whatsapp

KESEHATAN

Bisa Menjaga Kesehatan Tulang, Inilah Beberapa Manfaat Bayam Bagi Lansia

BY PUTRI / 12 Jul 2022

Bisa Menjaga Kesehatan Tulang, Inilah Beberapa Manfaat Bayam Bagi Lansia

Apakah Anda masih ingat dengan kartun Popeye yang gemar memakan bayam dan membuatnya menjadi lebih kuat? Ya, mengonsumsi bayam bisa meningkatkan energi karena mengandung banyak gizi. Manfaat bayam untuk kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Sayuran satu ini juga mudah didapatkan dan tidak asing di telinga banyak orang.

Bayam adalah salah satu sayuran yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain murah, bayam juga sangat mudah ditemui di pasaran. Jenis sayuran yang kaya gizi ini dapat diolah menjadi masakan-masakan yang lezat. Mulai dari sup, tumis bayam, campuran omelet, hingga smoothies dan jus.

Menyantap bayam secara teratur dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari meningkatkan kesehatan mata, mengurangi stres, mencegah kanker, hingga menurunkan tekanan darah.

Nutrisi yang terkandung dalam bayam ialah kalori, air, protein, karbohidrat, gula, serat, lemak, vitamin A, vitamin C, vitamin K1, asam folat, zat besi, dan kalsium. Warna hijau pada daun bayam menunjukkan bahwa sayuran tersebut mengandung banyak klorofil dan karotenoid yang ampuh untuk melawan berbagai penyakit dan menjaga daya tahan tubuh. Dengan berbagai kandungan gizinya, sudah tentu banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi bayam.

Apa saja manfaat bayam untuk kesehatan tubuh? Berikut ulasannya.

  1. Mencegah kanker

Sayuran bayam dipercaya kaya kandungan antosianin yang bermanfaat sebagai antioksidan pencegah kanker. Nutrisi ini dapat membantu memerangi radikal bebas dalam tubuh. Hal ini yang membuat makan bayam secara teratur dapat membantu mencegah kanker.

Dilansir dari laman Poltekkes Surabaya, kadar Antosianin pada bayam merah yang masih segar adalah 122,458 mg/L; pada bayam yang telah direbus adalah 61,409 mg/L; dan pada bayam yang telah ditumis adalah 73,044 mg/L.a

Teratur bukan berarti berlebihan, atur porsinya sedemikian rupa. Tujuannya agar manfaat makan bayam bagi tubuh seperti pencegah kanker bisa didapat dengan baik dan maksimal.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan

Ternyata, bayam adalah penguat sistem kekebalan yang tinggi. Tidak hanya karena dikemas dengan vitamin C, tapi sayuran itu juga merupakan sumber antioksidan dan beta karoten yang sangat baik.

Zat itu dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan. Vitamin dan mineral dalam bayam, seperti vitamin E dan magnesium berfungsi mendukung kekebalan serta membantu tetap aman dari virus dan bakteri.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat bayam berikutnya adalah membantu menstabilkan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung. Khasiat ini didapatkan karena bayam mengandung nitrat dalam jumlah tinggi.

Manfaat bayam juga mampu meningkatkan kesehatan jantung. Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Sifat antioksidannya membantu mencegah kolesterol naik dan menurunkan tekanan darah.

Studi yang dilakukan oleh Clinical Nutrition Research terhadap 27 orang menemukan bahwa makan bayam mampu menurunkan tekanan darah secara efektif. Nah, penelitian lainnya juga menemukan bahwa makan bayam mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Masih berhubungan dengan menjaga kesehatan jantung, manfaat bayam juga mampu menjaga kesehatan pembuluh darah. Dikutip dari Free Radical Biology and Medicine, dilakukan pengujian terhadap ekstrak bayam yang mengandung nitrat oksida.

Dari hasil pengujian tersebut, manfaat bayam bekerja secara efektif pada kinerja tubuh setelah olahraga, kesehatan pembuluh darah, dan kelancaran aliran darah. Efek ini terlihat dapat memperbaiki kelenturan darah, membantu memperlancar aliran darah, menjaga kesehatan jantung, dan membantu menurunkan tekanan darah meski dalam jumlah sedikit.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin K membuat manfaat bayam sangat terasa pada kesehatan tulang. Sebab, vitamin K berfungsi untuk mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan menekan jumlah kalsium yang terbuang dari tubuh.

Hal tersebut menjadikan vitamin K ampuh untuk mengurangi risiko patah tulang. Mengenai manfaat bayam untuk kesehatan tulang, sayuran ini juga mampu mencegah terjadinya osteoporosis, lho! Dikutip dari National Osteoporosis Foundation, mengonsumsi bayam direkomendasikan. Selain mengandung vitamin K, bayam juga kaya magnesium yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin K harian sekaligus untuk pembentukan dan menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat.

  1. Membuat Tubuh Lebih Berenergi

Bayam mencukupi kebutuhan magnesium yang bertugas menghasilkan energi setiap hari. Bayam juga sumber folat yang baik dan membuat tubuh ternutrisi sekaligus mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh saat beraktivitas. Selain itu, sifat basa pada bayam juga akan mempertahankan energi dalam tubuh sehingga Anda tidak akan cepat lelah dan lemas.

Inilah 5 manfaat bayam bagi kesehatan. Meskipun bayam memiliki banyak manfaat, namun pastikan tetap mengonsumsi bayam dalam jumlah dan takaran yang pas. Terlalu berlebihan mengonsumi bayam bisa menimbulkan efek samping, seperti batu ginjal akibat penumpukan asam dan garam mineral, karena kandungan kalsium yang tinggi pada bayam, serta pembekuan darah karena terlalu banyak mengonsumsi vitamin K1.

Lainnya

Begini Cara Klaim Dana Jaminan Hari Tua

BY PUTRI

Berapa Lama Durasi Olahraga yang Ideal Untuk Pensiunan?

BY PUTRI

Ingin Buka Usaha Rental Mobil? Ini 5 Tips Memulai Usaha Rental Mobil Untuk Pemula

BY PUTRI