin mengalami keseimbangan yang buruk. Misalnya, jika Anda mengalami nyeri sendi di pinggul, Anda dapat mengimbanginya dengan bersandar ke depan atau ke belakang. Ini dapat membuang keseimbangan alami Anda, membuatnya lebih mudah untuk jatuh.

Untungnya, ada beberapa latihan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu menjaga dan meningkatkan keseimbangan Anda. Baca terus untuk mengetahui 5 latihan keseimbangan dengan instruksi yang mudah diikuti.

5 Latihan Keseimbangan Sederhana untuk Lansia

Ketika berbicara tentang latihan keseimbangan, penting untuk memulai dengan perlahan. Untuk sebagian besar latihan, pastikan Anda bisa berdiri dengan tegak. Mulailah dengan meletakkan kaki Anda dengan kuat di lantai. Anda harus merasakan tekanan yang merata pada bola dan tumit kaki Anda. Berusahalah untuk berdiri tegak, angkat pandangan ke depan. Kontraksikan otot perut Anda untuk membantu menopang inti Anda.

Dengan semua latihan ini, Anda bisa mendapatkan dukungan tambahan dari tongkat, alat bantu jalan, meja, atau permukaan kokoh lainnya. Mulailah dengan perlahan dan tingkatkan latihan Anda. Jika Anda merasa sakit atau pusing selama latihan, istirahatlah dan lanjutkan hanya jika rasa sakit dan pusingnya mereda. Jika Anda secara teratur merasakan sakit atau pusing atau tidak mereda setelah berolahraga, bicaralah dengan dokter Anda.

  1. Head Rotation

Head rotation dapat membantu meningkatkan keseimbangan dalam situasi ketika perubahan penglihatan terlibat. Berdiri tegak dengan kaki sejajar dengan pinggul. Putar kepala Anda dengan lembut dari kiri ke kanan lalu ke atas dan ke bawah selama 30 detik. Jika Anda mulai merasa pusing, hentikan atau gerakkan kepala Anda lebih lambat. Jika pusing tidak hilang, hentikan latihan dan coba lagi nanti. Anda juga dapat mencoba latihan ini dengan duduk terlebih dahulu dan meningkatkan cara Anda melakukannya sambil berdiri.

  1. Tap Kaki

Mulailah dengan berdiri di depan sebuah anak tangga. Anda dapat melakukannya di bagian bawah tangga atau menggunakan bangku anak tangga yang kokoh. Berguna untuk memiliki dinding, tongkat, atau tongkat yang kuat untuk menopang jika diperlukan.

Berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul. Perlahan angkat kaki kiri Anda dan ketuk bagian atas tangga atau anak tangga. Ulangi 15 sampai 20 kali dan kemudian beralih ke kaki kanan Anda. Saat keseimbangan Anda meningkat, Anda dapat menaiki tangga alih-alih hanya mengetuknya jika Anda merasa nyaman melakukannya.

  1. Marching

Latihan berbaris (marching) ini dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan gerakan. Berdiri tegak dan letakkan kaki Anda selebar pinggul. Perlahan tekuk lutut Anda, dan angkat kaki Anda hingga paha Anda sejajar dengan lantai. Jangan khawatir jika Anda tidak bisa mengangkat paha setinggi itu, angkat saja setinggi mungkin. Anda dapat berpegangan pada bagian belakang kursi untuk dukungan tambahan jika diperlukan. Ganti kaki sampai Anda melakukan 10 gerakan di setiap kaki.

  1. Rock The Boat

Latihan sederhana ini dapat membantu mengatasi masalah keseimbangan berdiri. Mulailah dengan berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul, dan pastikan kaki tertancap kuat di lantai. Perlahan angkat kaki kiri Anda ke samping atau ke belakang Anda dan tahan pose selama 30 detik. Anda dapat menggunakan kursi atau tongkat untuk menopang jika diperlukan. Ulangi pada kaki yang berlawanan dan lakukan lima pengulangan di setiap sisi. Pegang kaki Anda untuk mendapatkan dukungan tambahan atau gantung kaki Anda di udara untuk pose yang lebih menantang.

  1. Single Leg Raises

Untuk mengangkat satu kaki, berdiri tegak dengan kaki tepat di bawah pinggul untuk menopang. Angkat kaki kiri Anda satu inci dari lantai dan fokuslah untuk tidak bersandar ke kanan. Sebaliknya, pertahankan berat badan Anda di kaki kanan sambil tetap mempertahankan posisi tegak. Jaga agar kaki kiri Anda terangkat selama 10 detik sebelum mengembalikannya ke lantai. Ulangi dengan kaki kanan Anda dan lakukan lima angkat kaki di setiap sisi.

Jika ini pertama kalinya Anda melakukan latihan ini, gunakan kursi atau meja sebagai penyangga agar Anda tidak terguling. Saat Anda terbiasa dengan latihan dan keseimbangan Anda meningkat, Anda dapat melakukan latihan tanpa alat bantu apa pun. Anda juga dapat melakukan side leg raise dengan menggerakkan kaki langsung ke samping atau back leg raise dengan menarik paha ke belakang ke arah langit-langit untuk tantangan tambahan.

Lainnya

Tips Memulai Bisnis Toko Roti Untuk Pensiunan

BY PUTRI

Intip Besaran Uang Pensiun Anggota DPR yang Diterima Seumur Hidup

BY PUTRI

Gaji Ke-13 untuk PNS dan Pensiunan Siap Dicairkan Bulan Juli Mendatang

BY PUTRI