whatsapp

WIRAUSAHA

Catat ! Begini Strategi Memulai Bisnis Kos-Kosan Bagi Pensiunan

BY PUTRI / 10 Jun 2022

Catat ! Begini Strategi Memulai Bisnis Kos-Kosan Bagi Pensiunan

Properti adalah salah satu bentuk investasi yang paling diminati oleh masyarakat di Indonesia. Tidak terbatas pada usia dan gender, properti sudah menjadi impian dan wishlist bagi hampir semua masyarakat di Indonesia tanpa terkecuali. Sangat sering kita dapati bahwa motivasi seseorang bekerja dan melakukan aktivitas bisnis adalah untuk memiliki sebuah properti yang indah dan nyaman untuk ditinggali oleh keluarganya. Banyak juga yang ingin menambah properti untuk dijadikan sebuah bisnis.

Banyak sekali bisnis properti yang potensial di tahun 2022. Salah satunya adalah bisnis kos kosan. Mungkin sebagian dari Anda berpikir bahwa bisnis kos kosan sedang terpuruk saat ini. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Seiring bangkitnya perekonomian nasional, dimana kegiatan bisnis mulai berjalan seperti biasa, maka kegiatan bisnis akan kembali normal. Dengan kreatifitas  anda dapat membangun dan membuat desain kos-kosan yang aesthetic sehingga banyak anak muda yang akan tertarik dan ditambah lagi masyarakat sudah mulai terbiasa dengan pandemi yang terjadi secara global. Hal ini membuat banyak orang mulai kembali bekerja dari kantor dan akan kembali menyewa kos kosan apabila rumahnya terlalu jauh dari kantor.

Mengenal Ragam Kos-kosan

Kos-kosan merupakan hunian yang berbasis sewa dengan ragam harga, tipe, dan bentuk. Meskipun memiliki beragam tipe, tetapi setidaknya tiga tipe kos-kosan berikut patut diketahui bagi Anda yang ingin memiliki bisnis kos-kosan untuk dapat menentukan jenis kos yang cocok untuk Anda jadikan bisnis.

Melansir dari berbagai sumber, setidaknya terdapat tiga tipe kos-kosan apabila dilihat dari tingkat harganya. Ketiga tipe kos tersebut yakni:

  1. Kos Tipe A (Ekonomis)

Source : KostJakarta

Untuk tipe A, fasilitas kamar yang disediakan tergolong sederhana dan mendasar, yaitu lemari dan kasur. Namun, beberapa jenis kos-kosan ini menyewakan furniture tambahan, seperti meja belajar dan kursi. Jangkauan harga yang ditawarkan adalah berkisar Rp 500-Rp 850 ribuan, tergantung masing-masing daerah.

  1. Kos Tipe B (Semi Eksklusif)

Source : Jejak Piknik

Fasilitas untuk kos tipe B tergolong lebih lengkap, apabila dibandingkan dengan kos tipe A. Harga yang ditawarkan pun lebih mahal dari kos tipe A. Tipe kos ini menyediakan tambahan pada fasilitas kamar mandinya, seperti shower dan closet duduk. Setiap kamarnya juga disediakan token listrik pribadi. Beberapa kos-kosan Tipe B menyediakan dapur, ruang tamu, dan tempat parkir yang dapat dipakai seluruh penghuni kos.

  1. Kos Tipe C (Eksklusif)

Source : Okezone

Sementara itu, dapat dikatakan tipe kos C memiliki harga sewa yang lebih mahal dibandingan kos tipe A dan B. Setidaknya, untuk kos tipe C para penghuni kos harus menyiapkan dana berkisar Rp 1,2 juta – Rp 5 juta, tergantung pada lokasinya. Harga yang lebih mahal ini harus sebanding dengan fasilitas yang Anda akan sediakan nanti. Beberapa fasilitas yang ditawarkan, antara lain kamar mandi modern, lemari, meja belajar minimalis, dan AC.

Strategi Memulai Usaha Kos-kosan

Mempercantik Tampilan Fisik

Calon penyewa tentu saja akan melakukan survey ke kos kosan yang ada di sekitar daerah yang diinginkannya. Tentu saja kos kosan yang Anda miliki bukanlah satu-satunya kos kosan yang menjadi target survey calon pembeli. Mereka akan membandingkan kos kosan milik Anda dengan kompetitor. Tampilan fisik merupakan hal utama yang mempengaruhi preferensi seseorang. Tampilan fisik rumah kos kosan yang bagus akan memberikan kesan nyaman dan aman. Berbeda jika kondisi fisik kos kosan sudah kusam dan terkesan usang. Tentu akan memberikan kesan horor dan menyeramkan.

Pilihlah Lokasi yang Strategis

Sama seperti membeli sebuah rumah, lokasi yang strategis akan membuat usaha kos-kosan Anda ramai penyewa dan harga sewa menjadi lebih bersaing. Bagaimanapun, penyewa kos akan memilih lokasi yang dekat dengan transportasi umum, dekat kampus atau kantor serta dekat dengan pusat perbelanjaan. Oleh karena itu, pastikan Anda membeli lahan atau rumah indekos yang lokasinya strategis.

Biaya Sewa Sesuai  Rate

Harga sewa juga mempengaruhi sebuah tingkat occupancy sebuah rumah indekos. Pastikan harga sewa kamar kos yang Anda tawarkan sesuai dengan rate atau pasaran kamar kos pada suatu daerah milik kompetitor Anda. Jangan mematok harga lebih tinggi karena kemungkinan penyewa akan beralih ke rumah kos lain. Akan tetapi, jangan menawarkan dengan harga terlalu murah.

Tidak selamanya harga murah membuat sebuah bisnis indekos menjadi lebih ramai. Ada kalanya harga yang terlalu murah malah membuat calon penyewa kamar kos curiga akan keamanan dan kenyamanan kos kosan tersebut. Untuk itu, penting bagi Anda sebagai pebisnis rumah kos kosan untuk melakukan riset harga pasaran terlebih dahulu.

Pastikan Kos Kosan Anda Aman

Keamanan selama tinggal di kamar kos kosan adalah prioritas utama. Tak jarang, pengelola kos kosan atau pemilik indekos menetapkan peraturan hanya terima kost dengan gender tertentu, seperti kost putri dan kost putra. Terdapat larangan lain seperti batas jam kunjungan teman serta larangan lawan jenis untuk berkunjung. Hal ini merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan keamanan penghuni kos kosan dan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak berhenti sampai disitu. Ada kalanya kos kosan dilengkapi oleh penjaga kos yang berperan layaknya security. Hal ini untuk menjaga kendaraan milik penghuni kos serta menghindari resiko pencuri yang menyamar sebagai pengunjung. Keamanan adalah kunci sebuah kos kosan ramai. Seseorang akan enggan untuk tinggal di kos kosan yang terkenal sering mengalami pencurian atau perampokan.

Apabila Anda membuka kos kosan khusus untuk putri, maka Anda sebagai pemilik dan pengelola harus lebih waspada agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan yang kerap terjadi terhadap wanita. Pastikan Anda memiliki orang kepercayaan yang setiap hari standby dan berperan sebagai petugas keamanan di kos kosan Anda. Dengan demikian, kos kosan Anda akan lebih aman dan memiliki citra yang baik oleh masyarakat atau warga sekitar.

Rutin Memperhatikan Kebersihan

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Mungkin hal tersebut sering kita dengar. Menjaga kebersihan bukan saja sebagai bagian dari iman tetapi juga untuk menjaga kesehatan dan nilai estetika. Rumah yang bersih akan membuat seseorang menjadi nyaman untuk berada di dalam rumah dalam jangka waktu yang lama. Terlebih lagi jika diharuskan work from home (WFH).

Kebersihan merupakan kunci agar usaha kos kosan Anda ramai dan laku tersewa. Para penyewa tentu saja menginginkan kenyamanan selama tinggal di kos kosan dan tentunya ingin agar lingkungan kos juga bersih dan asri. Untuk itu, pastikan Anda sebagai pemilik kos untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan kos dan serta memberikan kesadaran kepada penyewa agar tetap menjaga kebersihan kamar kos.

Lainnya

Inilah Alasan Mengapa Franchise Dinilai Cocok Untuk Bisnis Para Pensiunan

BY PUTRI

5 Rekomendasi Film yang Mengangkat Kisah Hidup Lansia

BY PUTRI

7 Fakta Menarik Sungai Aare, Tempat Hilangnya Putra Ridwan Kamil di Swiss

BY PUTRI