whatsapp

OLAHRAGA

Cobalah 5 Gerakan Ini untuk Atasi Sakit Pinggang yang Tak Kunjung Pulih

BY PUTRI / 20 Oct 2022

Cobalah 5 Gerakan Ini untuk Atasi Sakit Pinggang yang Tak Kunjung Pulih

Sakit pinggang yang muncul kerap menyebabkan rasa tidak nyaman pada pengidapnya. Sakit pinggang tentunya mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa sakit yang dirasakan dapat hilang timbul atau terasa cukup panjang pada salah satu sisi bagian pinggang atau keduanya.

Umumnya, sakit pinggang yang ringan bisa sembuh dengan sendirinya selama beberapa hari dengan perawatan sederhana di rumah. Tetap beraktivitas juga menjadi cara untuk mengatasi sakit pinggang di rumah. Jadi, jangan ragu untuk melakukan olahraga dan beberapa gerakan untuk meredakan sakit pinggang.

Seseorang yang memiliki usia di atas 30 tahun, pensiunan dan kelebihan berat badan berisiko mengalami sakit pinggang. Tidak hanya itu, seseorang yang kurang rajin berolahraga juga berisiko tinggi mengalami sakit pinggang. Namun, jangan khawatir, kondisi ini dapat diredakan dengan beberapa gerakan yang dilakukan dengan mudah, seperti:

Partial Crunch

Gerakan yang pertama untuk mengatasi sakit pinggang adalah dengan gerakan partial crunch yang mampu memperkuat dan mengencangkan otot di sepanjang lingkar pinggang. Anda dapat melakukannya dengan berbaring dengan kedua lutut menekuk, lalu silangkan kedua tangan pada dada atau di belakang kepala. Tahan gerakan, kemudian ulangi gerakan beberapa kali.

Knee Rolls

Mengatasi sakit pinggang selanjutnya dapat dilakukan dengan gerakan knee rolls. Lakukan gerakan dengan posisi tubuh berbaring dengan bantalan di kepala, lalu tekuk kedua lutut dan rapatkan. Miringkan lutut ke satu sisi dengan posisi bahu pada lantai, tahan selama 5-10 detik. Lakukan pada sisi sebelahnya. Ulangi gerakan beberapa kali.

Hamstring Stretch

Gerakan hamstring stretch bukan hanya mengatasi sakit pinggang saja, tapi juga memperkuat otot punggung, tangan, betis, dan paha. Caranya dengan menyiapkan handuk, kemudian berbaring terlentang dengan menekuk satu lutut. Lingkarkan handuk pada telapak kaki, pegang kedua ujung handuk dengan kedua tangan. Angkat dan luruskan kaki yang dilingkari handuk secara perlahan. Tahan posisi selama 5-10 detik. Lakukan hal yang sama pada sisi sebelah kaki, dan ulangi beberapa kali.

Pelvic Tilts

Gerakan selanjutnya dapat dimulai dengan posisi berbaring menggunakan bantalan di bawah kepala. Kemudian tekuk kedua lutut dengan kaki menapak pada lantai. Berikan jarak pada kedua kaki dan posisikan kedua lengan di sisi tubuh. Biarkan tubuh bagian atas dalam posisi rileks, kemudian angkat pinggang hingga membentuk lengkungan. Tahan selama 5 detik, kemudian lepaskan. Ulangilah gerakan ini sebanyak beberapa kali.

Superman

Gerakan selanjutnya dapat dilakukan dengan posisi tengkurap dan meluruskan kedua tangan ke depan. Angkat kedua tangan dan kaki ke atas, kira-kira sejauh 15 sentimeter dari lantai. Jaga posisi kepala agar tetap lurus dan arahkan pandangan ke lantai untuk mencegah cedera pada leher. Tahan posisi selama 2 detik, lalu kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sebanyak beberapa kali.

Lainnya

4 Hal Yang Perlu Di Siapkan Ketika Masa Pensiun!

BY ANDERSON SEBASTIAN

Gaji Ke-13 untuk PNS dan Pensiunan Siap Dicairkan Bulan Juli Mendatang

BY PUTRI

Panduan Memakai Treadmill Bagi Pensiunan

BY PUTRI