whatsapp

KESEHATAN

Bukan Hanya Wortel, Ini 8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

BY PUTRI / 5 Aug 2022

Bukan Hanya Wortel, Ini 8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata sangatlah penting, mengingat indra penglihatan sangat berperan dan berguna dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Mata merupakan organ kompleks yang membutuhkan beragam asupan vitamin dan nutrisi agar dapat berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.

Ada banyak cara untuk melindungi mata, terutama mengistirahatkannya dari berbagai kegiatan yang melibatkan alat elektronik. Langkah lain adalah memilih buah dan sayuran yang dapat melindungi mata termasuk dari penyakit seperti katarak dan rabun. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat melindungi kesehatan mata.

  1. Sayuran Hijau

Terdengar tidak menarik, tetapi faktanya sayuran hijau memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin cukup tinggi yang baik untuk kesehatan mata. Antioksidan didalamnya membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari, asap rokok, dan polusi udara.  Konsumsi sayuran hijau seperti kale, bayam, dan sayuran collard. Lutein juga bisa ditemukan di kacang polong dan alpukat. Bentuk dasar vitamin A ini menurunkan risiko penyakit mata jangka panjang, termasuk Age Macular Degeneration (AMD) dan katarak. Sayuran ini juga mengandung antioksidan yang melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya. Jadi, pastikan untuk memasukkan sayuran hijau dalam menu harian Anda. Jika tidak terlalu menyukai sayuran hijau, cobalah mengonsumsinya dengan buah kesukaan. Campurkan sayuran hijau dalam salad yang menyegarkan dengan saus favorit yang mengenyangkan dan menjaga kesehatan mata.

  1. Tomat

Kandungan Tomat sangat baik untuk kesehatan kulit, juga kesehatan mata. Tomat kaya akan vitamin A, vitamin C dan lycopene, tiga nutrisi yang sangat penting untuk mata. Tomat juga mengandung likopen yaitu senyawa yang melindungi mata dari radikal bebas yang berbahaya. Selain itu vitamin E dalam tomat juga mencegah kerusakan retina dan membantu mempertahankan pengelihatan selalu dalam keadaan baik hingga usia lanjut. Mengonsumsi satu saja tomat dalam satu hari dapat membantu menghilangkan masalah pengelihatan Anda.

  1. Wortel

Rasanya tidak afdol jika membahas makanan sehat untuk mata tanpa menyebutkan wortel. Ya, sejak dulu wortel sudah terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan mata.

Memangnya, apa saja nutrisi yang terdapat di dalam wortel?

Wortel mengandung beta karoten, yaitu jenis vitamin A yang membantu memelihara kesehatan retina dan fungsi mata lainnya. Beta karoten pula yang membuat warna sayuran ini menjadi jingga. Karena fungsinya untuk kesehatan mata, wortel adalah makanan penting bagi anak dan orang dewasa.

  1. Almond

Almond, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya, umumnya baik untuk kesehatan mata. Almond mengandung vitamin E. Vitamin ini menjaga molekul tidak stabil yang menargetkan jaringan sehat. Mengkonsumsi vitamin E secara teratur dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia serta katarak.

  1. Susu

Susu dan yogurt baik untuk mata. Makanan ini mengandung vitamin A serta mineral dan seng. Vitamin A melindungi kornea sementara seng membantu membawa vitamin itu ke mata dari hati. Seng ditemukan di seluruh mata, terutama retina dan koroid, yaitu jaringan pembuluh darah yang terletak di bawah retina. Sementara mineral penting untuk membantu penglihatan pada malam hari serta pencegahan katarak.

  1. Telur

Telur adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi untuk kesehatan mata. Kuning telur mengandung vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan zinc, yang semuanya penting untuk kesehatan mata. Vitamin A melindungi kornea. Lutein dan zeaxanthin menurunkan kemungkinan mendapatkan kondisi mata yang serius, seperti degenerasi makula terkait usia dan katarak. Zink berkontribusi pada kesehatan retina. Zinc juga membantu mata melihat di malam hari.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan salah satu sumber pangan yang mengandung vitamin A dan vitamin C yang seringkali diabaikan oleh banyak orang. Padahal untuk mendapatkan ubi jalar sangatlah mudah. Semangkuk ubi jalar sehari, dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata Anda.

  1. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C, yang merupakan kunci kesehatan mata. Vitamin C berkontribusi pada kesehatan pembuluh darah di mata yang dapat memerangi perkembangan katarak. Selain itu, dalam kombinasi dengan vitamin dan nutrisi lain, vitamin ini juga dapat menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia

Nah, itu dia pilihan makanan yang wajib Anda konsumsi untuk memelihara kesehatan mata. Namun, pola makanan yang sehat perlu didukung oleh gaya hidup yang sehat pula.

Selain mengonsumsi deretan makanan di atas, Anda juga perlu melakukan pemeriksaan mata secara berkala, mengurangi waktu di depan layar gadget dan TV, serta banyak menghabiskan waktu di luar ruangan.

Lainnya

5 Manfaat yang Tak Terduga dari Olahraga Bersepeda Bagi Lansia

BY PUTRI

Intip Besaran Uang Pensiun Anggota DPR yang Diterima Seumur Hidup

BY PUTRI

Jangan Lakukan Hal ini Jika ingin Tenang di Masa Pensiun

BY ANDERSON SEBASTIAN