whatsapp

HIBURAN

5 Rekomendasi Tempat Wisata Seru yang Cocok untuk Lansia

BY PUTRI / 29 Aug 2022

5 Rekomendasi Tempat Wisata Seru yang Cocok untuk Lansia

Bagi Anda yang berencana mengajak orang tua berlibur, tentu memikirkan pula kemana tujuan travelingnya. Karena tidak mungkin Anda mengajak orang tua ke tempat-tempat petualangan yang biasa Anda jelajahi bersama dengan teman-teman. Penting untuk memilih tempat rekreasi dengan akses jalan yang mudah dan aman. Sebab, orang-orang yang sudah berumur memiliki keterbatasan energi dan kemampuan untuk bergerak atau beraktivitas.

Berlibur bersama orang tua akan memberikan kesenangan yang berbeda. Anda bisa membuat hubungan Anda dengan orang tua menjadi lebih intim. Berikut Kredit Pensiun kumpulkan aneka rekomendasi tujuan wisata yang pas untuk dikunjungi bersama dengan orang tua.

  1. Taman Wisata Alam Mangrove, PIK

Siapa bilang Jakarta hanya dihiasi oleh gedung - gedung pencakar langit? Berlokasi di utara Jakarta, rentetan pemandangan hijau siap menyambut keluarga yang ingin melepas penat sejenak. Seperti namanya, ribuan pohon mangrove berjejer di sepanjang bibir pantai.

Taman wisata alam Mangrove menyediakan perahu untuk berkeliling, yang bisa disewa dengan membayar tarif sekitar Rp. 300.000 tiap satu kali perjalanan (selama 20 menit). Kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan adalah menanam mangrove bakau besar, bakau merah, tancang atau lainnya dengan tarif sebesar Rp. 150.000.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Tim Pusat Informasi TWA Mangrove Angke Kapuk, harga tiket masuk bagi pengunjung dewasa mulai dari Rp 30.000 saat hari biasa dan mulai dari Rp 35.000 saat akhir pekan.  Sementara harga tiket masuk pengunjung anak-anak usia 1-12 tahun mulai dari Rp 15.000 pada hari biasa dan Rp 20.000 saat akhir pekan.

Selain itu, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi juga dibebankan biaya parkir. Rinciannya, tarif parkir kendaraan roda dua mulai dari Rp 10.000, roda empat mulai dari Rp 20.000, roda enam dan lebih mulai dari Rp 100.000.

  1. Ketep Pass, Magelang

Obyek wisata yang pas untuk dikunjungi bersama keluarga umumnya adalah tempat-tempat yang bernuansa alam dengan pemandangan cantik dan suasana yang tenang. Kondisi seperti ini banyak disukai orang tua terutama ibu-ibu dan tujuan pertama yang bisa Anda pertimbangkan untuk rekreasi bersama keluarga adalah Ketep Pass. Ini adalah destinasi wisata baru yang dikembangkan di jalur Solo-Selo-Borobudur dengan konsep utama berupa wisata gunung api.

Ketep Pass berjarak 17 km ke arah timur dari Blabak, Magelang. Tempatnya berada di ketinggian 1.200 mdpl dengan pasokan udara sejuk khas pegunungan. Pemandangan yang disuguhkan tidak lain adalah Gunung Merapi. Ketep Pass pertama kali dibuka tahun 2002 dan menjadi alternatif tujuan wisata alam yang ada di Magelang.

Jika sudah mantap memutuskan untuk pergi ke sana langsung saja siapkan kendaraan dan melaju ke puncak Bukit Sawangan, Kecamatan Ketep, Kabupaten Magelang. Dari sana terlihat gagahnya gunung Merapi serta gunung Merbabu bahkan gunung lain seperti gunung Sindoro, Sumbing dan Slamet juga dapat dilihat menggunakan teropong yang disediakan di Pelataran Panca Arga. Enaknya lagi untuk menuju ke tempat ini tidak butuh trekking, ini adalah tempat wisata yang ramah untuk orang tua.

  1. Taman Safari Indonesia, Cisarua

Source : Jakarta Post

Taman Safari Indonesia Bogor atau yang lebih dikenal dengan Taman Safari Bogor adalah pusat konservasi satwa yang terletak di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Berbeda dengan kebun binatang, Taman Safari Bogor memungkinkan pengunjung melihat dari dekat semua jenis binatang dengan mengendarai mobil pribadi atau bus yang disediakan. Namun, saat mengunjungi binatang yang berbahaya, pengunjung tidak diperbolehkan membuka pintu dan jendela kendaraan. Tak hanya itu, tempat wisata ini di kawasan Puncak ini juga dinobatkan sebagai situs konservasi satwa terbaik oleh Kementerian Kehutanan.

  1.  Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara merupakan salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi. Tempat ini cocok bagi Anda penggemar bunga karena banyak ditemui berbagai jenis bunga dan hamparannya.

Lokasinya ada di Cianjur tepatnya di Jalan Mariwati nomor KM. 7, Kawungluwuk. Tempat ini buka dari pukul 08.00–17.00 WIB.

Bagi para lansia juga bisa ke tempat ini karena akses jalannya mudah. Anda juga bisa menggunakan kursi roda untuk mengelilingi Taman Bunga Nusantara ini.  Adapun biaya masuknya setiap pengunjung dikenakan Rp 40.000.

  1. Cimory

Source : Travel Kompas

Jika ke puncak Bogor, tempat wisata ini wajib dikunjungi. Ada tiga tempat wisata yang bisa dipilih yakni Cimory Dairyland, Cimory Riverside dan Cimory Mountain View.  Lokasi ketiganya berbeda-beda namun jaraknya tidak jauh. Di Cimory Dairyland, Anda bisa mengajak lansia untuk melihat hewan ternak. Selain itu ada pemandangan yang indah di taman kincir yang warna-warni.

Namun jika ingin mengajak lansia lebih baik mengajaknya ke Cimory Riverside dan Cimory Mountain View. Hal ini karena lokasinya yang tidak begitu padat pengunjung saat musim liburan dan di dua tempat ini juga tidak perlu mengitari area wisata. Para lansia bisa menikmati makanan dan minuman di restoran yang ada di Cimory sambil melihat pemandangan yang asri.

Lainnya

Ketahui 9 Warna Urine Ini Serta Maknanya Bagi Kesehatan Anda

BY PUTRI

5 Negara yang Banyak di kunjungi setelah Memasuki masa Pensiun

BY ANDERSON SEBASTIAN

Menarik! Ide Bisnis Ternak Lele Bioflok yang Menguntungkan untuk Pensiunan!

BY ANDERSON SEBASTIAN