whatsapp

HIBURAN

DIJULUKI WANITA TERKAYA VERSI FORBES, INILAH 5 SUMBER KEKAYAAN KIM KARDASHIAN

BY PUTRI / 09 May 2022

DIJULUKI WANITA TERKAYA VERSI FORBES, INILAH 5 SUMBER KEKAYAAN KIM KARDASHIAN

Siapa yang tak kenal dengan Kim Kardashian? Anak dari pasangan pengacara serta pebisnis Robert Kardashian dan penulis sekaligus bintang TV Kris Jenner ini lahir di Los Angeles, California, 21 Oktober 1980. Kim adalah anak kedua dari 4 bersaudara. Ia memiliki seorang kakak, Rob Kardashian, dan dua adik perempuan, Kourtney Kardashian dan Khloe Kardashian.

Kim mengawali karirnya di dunia entertainment pada tahun 2007. "Keeping Up with the Kardashians" merupakan acara televisi yang melambungkan namanya sebagai seorang aktris. Dari acara yang dibintangi oleh seluruh anggota keluarga Kardashian itu, ia dan adiknya Kourtney didapuk membawakan acara lain yaitu "Kourtney and Kim Take New York" serta "Kourtney and Kim Take Miami". Selain itu, ia juga telah menjadi salah satu wanita bisnis yang paling menonjol. Kim adalah contoh dari kesuksesan yang didorong oleh kepercayaan diri. Ia terkenal, unik, dan sukses, tetapi kesuksesan awalnya tidak akan berlanjut apabila dia tidak melakukan semuanya dengan cara yang sistematis dan terstruktur.

Kekayaan Kim Kardashian melonjak dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Melansir perhitungan dari Forbes, Kim saat ini memiliki kekayaan hingga USD1,8 Miliar atau setara dengan Rp25,8 Triliun. Angka ini naik dari tahun sebelumnya yang ada di angka USD1 Miliar atau Rp14,3 Triliun. Jumlah ini membuat Kim masuk dalam daftar Miliarder Dunia 2021 versi Forbes untuk pertama kalinya dan resmi menyandang gelar miliarder. Lantas, berasal dari mana sajakah kekayaan Kim Kardashian tersebut hingga ia dapat masuk dalam daftar Miliarder Dunia 2021 versi Forbes? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

  1. Kosmetik

Sebagian besar kekayaan Kim Kardashian berasal dari bisnis kosmetiknya, yakni KKW Beauty. Kim mendirikan KKW Beauty pada 2017, mengikuti kesuksesan Kylie Cosmetics, saudara tirinya, Kylie Jenner. Dia meniru Kylie, menggunakan model langsung ke konsumen serupa yang sangat bergantung pada pemasaran media sosial. Peluncuran pertamanya, 300.000 kit kontur, terjual habis dalam 2 jam. Pada 2018, bisnis ini telah berkembang menjadi eyeshadows, concealer, lipstik, hingga parfum, dan menghasilkan pendapatan sekitar US$ 100 juta.

Kim menguangkan kepemilikan itu tahun lalu ketika dia menjual 20% dari KKW Beauty kepada konglomerat kosmetik Coty seharga US$ 200 juta, sebuah kesepakatan yang menilai perusahaan itu sebesar US$ 1 miliar. Sementara Forbes memperkirakan angka itu sedikit naik karena 72% sahamnya yang tersisa masih bernilai sekitar US$ 500 juta.

KKW Beauty dinyatakan berhenti beroperasi pada Agustus 2021 lalu. Namun, Kim telah mempersiapkan produk yang lebih inovatif dan tentunya bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

       2. Brand Fashion

Selain memiliki bisnis di bidang kosmetik, Kim Kardashian juga turut melebarkan sayap bisnisnya ke bidang pakaian. Usaha ini pula yang membuat pundi-pundi uangnya bertambah banyak.

Skims merupakan brand fashion milik Kim Kardashian yang diluncurkan pada tahun 2019. Kim mengumpulkan uang dari orang yang berpengalaman dalam dunia mode seperti Natalie Massane dari Net-a-Porter dan Andrew Rosen dari Theory. Ia juga memanfaatkan pengikut media sosialnya yang besar untuk memperkuat merek tersebut. Saat ini, Kim memiliki 78,9 juta pengikut Twitter dan 4 juta pengikut di Instagram. Skims telah berkembang pesat dan semakin dikenal oleh masyarakat.

Menurut Forbes, Skims telah memiliki laba hingga US$ 240 juta dalam putaran pembiayaan yang dipimpin oleh hedge fun Lone Pine Capital, dengan partisipasi dari D1 Capital Partners serta investor sebelumnya, yaitu Imaginary Ventures, Alliance Consumer Growth dan Thrive Capital.

Suntikan modal, yang pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg pada hari Kamis waktu setempat, meningkatkan nilai perusahaan berusia tiga tahun yang dikenal dengan produk bodysuits, bra, loungewear, dan lainnya menjadi US$ 3,2 miliar atau setara Rp46 triliun, naik dari USD1,6 miliar pada April 2021. Ini juga menjadi dorongan besar bagi Kardashian, 41 tahun, yang terus memegang mayoritas perusahaan, bersama dengan salah satu pendiri dan CEO Skims Jens Grede.

Brand fashion yang mengenalkan desain minimalis khas Kim Kardashian ini rupanya menguntungkan selama pandemi ketika orang banyak bekerja dari rumah. Label Skims ini juga telah mendapatkan penghargaan sebagai Brand Innovator di tahun 2021 dari majalah Wall Street Journal (WSJ).

        3.  Acara Televisi

Salah satu pundi-pundi kekayaan Kim Kardashian juga berasal dari reality show populer sejak tahun 2007, yakni Keeping Up with the Kardashian. Kim Kardashian sukses mengangkat nama keluarganya lewat Keeping Up With The Kardashians (KUWTK). Reality show tersebut kini menjadi tayangan televisi dengan pendapatan tertinggi sepanjang sejarah pertelevisian Hollywood.

Melansir dari Stylecaster, Kim adalah produser eksekutif dari acara televisi tersebut. Maka, bayaran yang ia terima jauh lebih banyak dibanding cast yang juga keluarganya sendiri, seperti Kendall dan Kylie. Diperkirakan, Kim menerima lebih dari 4,5 juta USD atau setara dengan Rp6,9 miliar melalui program acara ini.

          4. Aplikasi Game

Game "Kim Kardashian: Hollywood" dibuat oleh Glu Mobile. Dengan game ini anda bisa menciptakan avatar yang akan bekerja sendiri untuk mencapai status A-list. Misinya adalah: bergaul dengan selebritis (hob-nobbing), berfoto dan mengenakan baju-baju mahal.

Sejak dirilis pada tahun 2014, dalam kurun waktu sekitar dua tahun, game yang dikembangkan Glu Mobile tersebut sudah diunduh lebih dari 45 juta kali. Jika dirincikan, ada satu pengunduh baru tiap rata-rata enam jam sekali.

Menurut The New York Times, Kim berhasil meraup keuntungan hingga USD1,6 Juta di lima hari pertama setelah perilisan game tersebut.

          5. Endorsement

Bukanlah rahasia umum lagi jika Kim Kardashian menjadi salah satu artis dengan followers Instagram terbanyak di dunia. Hingga saat ini, laman Instagram mantan istri Kanye West itu sudah diikuti oleh lebih dari 304 juta user. Semua itu berkat popularitas yang dimilikinya di dunia hiburan. Nama Kim Kardashian bahkan berulang kali disebut sebagai artis yang masuk dalam daftar deretan publik figur yang paling berpengaruh di dunia. Tak heran jika pada akhirnya ia punya keunggulan jika dibandingkan selebriti lainnya.

Seperti yang dilaporkan oleh STAT News, sosialita kondang berusia 41 tahun itu pernah mendapatkan bayaran sebesar US$ 500 ribu atau setara dengan Rp 7,2 miliar untuk satu postingan foto di Instagram. Yang lebih mengejutkan lagi, harga itu adalah tarif yang ditetapkan Kim pada tahun 2015 silam. Bayaran itu Kim terima dari sebuah brand obat-obatan bernama Disclegis. Fantastis ya, ternyata bayaran endorsement seorang Kim Kardashian mencapai angka US$ 500 ribu sejak 7 tahun yang lalu. Jadi tidak heran kalau ia masuk dalam daftar orang terkaya versi Forbes.

Lainnya

Inilah Manfaat Bunga Lavender, Bisa Redakan Rasa Cemas Hingga Melawan Insomnia

BY PUTRI

Manfaat Olahraga Naik Turun Tangga, Efektif Membakar Banyak Kalori

BY PUTRI

Apa Itu Osteoporosis? Yuk Pelajari Penyebab dan Pencegahannya !

BY PUTRI