whatsapp

WIRAUSAHA

7 Cara Ampuh Merawat Tanaman Agar Tidak Mudah Layu

BY PUTRI / 19 Oct 2022

7 Cara Ampuh Merawat Tanaman Agar Tidak Mudah Layu

Menemukan tanaman yang dirawat dengan baik menjadi layu, tentu menyebalkan bagi Anda yang sedang gemar berkebun atau bercocok tanaman. Agar ini tidak terulang lagi, ada baiknya Anda mengevaluasi bagaimana cara Anda dalam merawat tanaman. Bisa jadi Anda salah dalam merawat tanaman sehingga tanaman tersebut menjadi layu. 

Tak perlu bingung dalam merawat tanaman yang benar, karena Kredit Pensiun sudah siapkan 7 cara efektif yang mampu membuat tanaman Anda menjadi tumbuh subur dan anti layu. Berikut 7 cara merawat tanaman agar tidak cepat layu.

  1. Melakukan Metode Penyiraman yang Tepat

Cara merawat tanaman yang tepat pertama adalah menggunakan metode penyiraman yang tepat untuk tanaman hias Anda. Karena pada dasarnya, semua tanaman membutuhkan air untuk bisa tumbuh dengan baik. Namun, ada baiknya Anda mengetahui kebutuhan air yang diperlukan oleh jenis tanaman milik Anda sebelum asal-asalan menyiram.

Berikut adalah metode penyiraman secara tepat yang bisa Anda ikuti:

  • Siram di pagi atau malam hari, agar tanaman memiliki suplai air yang cukup untuk menghadari terik matahari pada siang hari.
  • Siram tanaman secara merata agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.
  • Siram tanaman secukupnya, hindari menyiram daun terlalu basah karena dapat mengundang penyakit tanaman.
  • Hindari genangan air karena dapat menutup jalur oksigen dan membuat tanaman cepat rusak.

 

  1. Memberikan Sinar Matahari Secukupnya

Cara merawat tanaman agar tidak layu berikutnya adalah mengetahui kebutuhan sinar matahari yang ideal pada jenis tanaman yang Anda miliki. Untuk kebun sayur dan buah-buahan, biasanya tanaman harus terkena sinar matahari secara langsung selama sekitar 6 jam.

Sementara itu, tanaman hias biasanya membutuhkan sinar matahari selama 3-4 jam setiap harinya. Berbeda dengan yang lainnya, sukulen, kaktus, atau pakis hanya membutuhkan paparan sinar matahari sebanyak 2 jam per hari.

  1. Kontrol Suhu dan Kelembapan yang Benar

Cara merawat tumbuhan agar tidak layu berikutnya adalah memastikan tanaman yang Anda pelihara dapat hidup dengan suhu rata-rata yang ada di daerah rumah. Oleh sebab itu, hindari menanam tanaman subtropis atau tanaman dataran tinggi jika Anda tinggal di daerah tropis dekat pantai.

Kelembapan pada udara juga dapat memengaruhi kondisi tanaman hias Anda. Anda dapat mengakali kelembapan udara dengan menggunakan alat bantu seperti humidifier atau menempatkan sumber air di sekeliling tanaman.

  1. Antisipasi Hama dan Penyakit pada Tanaman

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tanaman Anda terhindar dari hama dan penyakit. Cara-cara tersebut ialah dengan menjaga kualitas tanah, memberikan nutrisi kepada tanaman, merotasi tanaman secara rutin, mengoptimalkan lokasi tanaman, serta memangkas rumput liar yang ada di sekitar tanaman Anda.

  1. Potong Tanaman yang Kering dan Mati

Ketika Anda melihat bagian tanaman yang kering dan mati, lebih baik Anda segera memotongnya ya! Dengan memotong bagian yang kering, penyakit tidak akan menyebar ke bagian tanaman yang masih hidup. Jika dibiarkan begitu saja, penyakit akan menyebar dengan cepat ke seluruh bagian tanaman, tetapi jika segera dipotong tanaman yang tidak terkena penyakit dapat tumbuh dengan subur.

  1. Hindari penggunaan pupuk kimia

Cara selanjutnya agar tanaman Anda tumbuh subur, ialah menggunakan perawatan yang alami. Hindari penggunaan pupuk kimia, ya. Anda bisa menggunakan sisa kotoran hewan, pupuk kompos, campuran nutrisi makro, atau pupuk daur ulang pada tanaman Anda agar tanaman tidak mudah layu.

  1. Beri nutrisi penting untuk tanaman

Ada beberapa nutrisi penting yang sangat vital bagi tumbuhan. Nutrisi tersebut ialah nitrogen, fosfor, potasium, magnesium, sulfur dan kalsium. Pada dasarnya kandungan nutrisi tersebut secara lengkap berada di tanah. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, nutris tersebut akan hilang. Oleh karena itu, Anda bisa memberikan nutrisi tersebut secara terpisah atau dengan langkah praktis, yaitu mengganti tanah.

Lainnya

Sering Pegal Linu? Yuk, Konsumsi 5 Jenih Buah yang Ampuh Sembuhkan Pegal Linu Ini!

BY PUTRI

Sejarah Penetapan Hari Olahraga Nasional yang Diperingati Setiap 9 September

BY PUTRI

Temui Karakter Baru Pemeran Stranger Things Season 4

BY PUTRI