whatsapp

HIBURAN

Bisa Meningkatkan Fungsi Kognitif, Inilah Rekomendasi Games yang Cocok Dimainkan Lansia

BY PUTRI / 28 Jun 2022

Bisa Meningkatkan Fungsi Kognitif, Inilah Rekomendasi Games yang Cocok Dimainkan Lansia

Sebuah permainan atau game tidak hanya menyenangkan, tapi juga dapat membuat pikiran menjadi gesit dan tajam. Setidaknya ini menjadi perhatian utama dari sejumlah penelitian terbaru yang menunjukkan manfaat kognitif dari permainan.

Sebagai contoh, beberapa peneliti menyarankan bahwa hanya 1 jam bermain game dapat meningkatkan perhatian. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa game dapat meningkatkan kognisi. Penelitian baru meneliti dampak permainan non-digital, seperti permainan catur dan kartu, pada kemampuan kognitif  lansia (lanjut usia).

Dalam hal orang lansia, seperti dikutip dari medicalnewstoday, manfaat permainan melalui komputer tampaknya lebih besar. Dari aplikasi pelatihan otak yang dapat mencegah gangguan kognitif ringan hingga video game 3D yang dapat membalikkan penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia, bermain game di komputer tampaknya menawarkan banyak manfaat.

Selain fungsi kognitif, menjaga kesehatan mental sama pentingnya bagi para lansia. Meski sebagian besar lansia memiliki kondisi kesehatan mental yang cukup baik, tidak sedikit pula yang memiliki risiko mengalami masalah kesehatan otak dan mental, khususnya demensia, atau penyakit pikun, dan depresi.

Ada banyak cara yang bisa lansia tempuh untuk menjaga kesehatan otak dan mentalnya, seperti berikut:

  • Mempelajari hal baru
  • Menjalin interaksi sosial dengan banyak orang
  • Mengelola stres dengan baik
  • Menjalani pola hidup sehat untuk lansia, seperti rutin berolahraga dan menerapkan panduan makan sehat untul lansia

Namun, ternyata masih ada satu cara lain yang juga bisa lansia coba untuk mencegah berbagai masalah kesehatan mental pada usia senja, yaitu bermain games untuk lansia. Melakukan berbagai permainan menarik yang membantu lansia mengasah otak akan menjadi aktivitas menyenangkan sekaligus bermanfaat.

Kegiatan yang baik untuk kesehatan otak dan mental ini akan semakin mudah dilakukan oleh lansia pada lingkungan yang mendukung. Apalagi, jika membutuhkan lebih dari satu orang untuk melakukan permainan tersebut.

Pilihan games menarik untuk lansia

Berikut ini adalah beberapa jenis games yang bisa menjadi pilihan untuk lansia demi melatih kesehatan otak dan mental:

  1. Chess

Game ini merupakan salah satu yang dikenal sebagai game strategi yang bekerja untuk meningkatkan kreativitas dan stimulasi otak. Selain versi papan, seseorang dapat bermain dalam permainan catur online. Game ini dapat diunduh ke perangkat Anda atau dimainkan online di mana seseorang dapat memilih lawan dari seluruh dunia atau bermain melawan komputer.

  1. Candy Crush

Permainan ini merupakan teka-teki improvisasi. Di sinilah Anda menggabungkan permen menjadi tiga atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu. Tantangan yang ada didalam game ini adalah Anda memiliki waktu dan gerakan yang terbatas, untuk menyelesaikan level demi level. Hal ini memungkinkan otak Anda untuk memperhatikan pola dan membangun pola tersebut.

  1. Wordscapes

Teka-teki kata lain yang dimainkan di gadget android dan iOS. Game ini cukup sederhana saat Anda menggesek huruf untuk dapat membentuk kata. Huruf-huruf yang diberikan seharusnya menghasilkan kata-kata yang cukup untuk mengisi seluruh teka-teki, setelah itu Anda pindah ke level berikutnya.

  1. Word search

Wordsearch merupakan permainan mencari kata-kata tertentu yang ada di dalam kotak. Kata-kata ini akan tertulis mendatar, menurun, atau diagonal sesuai dengan pengaturan pemiliknya. Karena kata-kata tersebut akan teracak dengan kata-kata yang lain, kejelian dan ketelitian serta fokus sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan permainan ini.

  1. Minecraft

Game online ini memberi Anda keleluasaan untuk menciptakan dunia virtual buatan Anda sendiri menggunakan balok. Game ini menawarkan kesempatan belajar dan meningkatkan kreativitas saat Anda melakukan petualangan dan merancang berbagai cara untuk mengatasi rintangan. Minecraft adalah game online yang dapat meningkatkan keterampilan kognitif dalam prosesnya.

  1. Jigsaw Puzzle Online

Jigsaw puzzle adalah permainan yang bisa dimainkan semua umur. Mulai dari anak-anak prasekolah, remaja, orang dewasa, hingga mereka yang sudah lanjut usia tidak ada yang menolak jika diajak bermain.

Permainan ini sangatlah menantang. Sebenarnya, tugas pemainnya sederhana: menyusun kepingan-kepingan kecil gambar menjadi sebuah gambar besar yang utuh. Namun, tantangan para pemain tidaklah mudah. mereka harus menyusun ratusan atau

  1. Civilization

Didalam game ini Anda diizinkan untuk merancang  peradaban dunia secara virtual, menerapkan berbagai strategi untuk tumbuh dan memenangkan perang. Bahkan yang menarik Anda akan mempertahankan peradaban Anda dari pemain lain dari seluruh dunia. Ini memungkinkan otak Anda untuk belajar dan mencari cara untuk menang, membuatnya terlibat secara aktif.

  1. Puyo Tetris

Tetris, game ini tidak pernah ketinggalan zaman. Puyo Puyo Tetris merupakan seri permainan video berbasis puzzle game yang dikembangkan oleh Sonic Team dan diterbitkan oleh Sega. Game ini merupakan persilangan antara game Puyo Puyo dan Tetris. Game ini pertama kali dirilis di Jepang pada tahun 2014.

  1. Marble Legend

Marble Legend merupakan game terbaik untuk lansia yang pertama. Game ini sangat cocok untuk dimainkan lansia karena gameplay yang sederhana dengan tingkatan level yang menantang. Para pemain Marble Legend akan menembakkan bola-bola yang harus disesuaikan dengan warna target yang dituju.

Game Marble Legend juga menuntut kecepatan dan ketepatan. Pemain tidak boleh membiarkan bola-bola target masuk ke dalam lubang yang ada di ujung jika tidak ingin kalah. Grafis warna-warni yang simple dalam game Marble Legend membuat game yang satu ini semakin menarik untuk dimainkan.

  1. Teka – Teki Silang

Teka-Teka Silang atau TTS adalah game time killer terbaik. Kalau biasanya dulu kita bermain TTS di majalah atau koran, kini TTS sudah bisa dimainkan di smartphone. Cara bermainnya pun sama persis seperti game TTS pada umumnya. Anda hanya perlu mengisi kotak-kotak kosong sesuai dengan petunjuk untuk menyempurnakan kata yang rumpang. Game Teka-Teki Silang ini termasuk game santai namun tetap menantang.

Lainnya

Makna Idul Adha : Mengajarkan Untuk Senantiasa Bersyukur dan Ikhlas

BY PUTRI

DIJULUKI WANITA TERKAYA VERSI FORBES, INILAH 5 SUMBER KEKAYAAN KIM KARDASHIAN

BY PUTRI

Persyaratan Pengajuan Hak Program Pensiun

BY PUTRI