whatsapp

KEUANGAN

5 Cara Menabung untuk Mempersiapkan Dana Pensiun

BY ANDERSON SEBASTIAN / 20 Nov 2020

5 Cara Menabung untuk Mempersiapkan Dana Pensiun

Pastinya untuk menikmati hari tua dengan bersantai dan berlibur bersama dengan pasangan tentunya menjadi dambaan setiap orang. Siapa juga orang yang mau bekerja seumur hidupnya? Akan tetapi hal tersebut juga memerlukan cara menanbung yang baik dan benar serta usaha yang besar.

 

 Nah salah satunya dengan Anda memikirkan Dana Pensiun. Jika Anda Seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil), kamu dapat tenang dan bernafas dengan lega karena sampai Pensiun-pun kehidupan anda akan di jamin hingga tua dari pemerintah. Beda lagi dengan orang yang bekerja disektor swasta? Karyawan swasta sekarang juga berhak untuk dapat dana pensiun. Dana ini biasanya akan difasilitasi dari perusahaan tempat anda bekerja. Tiap karyawan yang bekerja di perusahaan swasta tersebut akan diikutsertakan dalam Program DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan)

 

Mulai sejak dini

         Menabung memang harus dilakukan sejak dini, Jangan menunggu setelah anda mapan baru berinvestasi ataupun menabung, tetapi harus ada pola pikir yang dirubah Berinvestasi lah untuk menjadi mapan. Maka dari itu, lakukan investasi sedini mungkin. Jika anda merupakan orang yang sudah mulai berumur, lakukan lah investasi mulai dari sekarang. Namun, kamu juga harus tau tujuan dan niat dalam berinvestasi. Ada pula baiknya investasi untuk jangka panjang dengan tujuan anda akan bebas finansial ketiak sudah memasuki masa pensiun, dan pada dasarnya anda juga tidak ingin membebani anak-anak saat kelak sudah lanjut usia nanti.

         Semakin muda dalam berinvestasi, semakin banyak waktu dan dana yang dapat dialokasikan. Cara menabung juga bisa bervariasi mulai dari deposito, membeli property, membeli reksadana, bahkan terjun dalam bursa saham.

 

Tentukan jumlah sesuai kemampuan

            Kemampuan dari setiap orang untuk berinvestasi tentulah berbeda-beda. Bagi anda yang masih sekolah bisa dengan cara menyisihkan uang saku untuk ditabung, bagi yang sudah bekerja tentunya mempunyai cara nya sendiri dan lebih bervariasi dalam hal menabung, dan bagi anda yang mempunyai usaha sendiri, tentunya pun sangat penting untuk dapat menyisihkan sebagian dari keuntungan yang didapat untuk masa depan

 

Sedikit tapi rutin

         Cara Menabung untuk berinvestasi lebih baik dilakukan dengan cara sedikit demi sedikit. Mengapa demikian, Karena berinvestasi adalah cara kita untuk mempersiapkan masa depan tanpa harus mengorbankan masa sekarang, jangan sampai karena berinvestasi kehidupan kita jadi miris, karena sebagian besar dana dialokasikan kesana. Melainkan, pakailah dana yang rutin dan ditambahkan dengan sisa pendapatan dari setiap bulannya.

 

Diversivikasi investasi

         Diversivikasi Invetasi adalah jangan memasukan investasi kepada satu metode saja, melainkan pilihlah beberapa dari banyak cara menabung yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan dana pensiun. Hal ini penting karena jika salah satu dari investasi kita mengalami stagnasi, metode lain dapat menutupi dengan keuntungan yang diberikan.

 

Selalu dimonitor

       Walaupun tujuan kita adah mempersiapkan dana pensiun yang berarti berinvestasi jangka panjang, jangan lupa juga untuk memonitor perkembangan asset yang kita miliki untuk mencegah kerugian yang tidak seharusnya terjadi lebih besar. Walaupun beberpa ametode investasi sudah menyertakan minimum resiko yang bisa kita hadapi , tapi alangkah baiknya kalau kita juga memperhatikan aset yang sedang kita bangun.

Nah, demikian 5 cara menabung untuk mempersiapkan dana pensiun, berapapun usia kamu, latar belakang pekerjaan dan pendidikan, kamu dapat melakukan kelima hal diatas untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lainnya

Ingin Masa Pensiun kalian Tenang, Kaya dan Bisa Liburan? Berikut Tips-nya !

BY ANDERSON SEBASTIAN

Jangan Anggap Remeh, Ini 5 Gejala Pikun yang Sering Dialami Lansia

BY PUTRI

Tips Memulai Bisnis Toko Roti Untuk Pensiunan

BY PUTRI