whatsapp

KESEHATAN

Berapa Jumlah Kalori yang Dibutuhkan Pensiunan?

BY PUTRI / 11 Oct 2022

Berapa Jumlah Kalori yang Dibutuhkan Pensiunan?

Saat memasuki usia lanjut, Anda tidak akan membutuhkan asupan kalori sebanyak mereka yang masih muda. Secara umum, hal ini disebabkan oleh kesibukan para pensiunan yang semakin berkurang seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, wajar saja jika banyak dari kita yang jadi hanya fokus pada kandungan vitamin dan mineral tertentu, misalnya kalsium dan juga vitamin D.

Tapi, tahukah Anda bahwa mengetahui kalori harian serta memastikan kebutuhan kalori terpenuhi merupakan hal yang penting? Bagaimanapun juga, kalori yang kita konsumsi adalah sumber energi kita dan, tanpanya, kita tidak dapat hidup aktif seperti harapan kita.

Kebutuhan kalori yang dibutuhkan pensiunan

Makanan menyediakan energi, protein, vitamin, mineral, serat, dan air yang dibutuhkan oleh tubuh. Jumlah kebutuhan kalori bergantung pada jenis kelamin, berat tubuh, tinggi badan, dan aktivitas yang dilakukan, serta usia. Bagi pensiunan, beberapa kebutuhan nutrisi dari makanan mungkin akan meningkat jumlahnya, tapi kebutuhan kalorinya tidak ikut naik.

Menurut Angka Kecukupan Gizi oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pria usia 30 tahun rata-rata membutuhkan 2.625 kalori yang berubah menjadi 1.525 kalori ketika usia mencapai 80 tahun ke atas. Sementara wanita yang berumur 30 tahun rata-rata membutuhkan 2.150 kalori dan berubah menjadi 1.425 kalori ketika usianya mencapai 80 tahun lebih.

Kebutuhan kalori sesuai usia dan aktivitas

Dilansir dari laman Very Well Fit, National Institute on Aging menawarkan panduan umum kebutuhan kalori bagi pria dan wanita dengan usia di atas 50 tahun sesuai dengan aktivitasnya. Berikut panduannya:

Kebutuhan kalori untuk wanita di atas 50 tahun

  • Tidak aktif secara fisik, membutuhkan 1.600 kalori per hari
  • Sedikit aktif, membutuhkan 1.800 kalori per hari
  • Aktif, membutuhkan 2.000 sampai 2.200 kalori per hari

Kebutuhan kalori untuk pria di atas 50 tahun

  • Tidak aktif secara fisik, membutuhkan 2.000 kalori per hari
  • Sedikit aktif, membutuhkan 2.200 sampai 2.400 kalori per hari
  • Aktif, membutuhkan 2.400 sampai 2.800 kalori per hari

Untuk mendapatkan panduan yang tepat sesuai dengan usia dan kondisi Anda, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau ahli gizi.

Selain kalori, kebutuhan nutrisi lainnya juga harus dijaga. Pola makan dan pilihan makanan yang sehat baik dari kandungannya juga cara pengolahannya juga harus diperhatikan. Apalagi, sebagian besar orang yang bertambah usia menjadi tua kehilangan selera makan atau kehilangan gigi, memilih menu makanan yang sesuai dengan kondisinya dapat membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan.

Lainnya

Panduan Memakai Treadmill Bagi Pensiunan

BY PUTRI

Tips Hidup Sehat Di Masa Pensiun

BY ANDERSON SEBASTIAN

5 Rekomendasi Film yang Mengangkat Kisah Hidup Lansia

BY PUTRI