whatsapp

LIFESTYLE

Air Purifier, Si Penjernih Udara yang Memiliki Segudang Manfaat Bagi Kesehatan

BY PUTRI / 17 Oct 2022

Air Purifier, Si Penjernih Udara yang Memiliki Segudang Manfaat Bagi Kesehatan

Mungkin sebagian besar dari Anda telah pernah mendengar air purifier. Manfaat air purifier memang sangat banyak yang bukan hanya digunakan di rumah saja namun juga gedung perkantoran bahkan di ruangan rumah sakit.

Air purifier sendiri merupakan alat yang berfungsi membersihkan udara yang dihirup. Di mana, alat ini mampu mengeluarkan udara segar dan bersih dari polusi untuk bisa dihirup dengan nyaman. Partikel alergen atau penyebab alergi pada udara dapat dihilangkan melalui proses yang ada di air purifier. Cara kerjanya sendiri dimulai ketika alat ini diaktifkan, lalu udara akan tersedot oleh kipas dan ditangkap oleh filter di dalam bagian air purifier.

Setelah itu, filter bakal menyaring udara untuk kembali disalurkan dengan kualitas udara yang bersih melalui penyalur di bagian depan. Udara yang keluar dari alat ini sudah menjadi segar dan bebas dari polusi seperti debu, bakteri, kuman, hingga partikel di dalam udara yang ada sebelumnya.

Fungsi air purifier

Berikut ini kita akan membahas 5 fungsi yang didapat ketika menggunakan air purifier, yang dilansir dari berbagai sumber.

  1. Membersihkan udara

Seperti namanya, fungsi utama alat ini adalah tentu untuk membersihkan udara di sekitar. Air purifier telah dirancang dengan filter khusus yang dapat menyaring partikel-partikel kecil di udara yang disaringnya sehingga udara yang telah disaring akan lebih bersih dan segar.

  1. Menghilangkan bahan kimia yang berbahaya

Secara umum, orang menggunakan berbagai jenis produk pembersih untuk membersihkan rumah mereka. Banyak pembersih rumah tangga biasanya mengandung bahan kimia beracun seperti klorin, amonia, dan ftalat. Sedikit paparan bahan kimia ini mungkin tidak berbahaya, tetapi paparan yang terlalu sering dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti tumor, kanker, penyakit kardiovaskular, atau neuropati.

Air purifier biasanya mengandung karbon aktif yang dapat menghilangkan kontaminan kimia ini dan mencegah risiko berbagai masalah kesehatan. Karbon aktif ini akan menyaring udara hingga hasil udara menjadi lebih segar ke dalam ruangan. 

  1. Menghilangkan bau

Pembersih udara dengan HEPA dan filter karbon aktif secara efektif dapat menyerap partikel gas dan bau sehingga mengurangi polutan udara di dalam ruangan. Anda tidak perlu khawatir tentang bau asap rokok atau bau memasak makanan, dan bau lainnya yang dapat mengganggu kenyamanan ruangan. Air purifier yang dipasang di dalam ruangan dapat menyerap segala bau dan menjaga kebersihan ruangan.

  1. Menghilangkan radon yang berbahaya

Menghirup gas tertentu yang berbahaya seperti gas radon dapat menjadi penyebab kanker paru-paru. Gas radon dihasilkan melalui campuran alami tanah yang mengandung uranium. Gas dapat masuk ke rumah, kantor, dan sekolah yang masuk melalui retakan di lantai dan dinding, sambungan di gedung, atau melalui bukaan di sekitar saluran listrik, pipa servis, dan saluran air.

Setiap orang memang memiliki risiko terpapar gas radon namun paparan berlebih dapat berakibat fatal karena penyebab kanker paru-paru setiap tahunnya ada sekitar 15.000 hingga 20.000 yang disebabkan oleh radon dan menyebabkan kematian.

  1. Menghilangkan jamur

Fungsi lain yang jarang diketahui dari penggunaan air purifier ini adalah kemampuannya untuk menghilangkan jamur yang dapat menyebabkan berbagai penyakit karena jamur. Selain partikel rumah tangga, alergen dan spora jamur yang beredar di udara menimbulkan ancaman bagi kesehatan tubuh termasuk alergi. Dengan penggunaan air purifier setiap hari dapat membuat udara lebih bersih.

Manfaat air purifier bagi kesehatan

Air purifier disebut-sebut juga ampuh untuk menghilangkan virus, bakteri, dan kuman yang bertebaran di udara. Jadinya, kita pun bisa menghirup udara yang lebih bersih. Selain itu, ada juga beberapa manfaat lainnya dari air purifier untuk sebuah hunain. Apa saja itu?

  1. Meredakan Gejala Asma

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, 1 dari 12 orang menderita asma. Orang yang hidup dengan asma mengalami peradangan pada saluran pernapasan. Polutan seperti bulu hewan peliharaan, serbuk sari, atau tungau debu mengiritasi saluran pernapasan mereka, yang menyebabkan kesulitan bernapas. Sebagian besar air purifier mengandung filter teknologi HEPA, yang dapat menghilangkan 99,7 persen dari airborne particulate matter (PM) yang bersirkulasi di lingkungan rumahmu.

Teknologi HEPA tersebut dirancang untuk menangkap semua polutan yang ada di udara sehingga orang yang memasang air purifier dapat menghirup udara bersih. Penggunaan air purifier yang efisien terus menjaga udara dalam ruanganmu bebas dari polutan, sehingga mengurangi kemungkinan kesulitan bernapas yang disebabkan oleh asma.

  1. Mengurangi risiko terkena penyakit menular dari udara

Penyakit  yang dapat menular melalui udara seperti influenza, ditularkan oleh patogen mikro atau berukuran kecil. Jadi jangan heran jika keluarga Anda terkena flu kemudian menularkannya ke anggota keluarga lain.

Setiap orang di ruang yang sama menghirup udara yang sama seperti seseorang yang terinfeksi bakteri atau virus. Namun air diffuser dengan HEPA Filter dapat menyaring virus dan bakteri ini sehingga dapat mencegah penularan.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Alergen dalam ruangan seperti bakteri, jamur, dan tungau debu dapat memicu alergi hingga gangguan tidur. Udara yang lebih bersih memberi seseorang tidur malam yang lebih nyenyak . Untuk menghindari gangguan tidur, sebaiknya gunakan air purifier karena mampu menyaring sebagian besar alergen dari kamar tidur.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung dan tekanan darah

Penggunaan lain yang tidak terduga dari alat pembersih udara ini adalah untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah yang telah dibuktikan pada studi dari JAMA Internal Medicine. Maka dari itu alat ini juga dapat membantu mencegah risiko penyakit jantung dan menjaga tekanan darah tetap normal.

  1. Dapat meningkatkan harapan hidup

Polusi udara dalam ruangan dapat mempengaruhi sistem kardiovaskular, pernapasan, dan saraf. Bahan kimia dan gas dari barang-barang rumah tangga biasa dapat menumpuk di paru-paru manusia dan pembersih udara yang tepat dapat meningkatkan kualitas udara dengan menjebak partikel yang lebih kecil.

Lainnya

Digitalisasi Umkm Sebagai Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Perekonomian Pasca Pandemi

BY PUTRI

Menyehatkan Jantung Hingga Mencegah Stroke, Inilah Manfaat Jalan Kaki Bagi Pensiunan

BY PUTRI

Gaji Ke-13 untuk PNS dan Pensiunan Siap Dicairkan Bulan Juli Mendatang

BY PUTRI