whatsapp

WIRAUSAHA

8 Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Lansia

BY PUTRI / 25 Jul 2022

8 Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Lansia

Susu kedelai sering menjadi pilihan alternatif untuk seseorang yang intoleransi laktosa terhadap susu sapi. Orang-orang yang beralih menjadi vegetarian pun memilih susu kedelai sebagai pelengkap nutrisi. Meski berasal dari biji-bijian, kandungan susu kedelai juga tak kalah bagus dari susu sapi, lho!

Seperti namanya, susu kedelai terbuat dari kacang kedelai. Jadi, nutrisi pada susu ini kurang lebih sama dengan kacang kedelai. Tapi, banyak produsen yang menambahkan vitamin serta mineral tambahan, misalnya kalsium dan vitamin D, serta omega 3. Secara alami, susu kedelai mengandung asam lemak dan flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Flavonoid juga memiliki senyawa yang bersifat melindungi jantung (cardioprotective). Bahkan, bagi mereka yang intoleran terhadap laktosa atau memiliki masalah lambung, mengonsumsi susu berbahan dasar tumbuhan seperti susu kedelai sangat dianjurkan. Karena segelas kecil susu kedelai murni, yang belum ditambah pemanis memiliki nutrisi sebesar 80 kalori, dengan 4g lemak, 0,5g lemak jenuh, 3g karbohidrat, 1g gula, dan 7g protein. Dengan kata lain, susu kedelai lebih cocok bagi kita  yang sedang menjaga asupan gula.

Manfaat susu kedelai lainnya tidak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Lalu, apa manfaat susu kedelai bagi kesehatan? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

  1. Menurunkan kolesterol

Kandungan isoflavon dalam susu kedelai mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, terutama kolesterol LDL (jahat). Dalam penelitian yang telah dipublikasikan dalam National Library of Medicine, peneliti menemukan bahwa produk kedelai dapat mengurangi kolesterol LDL (jahat) dan kolesterol total sekaligus meningkatkan kolesterol HDL (baik). Peningkatan ini lebih besar pada orang dengan kadar kolesterol tinggi yang tinggi.

  1. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dalam susu kedelai berpotensi mencegah kanker jenis tertentu. Hasil penelitian ini mematahkan anggapan yang mengatakan kandungan fitoestrogen dalam kedelai justru dapat merangsang munculnya kanker payudara.

Faktanya, antioksidan ini justru terbukti berfungsi untuk menurunkan risiko wanita terkena kanker payudara, terutama pada masa pramenopause maupun menopause. Meski demikian, kedua klaim ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

  1. Memelihara kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis

ndungan kalsium dalam susu sapi sering digadang-gadang ampuh mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Meski berbahan biji-bijian, ternyata susu kedelai juga punya manfaat ini, lho. Susu kedelai dinilai mampu mencegah risiko osteoporosis pada wanita pasca menopause. Seperti diketahui, wanita yang mencapai usia menopause sangat rentan mengalami osteoporosis. Nah, kandungan isoflavon dalam kedelai lah yang berfungsi untuk mencegah kondisi ini.

  1. Baik dikonsumsi oleh penderita diabetes

Manfaat susu kedelai adalah aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dilansir dari situs India Today, beberapa studi meyakini hubungan yang erat antara konsumsi susu sapi berlebihan dengan risiko diabetes. Namun, hubungan seperti itu tidak ditemukan pada susu kedelai. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa susu kedelai cukup aman dikonsumsi penderita diabetes asalkan jumlahnya tetap dibatasi.

  1. Memelihara daya tahan tubuh

Susu kedelai juga mengandung mineral zinc yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Zinc adalah mineral yang penting bagi tubuh karena menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat, membantu menyembuhkan luka, dan mendukung pertumbuhan tubuh.

  1. Mengurangi resiko kanker prostat

Selain mencegah kanker usus, manfaat susu kedelai lainnya adalah mencegah kanker prostat. Hal ini karena kandungan isoflavon pada kedelai yang bertindak sebagai anti karsinogenik atau zat yang berfungsi untuk mencegah kanker. Studi yang dilakukan oleh Sapporo Medical University menunjukkan bahwa mengonsumsi kedelai secara rutin dapat menurunkan risiko kanker prostat pada sejumlah pria di Jepang.

  1. Membantu menjaga kesehatan hati

Susu kedelai mengandung isoflavon yang dapat memberi efek antioksidan pada tubuh. Antioksidan ini berperan untuk membantu menurunkan stres oksidatif dan mencegah kerusakan pada hati.

Isoflavon dapat membantu kinerja hati dalam menawarkan zat-zat beracun yang masuk ke dalam tubuh. Manusia dapat terkena zat beracun yang berasal dari makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya dan polusi.

  1. Berpotensi meningkatkan suasana hati

Khasiat susu kedelai yang jarang diketahui orang ialah meningkatkan suasana hati. Sebab, susu kedelai mengandung vitamin B6 dan vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk suasana hati Anda. Selain itu, susu kedelai juga mengandung magnesium yang dipercaya bisa membantu tubuh melepas hormon serotonin untuk mengatasi depresi pada pikiran.

Lainnya

Digitalisasi Umkm Sebagai Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Perekonomian Pasca Pandemi

BY PUTRI

Jaga Kesehatan dengan Senam Jantung Sehat yang Mudah Dilakukan di Rumah

BY PUTRI

Tips Memulai Bisnis Toko Roti Untuk Pensiunan

BY PUTRI