whatsapp

OLAHRAGA

Berapa Lama Durasi Olahraga yang Ideal Untuk Pensiunan?

BY PUTRI / 15 Sep 2022

Berapa Lama Durasi Olahraga yang Ideal Untuk Pensiunan?

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang harus pensiunan penuhi untuk mendapatkan kesehatan yang optimal. Berolahraga setiap hari dapat membuat tubuh  menjadi lebih bugar dan dapat mencegah para pensiunan dari serangan berbagai penyakit. Namun, sayangnya masih banyak para pensiunan yang malas untuk melakukannya. Padahal, olahraga dapat dilakukan di mana saja setiap hari dan hanya membutuhkan waktu sebentar saja.

Sebetulnya, berolahraga tidak harus pergi ke pusat kebugaran. Untuk itu, setiap orang disarankan untuk melakukan olahraga setiap hari. Tidak perlu yang susah, olahraga yang bisa para pensiunan lakukan adalah dengan berjalan, senam, jogging, bersepeda, dan lainnya. Di Indonesia sendiri, Anda direkomendasikan untuk melakukan olahraga selama 150 menit dalam seminggu atau 30 menit setiap hari atau minimal 3-5 hari dalam seminggu.

Atur Durasi Olahraga Bagi Para Pensiunan

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan waktu olahraga untuk para pensiunan sebagai berikut, olahraga intensitas sedang sekitar 150-300 menit dalam seminggu, atau 75-150 menit untuk intensitas berat. Olahraga keseimbangan minimal 3 kali dalam seminggu, untuk membantu mengurangi kendala koordinasi tubuh. Olahraga latihan otot minimal 2 kali dalam seminggu, sebagai tambahan manfaat kesehatan. Sebagai catatan, olahraga intensitas sedang ditandai dengan jantung yang berdebar lebih kencang dan berkeringat. Sementara olahraga intensitas berat, ditandai dengan napas yang tersengal atau ngos-ngosan.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, olahraga rutin di masa pensiun penting untuk dilakukan. Pasalnya, memberikan sejumlah manfaat, seperti keseimbangan tubuh yang lebih stabil, mencegah penyakit, hingga menjaga ketajaman mental lansia. Durasi olahraga lansia selama seminggu tidak harus dilakukan dalam satu hari yang sama. Lansia juga tidak perlu untuk rutin berolahraga setiap hari. Cukup dengan membagi durasi 150-300 menit atau 75-150 menit menjadi beberapa hari, misalnya lima hari dalam seminggu. Selanjutnya, pastikan bahwa durasi olahraga dalam satu hari tidak kurang dari 10 menit dan tidak lebih dari 30 menit.

Apa yang terjadi jika terlalu lama melakukan olahraga?

Melakukan olahraga setiap hari dapat membuat tubuh bugar dan juga dapat mengurangi risiko Anda terkena penyakit yang serius. Olahraga setiap hari berguna untuk menyeimbangkan elevis yang masuk dan keluar dari tubuh Anda, sehingga olahraga juga berguna untuk menjaga berat badan Anda.

Namun, olahraga yang dilakukan terlalu lama justru dapat memberikan Anda dampak negatif. Olahraga yang dilakukan terlalu lama dapat memberi stres pada tubuh Anda dan bahkan dapat menyebabkan overtraining. Overtraining dapat menyebabkan Anda mengalami kelelahan yang berkepanjangan, cedera otot dan sendi, kehilangan motivasi, mudah marah, membuat kualitas tidur menjadi buruk. Selain itu juga berkurangnya nafsu makan, mengubah fungsi kekebalan tubuh dan elevis, serta dapat menurunkan kepadatan tulang. Untuk mencegah risiko overtraining, sebaiknya Anda tambahkan sesi olahraga kardio daripada olahraga untuk memperkuat bagian otot tertentu guna mencapai durasi olahraga 60-90 menit.

Lainnya

Minggu Ini Vaksin Covid-19 bagi Lansia Siap Dilakukan, Apa Saja Hal yang Perlu Diperhatikan?

BY MATHIAS

Begini Sejarah PWRI, Organisasi Kemasyarakatan Pensiunan Sipil

BY PUTRI

Rekomendasi Bubur Instan untuk Cukupi Gizi Pensiunan

BY PUTRI