whatsapp

HIBURAN

Bisa Meningkatkan Mood, Inilah Manfaat Mendengarkan Musik yang Jarang Diketahui

BY PUTRI / 22 Jun 2022

Bisa Meningkatkan Mood, Inilah Manfaat Mendengarkan Musik yang Jarang Diketahui

Pada tahun 2009, para arkeolog yang menggali sebuah gua di Jerman selatan menemukan seruling yang diukir dari tulang sayap burung nasar. Artefak halus adalah alat musik tertua yang diketahui di bumi menunjukkan bahwa orang telah memainkan dan mendengarkan musik selama lebih dari 40.000 tahun. Meskipun kita tidak dapat memastikan secara pasti kapan manusia mulai mendengarkan musik, para ilmuwan mengetahui sesuatu tentang mengapa kita melakukannya. Mendengarkan musik bermanfaat bagi kita secara individu dan kolektif. Inilah yang dikatakan penelitian tentang kekuatan musik untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan emosional kita.

Peneliti menganggap salah satu fungsi musik yang paling penting adalah menciptakan perasaan kohesi atau keterhubungan sosial. Ilmuwan evolusi mengatakan manusia mungkin telah mengembangkan ketergantungan pada musik sebagai alat komunikasi. Musik tetap menjadi cara yang ampuh untuk menyatukan orang seperti halnya lagu kebangsaan yang bisa menghubungkan banyak orang. Lagu cinta membantu ikatan calon pasangan selama pacaran. Lagu pengantar tidur memungkinkan orang tua dan anak untuk mengembangkan keterikatan yang aman.

Lalu, bagaimana musik bermanfaat bagi kita sebagai individu?

Musik Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Musik memiliki efek positif pada kemampuan Anda untuk menghafal. Dalam satu studi, peneliti memberi orang tugas yang mengharuskan mereka membaca dan kemudian mengingat daftar kata-kata pendek. Mereka yang mendengarkan musik klasik mengungguli mereka yang bekerja dalam diam atau dengan white noise.

Studi yang sama melacak seberapa cepat orang dapat melakukan tugas pemrosesan sederhana mencocokkan angka dengan bentuk geometris dan manfaat serupa muncul. Musik karya Mozart membantu orang menyelesaikan tugas lebih cepat dan lebih akurat.

Mayo Clinic menunjukkan bahwa sementara musik tidak membalikkan kehilangan memori yang dialami oleh orang-orang dengan penyakit Alzheimer dan bentuk lain dari demensia, musik dipercaya bisa memperlambat penurunan kognitif, membantu orang-orang dengan demensia ringan atau sedang mengingat beberapa kejadian dalam hidup mereka.

Memori musik adalah salah satu fungsi otak yang paling tahan terhadap demensia. Itulah mengapa beberapa dokter berhasil menggunakan musik untuk menenangkan pasien demensia dan membangun hubungan saling percaya dengan mereka.

Musik Dapat Meningkatkan Mood

Salah satu manfaat utama mendengarkan musik adalah dapat meningkatkan mood Anda. Hal ini disebabkan karena adanya pelepasan dopamin, atau zat kimia saraf yang dapat menimbulkan perasaan senang. Saat Anda mendengarkan, sistem striatal yang mencakup nukleus kaudatus, putamen, hipokampus, dan otak kecil menyala. Ini adalah kesenangan yang sama yang terjadi ketika Anda makan makanan enak atau berhubungan seks.

Musik Dapat Memperkuat Fungsi Kognitif

Musik sangat penting bagi perkembangan kognitif manusia. Pengaruhnya dapat dimulai bahkan selama kehamilan. Secara khusus, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa musik berkontribusi untuk meningkatkan kinerja akademik siswa di panggung sekolah.

Di sisi lain, musik juga telah terbukti mempengaruhi proses kreatif. Sebuah penelitian mengidentifikasi bahwa musik yang menyenangkan merangsang pemikiran divergen, yaitu yang mendorong kita untuk menghasilkan ide-ide baru.

Musik Dapat Membantu Anda untuk Mempelajari Bahasa Baru

Satu studi menemukan bahwa lebih mudah untuk mempelajari bahasa baru sambil bernyanyi daripada ketika mencoba menghafal frasa tanpa melodi saat melakukan tes dalam bahasa Hongaria. Kemampuan ini berkaitan dengan rangsangan dan aktivasi otak yang terjadi. Bermain alat musik juga merangsang otak untuk menghasilkan berbagai bentuk komunikasi untuk pemahaman bahasa asing yang lebih baik.

Musik Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, musik merangsang sekresi hormon tertentu yang membuat kita merasa bahagia dan membantu merilekskan tubuh dan menstabilkan detak jantung. Kualitas-kualitas ini tidak diragukan lagi membuatnya lebih mudah untuk tidur.

Penelitian telah mengidentifikasi dampak musik dalam mengobati gangguan tidur yang berhubungan dengan pasien dengan penyakit mental. Ditemukan bahwa musik adalah terapi yang baik, karena dapat membuat pasien rileks.

Tentu saja, jika tujuannya adalah untuk tertidur, yang terbaik adalah menghindari musik keras atau ceria yang merangsang kita untuk tetap terjaga. Meskipun beberapa perawatan termasuk keheningan pada migrain, mendengarkan musik yang menenangkan akan bermanfaat.

Musik Dapat Merangsang Kinerja Fisik

Musik dipercaya dapat merangsang kinerja fisik, ini terjadi karena impuls musik meminimalkan rasa lelah dan meningkatkan konsentrasi pada gerakan yang dilakukan. Beberapa penelitian telah berusaha untuk menentukan jenis musik yang memiliki efek paling signifikan pada kinerja fisik, menemukan bahwa musik cepat merangsang kekuatan yang lebih besar dalam beberapa latihan, seperti mengayuh.

Musik Dapat Mengontrol Rasa Sakit

Terapi musik dikenal untuk mengobati nyeri akut dan kronis. Impuls musik merangsang otak untuk melepaskan hormon yang menghasilkan rasa sejahtera untuk meminimalkan tingkat stres dan kecemasan pada pasien.

Telah ditetapkan bahwa terapi musik adalah alternatif berbiaya rendah yang dapat meningkatkan kualitas hidup orang yang mengalami nyeri akibat penyakit seperti kanker dan epilepsi.

Kemungkinan Anda sudah tahu tentang beberapa manfaat mendengarkan musik untuk otak Anda, yang berdampak pada pikiran dan tubuh Anda. Tapi memang, dengan artikel ini, Anda belajar dari mana asalnya dan mengapa rangsangan ini terjadi.

Lainnya

Begini Cara Klaim Dana Jaminan Hari Tua

BY PUTRI

5 Rekomendasi Film yang Mengangkat Kisah Hidup Lansia

BY PUTRI

Luar Biasa ! Inilah Manfaat Buah Apel untuk Pensiunan

BY PUTRI