whatsapp

HIBURAN

5 Rekomendasi Film yang Mengangkat Kisah Hidup Lansia

BY PUTRI / 15 Jun 2022

5 Rekomendasi Film yang Mengangkat Kisah Hidup Lansia

Menonton film di bioskop, menghabiskan waktu dengan melihat pertunjukkan seni, dan menonton pertandingan olah raga adalah beberapa cara mengisi waktu luang. Riset terbaru menunjukkan bahwa aktivitas-aktivitas tersebut tidak hanya memperkaya wawasan, tetapi juga menjaga kesehatan pikiran.

Seorang akademisi di Southampton University mengatakan bahwa menonton film dengan cerita yang tidak terlalu memberatkan disertai alur cerita yang baik bisa membantu merangsang otak dan mencegah endapan zat-zat berbahaya bagi otak. Apalagi, mendiskusikan film setelah menontonnya bisa menjaga otak tetap aktif dan mencegah pembentukan plak penyebab alzheimer.

Dalam penelitiannya, Dr Roxana Carare dan koleganya di musim panas ini akan mengamati 40 orang lansia yang mengalami gangguan mengingat dan konsentrasi ringan. Separuh dari peserta akan pergi ke bioskop satu sampai dua kali seminggu. Mereka juga diminta mendiskusikan alur cerita film tersebut dan menceritakan apa yang mereka lakukan selesai nonton film.

Ada beberapa film dari berbagai negara yang menggambarkan dinamika kehidupan lansia. Tentu saja tidak kalah menarik dari cerita hidup anak muda. Berikut ini adalah 5 rekomendasi film tentang lika-liku kehidupan lansia yang sangat menyentuh serta menghibur, yang akan meningkatkan rasa kepedulian Anda.

  1. Love (2008)

Diperankan oleh Sophan Sophiaan, Nugroho merupakan seorang pensiunan guru yang mengalami alzheimer. Dia hidup setiap hari dengan melakukan kegiatan yang sama, termasuk mereparasi jam. Bahkan, Nugroho lupa kalau anaknya udah meninggal, dan menganggap sang cucu adalah anaknya.

Sayangnya, tukang reparasi jamnya sudah tiada dan tempat itu berganti jadi warteg yang dimiliki Lestari (Widyawati). Pertemuan antara keduanya, ternyata awal dari sebuah hal yang manis, di mana Lestari mengajak Nugroho jalan-jalan, dan membuat dia sedikit demi sedikit mengingat beberapa hal di dalam hidupnya.

  1. The Last Word (2017)

Harriet Lauler (Shirley MacLaine), seorang wanita usia lanjut yang sempat meraih kesuksesan sebagai pebisnis memutuskan untuk mempersiapkan catatan kematiannya. Ia memiliki karakter yang menyebalkan. Seorang gila kontrol yang ingin mengatur segala hal. Harriet bahkan ingin mengontrol penulisan obituarinya sendiri sebelum Ia meninggal.

Anne Sherman (Amanda Seyfried), wartawan “Bristol Gazette” spesialis penulis obituari ditugaskan untuk menulis kisah hidup Harriet. Anne biasa menulis kisah-kisah hidup yang menjadi kenangan manis dari seseorang yang meninggal dunia. Namun karakter unik Harriet membuat Anne kesulitan. Ia pun menolak untuk mengikuti kemauan Harriet dalam mengolah hal-hal baik tentang dirinya yang sulit ditemukan. Anne berterus terang kepada Harriet.

Harriet mulai mendekati Brenda (AnnJewel Lee Dixon), seorang gadis kecil berkulit hitam untuk “digugah” hidupnya. Harriet juga mulai melamar pekerjaan menjadi seorang penyiar radio agar dikenal oleh orang ketika membaca obituari tentangnya.

Keseharian Harriet, Anne, & Brenda dalam membangun sebuah kisah baru menjadi cerita persahabatan yang mengesankan. Dibumbui oleh komedi situasi dari percakapan hingga rangkaian adegan yang menyegarkan membuat penonton terhibur sekaligus tersentuh dalam cerita persahabatan dan kehidupan.

  1. An Old Lady (2019)

Premis cerita An Old Lady ini mengenai kehidupan seorang lansia wanita bernama Hyo-Jeong berusia 69 tahun. Hyo-Jeong dilecehkan secara seksual oleh seorang perawat pria Joong-Ho. Ia berusia 29 tahun saat Hyo-Jeong menjalani terapi di rumah sakit. Hyo-Jeong berusaha melaporkan Joong-Ho ke kantor polisi. Namun, Joong-ho berkilah dan membuat proses penyelidikan tidak bisa dilakukan karena kurang bukti.

Hyo-Jeong yang putus asa. Tetapi mendapatkan semangat dari rekan satu rumahnya, Dong-In. Pria ini bahkan datang menemui Joong-Ho dan meminta pria itu menyerahkan diri ke polisi. Menyadari tidak ada yang bisa diandalkan, Ia memilih untuk menyelesaikannya sendiri.

An Old Lady ini mendapatkan beberapa penghargaan sejak kemunculannya. Aktris Ye Soo-Jung yang berperan sebagai Hyo-Jeong mendapatkan penghargaan aktris terbaik di Women in Film Korea Award tahun 2020. Sutradara film ini, Lim Sun-Ae, juga mendapatkan penghargaan sutradara terbaik di ajang yang sama.

  1. Private Life (2018)

Film ini mengisahkan pasangan suami istri yang sudah hampir memasuki usia 50 tahun dan belum juga bisa memiliki anak seberapapun besar usaha yang mereka lakukan. Hingga akhirnya salah satu kemenakan mereka menumpang hidup selama beberapa saat dan lewat event itulah keduanya belajar menjadi orangtua dan sadar bahwa ternyata banyak orang yang hidupnya tak seberuntung mereka.

  1. Amour (2012)

Judul film Prancis ini memang Amour yang artinya adalah cinta, tetapi cinta yang digambarkan dalam film ini sedikit berbeda tujuannya.

Amour berkisah tentang Georges dan Anne, pasangan manula yang dulunya adalah guru musik. Setelah pulang dari menonton sebuah resital, kondisi Anne mulai memburuk. Dia terserang stroke. Dimulailah kisah tentang Georges yang harus merawat Anne.

Apakah ini akan berlangsung seperti kisah cinta tanpa syarat pada umumnya? Sebetulnya tidak. Kita dibawa untuk melihat Georges secara manusiawi, bagaimana dia merasa jengah saat harus berhadapan dengan Anne dan penyakitnya yang merepotkan.

Lainnya

Kelebihan Beternak Ayam Kampung Ketimbang Ayam Negeri

BY ANDERSON SEBASTIAN

Ide Bisnis yang cocok untuk Orang tua kamu yang sudah memasuki Masa Pensiun

BY ANDERSON SEBASTIAN

Yuk, Intip Sekilas Sejarah PEPABRI!

BY PUTRI