whatsapp

KESEHATAN

5 Rekomendasi Susu yang Baik untuk Tulang dan Sendi Pensiunan

BY PUTRI / 27 Sep 2022

5 Rekomendasi Susu yang Baik untuk Tulang dan Sendi Pensiunan

Anda mungkin mengira kalau susu biasanya hanya diminum oleh anak-anak yang biasa jadi pengganjal perut saat sarapan pagi dengan diminum, dicampur sereal, atau teman hidangan sarapan lainnya. Padahal, pensiunan yang sudah berumur juga dianjurkan untuk mengonsumsi susu.

Pensiunan yang sudah memasuki lanjut usia, khususnya di rentang umur 50-65 tahun, membutuhkan nutrisi khusus untuk tubuh mereka, seperti untuk tulang, masa pemulihan setelah sakit, penderita diabetes ataupun untuk penambah nafsu makan.  Sehingga, susu harus dikonsumsi rutin oleh pensiunan untuk membentuk sekaligus menguatkan tulang dan sendi.

Susu dan Kegunaannya

Tulang merupakan salah satu bagian tubuh yang vital untuk dipakai bergerak, sehingga Anda harus menjaga tulang dari penyakit osteoporosis. Nah, untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang ini bisa Anda lakukan dengan rutin mengonsumsi susu. Soalnya, susu mengandung beragam nutrisi, mulai dari vitamin A, vitamin D, magnesium, B12, fosfor, kalium, kalsium, dan masih banyak lainnya.

Susu adalah sumber nutrisi yang sangat bagus untuk tubuh. Terlebih lagi, dengan kandungan protein dan vitamin K2 sangat efektif mencegah pengeroposan tulang atau patah tulang. Jadi, susu tidak hanya harus diminum oleh anak-anak saja, melainkan juga orang dewasa untuk menjaga asupan kalsiumnya.

Manfaat Mengonsumsi Susu Bagi Pensiunan

Ketika usia semakin bertambah, mengonsumsi susu yang tinggi akan kalsium bisa memperpanjang masa tulang dan mengoptimalkan kinerja tubuh. Berikut beberapa manfaat lainnya yang akan Anda rasakan saat minum susu.

  • Mencegah Osteoporosis

Pada dasarnya, osteoporosis bukan bagian dari proses penuaan. Namun, tulang memang menjadi semakin rapuh seiring waktu. Ini artinya, risiko mengalami osteoporosis akan semakin bertambah seiring dengan pertambahan usia. Itu artinya, lansia memiliki risiko yang lebih tinggi daripada anak muda untuk mengalami kondisi ini.

Sementara itu, laki-laki lebih rentan mengalami osteoporosis saat kadar hormon testosterone dalam tubuhnya menurun. Tak heran jika pensiunan masih perlu minum susu untuk membantu memperlambat terjadinya osteoporosis.

Apalagi, kandungan kalsium dan vitamin D pada susu juga membantu tulang menjadi lebih padat, sehingga mencegah tulang menjadi rapuh. Dalam satu gelas susu rendah lemak, Anda bisa mendapatkan asupan kalsium hingga 306 miligram (mg) yang bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian. Oleh karena itu, minum susu untuk lansia dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

  • Memperbaiki Kesehatan Otot

Susu yang mayoritas juga terbuat dari kandungan protein dan asam amino sangat penting untuk membantu memperbaiki kesehatan otot. Di dalam susu terkandung dua jenis protein yang bagus untuk otot, yakni protein whey dan kasein. Dimana, masing-masing menyumbang kandungan protein sebesar 30% dan 70%.

  • Menjaga kesehatan jantung

Selain kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan otot pada pensiunan, susu juga memiliki kandungan kalium yang baik untuk jantung. Nutrisi yang satu ini memiliki peranan penting dalam menjaga tekanan darah pada lansia agar tetap normal.

Pasalnya, makanan atau minuman yang kaya akan kalium dapat mengurangi efek dari natrium dalam tubuh. Artinya, semakin banyak asupan kalium yang Anda konsumsi, semakin banyak pula natrium yang keluar dari tubuh melalui urine. Tak hanya itu, kalium juga bisa membantu mengurangi tekanan pada dinding pembuluh darah.

Rekomendasi Susu untuk Tulang dan Sendi

Dengan banyaknya merk susu yang tersebar di pasaran, terkadang pasti membuat Anda bingung menentukan pilihannya. Nah, untuk itulah berikut rekomendasi susu untuk tulang dan sendi yang bagus Anda konsumsi setiap hari.

  1. Entrasol Senior

Susu untuk pensiunan yang pertama adalah susu Entrasol Senior. Produk susu ini dapat diberikan kepada pensiunan atau lansia yang menginjak usia 51 tahun ke atas. Entrasol Senior memiliki kandungan kalsium yang diklaim dapat mencukupi 1/3 kebutuhan kalsium harian yang perlu didapatkan pensiunan.

Tidak hanya itu, Entrasol Senior juga dilengkapi dengan kandungan lainnya seperti 12 gram atau 20% protein di dalam satu sajian susu. Selain kalsium dan protein, produk susu ini juga mengandung omega-3 dan omega-6 yang dapat melindungi jantung dari kolesterol jahat serta menjaga kesehatan otak.

Berbagai antioksidan juga turut memperkaya kandungan Entrasol Senior, seperti vitamin C, vitamin E, dan selenium yang berfungsi menjaga tubuh dari efek radikal bebas. Tidak hanya itu, Entrasol Senior juga termasuk rendah gula sehingga aman untuk dikonsumsi pensiunan yang mengidap diabetes.

  1. Anlene Gold

Anlene Gold menjadi rekomendasi susu untuk pensiunan selanjutnya. Anda mungkin familiar dengan brand susu Anlene yang iklannya sering dilihat di televisi. Anlene menyediakan berbagai produk susu untuk dikonsumsi oleh berbagai rentang usia, dengan salah satunya adalah produk Anlene Gold sebagai susu untuk pensiunan.

Susu Anlene Gold diformulasikan untuk pensiunan atau lansia di usia 51 tahun ke atas. Produk ini juga dirancang untuk memiliki kalsium yang lebih tinggi untuk mengurangi risiko osteoporosis. Susu Anlene Gold juga diklaim aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Anlene Gold adalah susu yang cocok untuk pensiunan karena rendah gula dan bebas kolesterol. Tidak hanya itu, Anlene Gold juga mengandung kalium tinggi yang berguna untuk mengontrol tekanan darah.

  1. Diabetasol

Produk susu untuk pensiunan berikutnya adalah Diabetasol. Seperti namanya, Diabetasol menyediakan produk yang dikhususkan untuk penderita diabetes atau untuk mencegah diabetes. Selain produk gula khusus penderita diabetes, Diabetasol juga menyediakan produk susu khusus untuk pensiunan.

Indeks glikemik rendah pada Diabetasol dapat mencegah naiknya gula secara drastis. Tentunya hal ini juga disebabkan oleh pemanis di dalam Diabetasol yang berasal dari sukralosa dengan nol kalori.

Susu Diabetasol juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin B dan magnesium. Kedua zat ini bermanfaat untuk mengubah karbohidrat menjadi cadangan tenaga dan membantu menurunkan kadar gula darah. Kandungan prebiotik inulin juga dapat memicu rasa kenyang bagi pensiunan, menunda penyerapan glukosa, dan menurunkan kadar lemak di dalam darah.

  1. Ensure

Produk susu untuk pensiunan dari Ensure memiliki dua jenis produk, yaitu jenis Goldsure yang bisa diminum untuk pemulihan setelah sakit, serta jenis Ensure yang bisa diminum untuk sehari-hari.

Kandungan vitamin D dan kalsium yang ada di dalam Ensure dapat menjaga tulang dan sendi agar tetap kuat serta terhindari dari tulang keropos. Produk ini juga dapat dikonsumsi setiap hari karena kandungannya yang rendah laktosa dan rendah kolesterol.

Susu Ensure juga diperkaya dengan kandungan bermanfaat lainnya, seperti omega-3, omega-6, dan omega-9 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan otak. Tidak hanya itu, kandungan prebiotik fruktooligosakarida juga berguna untuk menyehatkan pencernaan. Kandungan ini juga didukung dengan serat pangan yang dapat melancarkan pencernaan dan menghindari terjadinya konstipasi.

  1. Prolansia

Pilihan produk susu untuk pensiunan yang terakhir adalah Prolansia. Produk susu ini direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh pensiunan berusia 50 tahun ke atas. Kandungan kaya serat yang dimiliki Prolansia bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan menghindari sembelit.

Di dalamnya, terdapat juga serat pangan inulin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, zat lainnya yang juga memperkaya kandungan Prolansia adalah asam folat, vitamin B6, dan B12 yang berguna untuk mencegah penyakit jantung koroner.

Prolansia juga diklaim mampu menurunkan kadar kolesterol, mencegah wasir, dan mencegah terjadinya masalah di usus besar pada orangtua.

Lainnya

5 Alat Bantu Inovatif yang Memudahkan Kehidupan Para Lansia

BY PUTRI

Ide Bisnis yang cocok untuk Orang tua kamu yang sudah memasuki Masa Pensiun

BY ANDERSON SEBASTIAN

Kado untuk Orang tua yang Akan Pensiun, Biar Orang tua mempunyai Kegiatan.

BY ANDERSON SEBASTIAN