whatsapp

KESEHATAN

8 Manfaat Buah Pisang Bagi Pensiunan

BY PUTRI / 4 Oct 2022

8 Manfaat Buah Pisang Bagi Pensiunan

Buah pisang merupakan salah satu buah yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan para pensiunan. Pisang juga menjadi salah satu buah yang mudah di temukan di Indonesia, seperti di pasar, tukang sayur, hingga supermarket.

Pisang adalah buah yang dikenal luas di Indonesia. Buah pisang dapat dinikmati dengan berbagai cara: dimakan langsung, digoreng, dikukus, atau diolah bersama bahan lain. Pisang tidak hanya enak, namun begitu banyak kebaikan yang terkandung di dalam sebuah pisang. Kandungan nutrisi di dalamnya meliputi karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, kalium, dan magnesium.

Manfaat mengonsumsi pisang

Dengan berbagai kandungan nutrisinya, ada banyak manfaat pisang bagi kesehatan yang sayang untuk Anda lewatkan. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya :

  1. Keseimbangan tekanan darah

Mengutip laman Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan, kalium yang terkandung dalam buah pisang membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah tetap stabil. Serat pisang mengikat lemak, sehingga mencegah pembentukan plak yang menganggu pembuluh darah.

  1. Sumber karbohidrat dan vitamin A

Pisang dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik. Di dalam sebuah pisang terdapat sekitar 27 gram karbohidrat. Di dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang merupakan sumber bahan bakar utama bagi tubuh.

Karbohidrat juga dapat diubah menjadi glikogen, yaitu salah satu bentuk glukosa yang disimpan di otot serta hati dan digunakan sebagai energi selama beraktivitas.

  1. Mengontrol Gula Darah

Pisang kaya akan serat larut dan mengandung pati resisten. Keduanya dapat membantu memoderasi kadar gula darah setelah makan.

Tak hanya itu, keduanya juga membantu mengatur nafsu makan dengan memperlambat pengosongan perut. Artinya, meski kandungan karbohidratnya tinggi, pisang tak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah pada individu yang sehat. Sementara penderita diabetes tetap disarankan untuk mengonsumsi pisang dalam porsi sedikit.

  1. Kekebalan tubuh

Kandungan vitamin A, C, dan B6 dalam buah pisang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh melawan infeksi. Tubuh pun akan terasa segar dan tak cepat lelah.

  1. Melancarkan aliran oksigen ke otak

Pisang mengandung potasium, mineral yang penting untuk menjaga fungsi jantung dan sirkulasi darah dan oksigen ke otak. Ini berguna untuk mengurangi risiko stroke akibat tekanan darah tinggi.

  1. Mengatasi anemia

Pisang mengandung zat besi. Buah ini cocok dikonsumsi orang yang kekurangan sel darah merah. Konsumsi pisang mendukung pembentukan protein sel darah merah yang mengangkut oksigen atau hemoglobin.

  1. Menjaga kesehatan saluran cerna

Pisang merupakan sumber prebiotik, sehingga baik untuk menjaga kesehatan usus dan saluran cerna. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa probiotik dapat mengatasi diare yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit, maupun reaksi tubuh akibat konsumsi antibiotik.

  1. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Kandungan kalium di dalam pisang dapat membantu fungsi pembuluh darah dalam mengangkut oksigen ke otak, menjaga kestabilan detak jantung, dan menurunkan tekanan darah. Pisang juga diketahui dapat mengurangi risiko stroke.

Di samping menyehatkan saluran pencernaan, pisang mengandung serat yang dapat mencegah sembelit dan kanker usus besar. Pisang juga menjadi salah satu pilihan buah yang aman untuk asam lambung karena termasuk rendah asam.

Untuk mendapatkan manfat pisang tersebut, ada baiknya bila Anda juga mengimbangi dengan pola hidup sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi, mencukupi waktu istirahat, dan berolahraga secara rutin. Jika masih memiliki pertanyaan seputar kandungan dan manfaat pisang, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahuinya. Dokter juga dapat menganjurkan jumlah konsumsi buah pisang untuk sehari-hari, sesuai kondisi dan kebutuhan Anda.

Lainnya

Bisa Meningkatkan Mood, Inilah Manfaat Mendengarkan Musik yang Jarang Diketahui

BY PUTRI

Memanfaatkan Pekarangan Rumah Menjadi Lahan Pangan yang Produktif

BY PUTRI

Makna Idul Adha : Mengajarkan Untuk Senantiasa Bersyukur dan Ikhlas

BY PUTRI