whatsapp

LIFESTYLE

6 Tips Persiapan Sebelum Hari Pensiun

BY PUTRI / 06 Apr 2022

6 Tips Persiapan Sebelum Hari Pensiun

Hari pensiun sudah semakin dekat, apakah Anda sudah siap? Berikut beberapa tips untuk membantu Anda mempersiapkan hari pensiun bahagia.

Menjelang hari pensiun ada berbagai hal dalam kehidupan Anda yang akan berubah. Beberapa aspek bahkan dapat berubah secara drastis. Banyak orang yang khawatir ketika akan menghadapi hari pensiun karena perubahan-perubahan tersebut. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan hari pensiun Anda. Berikut adalah beberapa tips yang kami siapkan untuk membantu Anda :

1. Mempersiapkan Rencana Keuangan

Salah satu aspek kehidupan yang umumnya berubah drastis ketika Anda pensiun adalah keuangan, karena Anda tidak lagi menerima gaji seperti yang sebelumnya selalu diterima secara rutin setiap bulan. Sebelum mencapai masa pensiun, sebaiknya Anda sudah menyusun rencana keuangan setelah pensiun nanti. Jika sebelumnya Anda belum pernah menyusun rencana keuangan pribadi dan keluarga, ada baiknya Anda membaca artikel berikut :

[Pentingnya Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini]

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam merencanakan keuangan pensiun adalah merencanakan pengeluaran dan pemasukan pribadi dan keluarga. Sangat penting untuk menelusuri pengeluaran Anda ketika belum pensiun. Banyak orang yang tidak menyadari pengeluarannya sehari-hari, mungkin saja banyak pengeluaran yang sebenarnya kurang efektif. Pengeluaran-pengeluaran tersebut perlu dievaluasi ulang dan disesuaikan dengan pemasukan ketika sudah pensiun sehingga tidak terlalu memberatkan Anda di kemudian hari. Mempersiapkan perencanaan yang terperinci akan memudahkan dan membantu Anda tidak terkejut ketika hari pensiun sudah tiba.

Setelah merencanakan pemasukan dan pengeluaran, Anda dapat melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu menentukan tujuan-tujuan keuangan di masa pensiun. Tujuan keuangan ini dapat mencakup berbagai hal termasuk biaya pernikahan anak, renovasi rumah, membeli kendaraan baru, hingga untuk membuka bisnis Anda sendiri. Ada beberapa sumber keuangan yang dapat Anda pilih untuk mencapai tujuan keuangan tersebut, di antaranya dengan menggunakan tabungan atau hasil investasi yang sudah Anda miliki, hingga mengambil kredit pensiun. Jika dikelola dengan baik, pinjaman dapat menjadi salah satu solusi untuk membantu Anda mencapai tujuan keuangan di masa tua sekalipun.

Sumber keuangan untuk menuju tujuan-tujuan keuangan tersebut perlu didiskusikan dengan keluarga dan akan dibahas lebih lanjut pada tips selanjutnya.

2. Berinteraksi dengan Keluarga

Dengan banyaknya waktu luang yang Anda miliki ketika pensiun nanti, maka sudah pasti Anda akan punya lebih banyak waktu yang dapat dihabiskan bersama keluarga atau lingkungan sekitar. Tidak dapat dipungkiri bahwa peran keluarga dan lingkungan sekitar akan sangat berpengaruh pada masa pensiun Anda. Seringkali pensiunan merasa kurang berdaya dan kurang bermanfaat bagi sekitarnya karena sudah tidak lagi bekerja. Nyatanya Anda dapat melakukan lebih banyak hal produktif walaupun tidak lagi bekerja di kantor. Anda memerlukan dukungan moral dari keluarga dan lingkungan sekitar untuk tetap menjalani masa pensiun dengan bahagia.

Interaksi yang baik dengan keluarga dapat menjadi salah satu langkah penting dalam mempersiapkan masa pensiun. Selain untuk mendapatkan dukungan moral agar Anda tetap percaya diri dan produktif, Anda juga perlu mendiskusikan berbagai perubahan yang akan terjadi setelah Anda menginjak usia pensiun. Salah satu hal yang perlu dibahas adalah pengeluaran dan pemasukan. Apakah Anda dapat memenuhi seluruh kebutuhan pribadi dan keluarga dengan uang pensiun yang didapatkan, atau perlu membuat usaha untuk masa tua, dan lain sebagainya. Bahaslah hal ini secara terbuka dengan keluarga Anda sehingga setiap kebutuhan dapat diusahakan bersama-sama.

[Ingin Masa Pensiun kalian Tenang, Kaya dan Bisa Liburan? Berikut Tips-nya !]

3. Mencari Hobi Sampingan

Mulailah mencari hobi di luar pekerjaan Anda. Jika selama ini Anda hanya fokus pada pekerjaan sebagai profesional, ini waktunya untuk Anda memiliki kegiatan sampingan yang Anda sukai dan dapat membuat Anda tetap produktif. Misalnya hobi seperti bercocoktanam, olahraga aerobik, pilates, yoga yang baik untuk Anda yang berusia lanjut. Anda juga bisa mencoba hobi lain seperti bermain music, fotografi, membuat keramik, hingga berbagai hobi lainnya. Hobi apapun yang Anda gemari bisa dicoba.

Memiliki hobi sampingan seperti ini sangat baik untuk membuat Anda tetap produktif pada waktu luang yang dimiliki ketika pensiun. Dengan begitu waktu yang biasa dihabiskan untuk bekerja tidak terasa sangat kosong. Jika ditekuni dengan serius, Anda bisa saja memanfaatkan hobi tersebut untuk menghasilkan uang.

4. Mempersiapkan Bisnis

Apakah mungkin seorang pensiunan memulai bisnis? Tentu saja mungkin. Siapapun bisa memulai bisnis di umur berapapun. Ada begitu banyak sosok pebisnis sukses di Indonesia maupun mancanegara yang berhasil membangun bisnis raksasa walaupun dimulai di usia senja. Sebut saja Kolonel Harland Sanders, pendiri KFC (Kentucky Fried Chicken). Ia baru memulai bisnisnya di usia 65 tahun setelah pensiun dari pekerjaannya. Saat ini siapa yang tidak mengenal KFC? Bisnisnya sudah berkembang secara global dan tentunya menghasilkan keuntungan yang jauh lebih besar daripada pendapatannya ketika bekerja.

[Pentingnya Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini]

Jika saat ini Anda punya ketertarikan pada suatu bidang yang dapat dijadikan bisnis, jangan ragu untuk memulai bisnis tersebut. Seperti yang telah dibahas di atas, ketika menginjak masa pensiun, tentu penghasilan Anda akan berkurang. Memiliki bisnis sendiri dapat menambah penghasilan Anda sekaligus menjadi lahan untuk menyalurkan waktu, tenaga dan pikiran Anda.

Umumnya kekhawatiran yang menjadi perhatian dalam membuat bisnis ketika sudah pensiun adalah persoalan modal usaha. Ada berbagai cara untuk mendapatkan modal usaha tersebut. Anda bisa menggunakan tabungan yang sudah dimiliki sebelumnya, membicarakan modal dengan keluarga, atau mengambil pinjaman. Salah satu cara untuk mendapatkan pinjaman untuk usaha adalah dengan mengajukan kredit pensiun. Anda dapat mengajukan pinjaman kredit pensiun melalui situs kami. Untuk mempelajari lebih jauh, Anda dapat mengklik tautan berikut ini.

5. Membiasakan Gaya Hidup yang Lebih Sederhana

Salah satu hal yang menjadi tantangan bagi seorang pensiunan adalah melepaskan kebiasaan mendapatkan otoritas dan fasilitas. Terkadang pensiunan mengalami efek post power syndrome karena tidak lagi mendapatkan fasilitas dan pelayanan dari karyawan-karyawan kantor seperti office boy, driver, dll. Perubahan yang ekstrem juga tentunya akan terasa pada kemampuan membiayai gaya hidup. Dengan pemasukan yang didapatkan selama bekerja, mungkin Anda dapat selalu memenuhi gaya hidup seperti pergi ke restoran secara rutin, belanja pakaian branded dan lain sebagainya. Sementara ketika sudah pensiun, penghasilan berkurang sehingga gaya hidup tersebut tidak lagi dapat dicapai.

Maka dari itu, Anda dapat memulai membiasakan diri menjalani gaya hidup yang lebih sederhana, sekaligus mulai membiasakan diri lepas dari rasa nyaman fasilitas-fasilitas dan otoritas yang dimiliki di tempat Anda bekerja. Misalnya, jika biasanya Anda bertransportasi menggunakan fasilitas mobil dan driver perusahaan, Anda dapat mulai membiasakan diri menyetir sendiri ketika mendekati usia pensiun. Anda juga mulai perlu membatasi gaya hidup, mulai menjalani gaya hidup yang lebih sederhana. Salah satu usaha yang bisa dilakukan juga adalah dengan mengubah cara berpakaian. Jika sebelumnya Anda biasa menggunakan pakaian formal ke kantor, mulailah menggunakan pakaian yang lebih santai dari biasanya, sehingga ketika pensiun Anda tidak kaget dengan perubahan ekstrem dimana Anda tidak lagi menggunakan pakaian-pakaian formal sehari-hari. Hal-hal ini mungkin terdengar sepele tetapi dapat sangat membantu Anda mempersiapkan mental ketika menghadapi tahap pensiun.

[Cara Menabung yang baik di Masa Pensiun]

6. Mencari Komunitas Positif

Banyak orang takut menghadapi masa pensiun karena berbagai keterbatasan yang akan dihadapi. Hal ini sangat wajar karena memang dibutuhkan banyak penyesuaian ketika Anda harus mengubah kegiatan yang sudah dilakukan selama berpuluh-puluh tahun. Namun tidak perlu khawatir, karena ada banyak pensiunan lain yang juga menghadapi kondisi yang sama dengan yang Anda hadapi. Carilah komunitas-komunitas sehat yang beranggotakan pensiunan seperti Anda. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan bersama-sama, misalnya berolahraga bersama, pergi berlibur, melakukan aksi sosial dan lain sebagainya. Semua kesulitan akan terasa lebih ringan jika dihadapi bersama-sama dengan orang-orang yang tepat. Di dalam komunitas yang positif Anda dapat saling menyemangati satu sama lain untuk terus menjalani pensiun bahagia.

Demikian 6 tips persiapan sebelum hari pensiun yang dapat Anda coba demi mempersiapkan hari pensiun yang bahagia. Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk menyebarkan artikel ini kepada keluarga dan kerabat Anda sehingga mereka pun dapat mempersiapkan pensiunnya dengan baik. Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan berikan komentar di kolom komentar di bawah.

Referensi :

Pentingnya Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Ingin Masa Pensiun kalian Tenang, Kaya dan Bisa Liburan? Berikut Tips-nya !

Pentingnya Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Cara Menabung yang baik di Masa Pensiun

Lainnya

7 Cara Ampuh Merawat Tanaman Agar Tidak Mudah Layu

BY PUTRI

Gaji Ke-13 untuk PNS dan Pensiunan Siap Dicairkan Bulan Juli Mendatang

BY PUTRI

Sebelum Berinvestasi, Cari Tahu Dulu Apa Itu Investasi ?

BY PUTRI