whatsapp

WIRAUSAHA

Ingin Buka Usaha Rental Mobil? Ini 5 Tips Memulai Usaha Rental Mobil Untuk Pemula

BY PUTRI / 19 Aug 2022

Ingin Buka Usaha Rental Mobil? Ini 5 Tips Memulai Usaha Rental Mobil Untuk Pemula

Kebutuhan transportasi terlebih di Indonesia menjadi hal pokok bagi orang-orang Indonesia. Hal tersebut menjadikan bisnis atau usaha yang berkaitan dengan sewa/rental mobil atau jasa mobil travel menjadi salah satu peluang bisnis yang tidak akan pernah mati di Indonesia.

Bisnis sewa mobil atau rental mobil merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan, terlebih lagi apabila Anda berada di lokasi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu, bisnis sewa mobil juga mempunyai beberapa periode keemasan yaitu seperti saat liburan sekolah, ramadhan ataupun periode libur tahun baru. Lalu dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju menghasilkan lapangan kerja baru yaitu sebagai sopir atau driver taksi online.

Hal inilah yang menjadi peluang baru bagi pengusaha rental mobil. Buat Anda yang baru ingin terjun ke bisnis, rental mobil nampaknya bisa jadi pilihan untuk memulai bisnis.

Lalu, bagaimana cara memulainya? Berikut ini merupakan tips bagi Anda yang ingin memulai bisnis rental mobil dengan modal usaha kecil.

Tips Memulai Usaha Rental Mobil untuk Pemula

Supaya tidak salah dalam melangkah, ikuti cara memulai bisnis rental mobil untuk pemula seperti di bawah ini.

  1.  Memilih mobil yang sedang diminati pasar

Memulai bisnis atau usaha rental mobil berarti Anda harus memiliki mobil yang akan Anda sewa. Sebelum membeli mobil, cobalah pilih jenis mobil yang banyak diminati pelanggan di daerah Anda.

Biasanya pelanggan rental mobil lebih menyukai mobil jenis MPV/minibus yang bisa membawa banyak orang dan juga memiliki bahan bakar yang irit. Mobil yang paling banyak diminati biasanya seperti Avanza, Xenia, Innova, Gran Max, dan lain sebagainya. Jenis mobil ini juga sangat cocok bagi Anda yang ingin membuka usaha atau bisnis mobil travel.  Setelah memilih mobil yang ingin Anda beli, tentukan harga sewa mobil berdasarkan tipe mobil dan juga kebutuhan.

Hindari membeli mobil bekas untuk memulai usaha rental mobil atau bisnis mobil travel, meski pun harganya jauh lebih murah. Dengan memilih mobil baru, bisnis Anda akan menjadi nilai lebih bagi pelanggan dan membuat pelanggan lebih aman dan nyaman.

Bukan hanya itu, memilih mobil baru juga mengurangi biaya perawatan. Bisa dibayangkan, berapa uang yang harus Anda keluarkan untuk merawat mesin mobil bekas? Pasti lebih mahal dibanding Anda membeli mobil baru.

  1. Beli mobil secara kredit

Jika membeli mobil baru dianggap mahal dan Anda tidak memiliki modal yang cukup besar, Anda dapat membeli mobil secara kredit.

Untuk biaya cicilannya, Anda bisa mengambil sebagian dari pendapatan sewa mobil. Dengan begitu, Anda tidak akan terbebankan dengan cicilan perbulannya.

Namun, jika modal yang Anda miliki cukup untuk membeli mobil baru, tidak ada salahnya juga membeli mobil secara tunai.

  1. Regulasi rental mobil

Bisnis sewa mobil memang mudah dikelola tapi risikonya juga cukup tinggi. Tak jarang terjadi kasus penggelapan mobil sewaan. Untuk mencegah hal tersebut, Anda sebaiknya menerapkan beberapa peraturan.

  • Membuat surat kesepakatan antara pemilik rental mobil dengan konsumen.

Surat ini harus dibubuhi dengan materai agar memiliki kekuatan hukum.

  • Meminta jaminan berupa KTP kepada penyewa.
  • Meminta penyewa untuk mengisi formulir yang berisi data diri serta kontak yang dapat dihubungi.
  • Memasang serangkaian alat pendeteksi lokasi atau GPS pada mobil agar dapat dipantau dari jarak jauh.

 

  1. Daftarkan mobil ke perusahaan asuransi

Menjalankan bisnis apapun termasuk usaha rental atau sewa mobil pasti memiliki risiko bisnis, salah satunya adalah risiko aset. Aset dalam bisnis rental mobil adalah mobil Anda dan juga tenaga pengemudi.

Asuransikan aset bisnis Anda apabila suatu saat terjadi kecelakaan lalu lintas, kerusakan, kehilangan dan juga risiko yang dapat mengganggu kelancaran bisnis rental Anda.

Jika Anda memiliki modal kecil, saat ini beberapa Asuransi memberlakukan premi kecil atau sistem kerjasama dengan badan usaha. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan premi besar untuk mendaftarkan asuransi pada aset bisnis rental mobil Anda

  1. Atur strategi marketing untuk mengembangkan bisnis rental mobil

Ketika semua sumber daya telah siap, kini saatnya Anda menyiapkan strategi pemasaran. Dalam menyusun strategi, Anda perlu mengetahui target pasar, di mana tempat Anda mendirikan usaha, harga sewa dan denda, serta cara promosi yang tepat.

Promosi menjadi salah satu kekuatan yang paling berpengaruh dalam pemasaran. Tujuan sebuah perusahaan melakukan promosi yaitu mengenalkan bisnis kepada masyarakat luas.

Gunakanlah metode promosi melalui media sosial, website, dan mendaftarkan bisnis di Google. Buatlah promosi yang menarik untuk memikat calon pelanggan baru.

Sebagai langkah awal agar masyarakat mengenal bisnis Anda, terapkan sistem diskon dan pemberian bonus atau hadiah kepada beberapa penyewa pertama.

Keuntungan Membuka Usaha Rental Mobil

Sekarang masyarakat banyak sekali yang memiliki bisnis rental mobil, masyarakat sampai tertarik dengan bisnis ini dikarenakan bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar dan minim kerugian. Keuntungan yang biasanya akan diperoleh pelaku bisnis rental mobil cukup banyak dan berikut adalah penjelasan lengkap mengenai keuntungan tersebut.

Jangkauan pasar luas

Banyak pelaku bisnis yang gulung tikar dikarenakan tidak mendapatkan konsumen tetapi kalau untuk pemilik rental mobil tidak seperti itu sebab target pasar bisnis ini sangatlah luas. Konsumen bisnis ini bukan hanya dari satu kalangan saja tetapi dari berbagai kalangan seperti masyarakat umum, para pekerja kantoran dan juga wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Mudah untuk dikelola

Untuk menjalankan bisnis memang agak sulit karena banyak hal yang harus di lakukan agar bisnis tersebut menjadi besar. Kalau bisnisnya itu usaha rental mobil tidak akan sesulit Itu sebab bisnis ini sangat mudah untuk dikelola. Asalkan pelaku bisnis sudah punya izin usaha dan juga memiliki mobil yang akan disewakan maka bisnis ini bisa berjalan dengan sendirinya.

Itulah sejumlah tips dalam memulai usaha rental mobil. Semoga informasi ini dapat membantu Anda membangun usaha.

Lainnya

Persiapkan Tabungan Anda ! Ini Batas Usia Pensiun PNS, TNI dan Polri

BY PUTRI

Persyaratan Pengurusan Hak Program Tabungan Hari Tua (THT)

BY PUTRI

Gaji Ke-13 untuk PNS dan Pensiunan Siap Dicairkan Bulan Juli Mendatang

BY PUTRI