whatsapp

5 Negara yang Banyak di kunjungi setelah Memasuki masa Pensiun

5 Negara yang Banyak di kunjungi setelah Memasuki masa Pensiun

14 Oct 2020 | Anderson Sebastian

            Pensiun di luar negeri, pernahkah terpikirkan di benak kamu? Mungkin memang mayoritas orang Indonesia, menganut kepercayaan untuk lahir dan mati di tanah sendiri.Tapi, hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa sebagian warga negara kita, ingin merasakan nikmatnya pensiun di luar negeri. Termasuk kamu, bukan?

            Menikmati masa tua dengan pemandangan yang berbeda, merasakan pengalaman baru di negera paling aman dan murah, tentu sangat menarik untuk dilakukan.Tentu saja, untuk menikmati masa pensiun dengan nyaman, tinggal di negara dengan biaya hidup paling murah saja tidak cukup, faktor keamanan juga harus diperhatikan.

Oleh karena itu, berikut adalah 10 negara paling murah dan aman untuk pensiun yang bisa kamu jadikan tujuan masa pensiun nanti.

Austria

Negara paling murah dan aman pertama adalah Austria. Tempat ini menduduki urutan ke-4 untuk negara paling aman dan memiliki indeks harga konsumen 71,79.Austria dikenal sebagai alternatif dari negara Swiss, namun dengan biaya hidup yang lebih murah.

Jika kamu tertarik untuk pensiun di sini, paling tidak kamu harus menguasai bahasa Jerman, karena mayoritas warga di sini menggunakannya untuk komunikasi sehari-hari.Perihal visa, kamu memerlukan izin tinggal jika berada di sana lebih dari 6 bulan. Kamu juga harus menunjukan bukti penghasilan, kependudukan, asuranasi kesehatan dan juga kemahiran dalam bahasa Jerman.

Australia

Menduduki urutan 13 dalam GPI, dengan Cost of Living Index 73,54 Australia menduduki negara kedua sebagai negara paling murah dan aman untuk pensiun di dunia.

Di sini negara kanguru ini, kamu bisa menikmati cuaca hangat, dengan banyaknya pantai

Chili

Walaupun negara ini memiliki potensi besar untuk terkena gempa, namun persiapan mereka dalam menghadapi hal ini lebih baik dari tempat manapun.

Maka dari itu, Cili bisa berada di urutan 28 dalam GPI 2019, dengan indeks biaya hidup 47,73.

Sebagai salah satu negara paling murah dan aman untuk pensiun, kamu bisa mengajukan visa pensiun di sini dengan menujukan bukti bahwa kamu mampu membiayai dirimu di sini.

Costa Rica

Berada di urutan 40 dalam GPI 2019, dengan indeks biaya hidup 50,89 menjadikan Costa Rica menjadi negara paling murah dan aman selanjutnya. Pensiun di negara ini tergolong murah, jika dengan $1,300 – $1,600 per bulan kamu sudah bisa tinggal dengan nyaman.

Jika kamu berniat untuk pensiun di sini, ikutilah Pensionado Program, di mana kamu secara otomatis akan mentransfer, paling tidak $1,000, dana pensiun dari penghasilanmu ke sistem finansial Costa Rican setiap bulannya.

Uruguay

Negara yang berada di Amerika bagian selatan ini, berada di urutan 37 dalam GPI 2019, dengan indeks biaya hidup 57,31.Di negara ini, kamu bisa menikmati iklim yang hangat, tidak terlalu dingin atau panas, pantai indah dan juga budaya beragam.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati program kesehatan nasional yang berlaku untuk semua orang, temasuk warga asing. Uruguay menjadi salah satu negara terbaik untuk pensiun.

Bagaimana, sudah menentukan ingin pensiun di negara apa? Eits, tapi sebelum itu tentunya kamu harus memiliki perencanaan dana pensiun yang tepat dulu. Kamu tidak perlu menunggu cukup berumur, untuk menyiapkan dana pensiun. Walaupun saat ini kamu masih berusia 20-an, dan bahkan belum menikah serta memiliki keluarga, juga menyiapkan dana pensiun sedini mungkin justru sangat direkomendasikan.

Lalu, apa yang bisa kamu lakukan? Kamu bisa mengikuti program pensiun, menabung, dan juga berinvestasi. Ketiganya menjadi hal penting karena bisa saling melengkapi. Jika kamu menabung saja, pasti tidak akan cukup karena menabung tidak bisa mengatasi inflasi di tahun mendatang.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Minggu Ini Vaksin Covid-19 bagi Lansia Siap Dilakukan, Apa Saja Hal yang Perlu Diperhatikan?

Pentingnya Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Ingin Masa Pensiun kalian Tenang, Kaya dan Bisa Liburan? Berikut Tips-nya !