whatsapp

KESEHATAN

Ingin Miliki Kulit Awet Muda ? Konsumsi 8 Makanan ini!

BY PUTRI / 23 Aug 2022

Ingin Miliki Kulit Awet Muda ? Konsumsi 8 Makanan ini!

Memiliki kulit yang indah dan bercahaya memang dimulai dari cara kita makan, tetapi makanan anti penuaan juga bisa membantu lebih dari itu. Ketika kita mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, air, nutrisi dan lemak yang sehat, kulit pun akan menjadi lebih sehat dan awet muda.

Para peneliti bahkan menyimpulkan bahwa makan buah dan sayuran adalah cara paling aman dan sehat untuk memerangi kulit kusam dan garis halus, yang merupakan tanda-tanda penuaan.

Nah, agar awet muda dan mempunyai kulit yang selalu sehat, Anda bisa mengandalkan 8 jenis makanan berikut ini.

  1.  Sayur Bayam

Source : CNN Indonesia

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Journal of Agricultural Food Chemistry, sayur bayam mengandung beta karoten dan lutein, dua nutrisi penting yang terbukti dapat meningkatkan elastisitas kulit. Ketika kulit semakin elastis, ini artinya kulit menjadi lebih kencang dan tak mudah timbul garis-garis halus yang memicu keriput.

Selain itu, sayuran hijau yang satu ini juga mengandung fitonutrien atau senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Maka itu, konsumsi 700 gram bayam setiap minggunya untuk membuat kulit tetap sehat dan awet muda.

  1. Selada Air

Source : Kontan

Daun hijau yang dapat menghidrasi padat nutrisi ini adalah sumber yang bagus untuk kalsium, kalium, mangan, fosfor, vitamin A, C, K, B1, dan B2.

Sayuran hijau ini bertindak sebagai antiseptik internal kulit dan meningkatkan sirkulasi dan pengiriman mineral ke semua sel tubuh hingga menghasilkan peningkatan oksigenasi pada kulit. Kandungan vitamin A dan C, dan antioksidan di dalamnya dapat menetralkan radikal bebas yang berbahaya, dan membantu menjauhkan garis-garis halus serta kerutan.

  1. Kembang Kol

Source : Kompas.com

Kembang kol mengandung vitamin C yang bisa merangsang produksi kolagen dalam tubuh. Kalau kolagen dalam tubuh sudah terpenuhi, maka bisa menghambat tanda – tanda penuaan, seperti timbulnya garis halus, flek, noda hitam, dan juga kulit menjadi kusam.

Selain mengandung vitamin C, kembang kol juga mengandung vitamin E yang akan membuat kulit Anda senantiasa sehat dan awet muda.

  1. Paprika Merah

Source : Indozone

Mengutip Healthline, paprika merah memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yang baik untuk produksi kolagen. Selain itu, paprika merah mengandung antioksidan tinggi yang disebut karotenoid. Karotenoid adalah pigmen tanaman yang bertanggung jawab atas warna merah, kuning, dan jingga terang yang kita lihat di banyak buah dan sayuran. Karotenoid memiliki berbagai sifat yang memberikan manfaat untuk awet muda, yaitu sebagai anti-inflamasi dan juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dan racun lingkungan.

  1. Kacang

Source : Kompas.com

Banyak kacang-kacangan (terutama almond) merupakan sumber vitamin E yang bagus, yang dapat membantu memperbaiki jaringan kulit, mempertahankan kelembapan kulit, dan melindungi kulit dari kerusakan sinar UV. Kacang kenari bahkan mengandung asam lemak omega-3 anti inflamasi yang dipercaya dapat membantu memperkuat membran sel kulit, melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari dan juga dapat memberikan kilau yang indah pada kulit dengan mempertahankan penghalang minyak alami.

  1. Blueberry

Source : Halodoc

Walau bentuknya kecil, siapa sangka kalau blueberry menawarkan manfaat menakjubkan untuk kulit sehat Anda. Manfaat blueberry telah terbukti dapat memperlambat efek penuaan, bahkan bisa membuat Anda panjang umur, lho!

Blueberry mengandung antosianin tinggi, suatu senyawa yang dapat menurunkan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan rutin mengonsumsi sekitar 350 gram blueberry setiap hari, Anda akan terhindar dari garis-garis halus dan keriput di kulit. Alhasil, Anda terlihat lebih segar dan awet muda sepanjang hari.

  1. Tomat

Source : Healthline

Cara lain agar awet muda adalah dengan mencoba menambahkan banyak tomat pada menu makanan Anda. Ini karena tomat mengandung likopen, sejenis karotenoid yang dapat melawan efek sinar UV pada kulit.

Ya, sinar UV dapat merusak kulit, membuat cepat tua, bahkan menimbulkan kanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan yang mengandung likopen dan antioksidan selama 15 minggu mengalami penurunan jumlah kerutan pada kulit secara signifikan.

Untuk mewujudkan kulit sehat dan awet muda, masak tomat dengan minyak zaitun yang juga mengandung lemak sehat. Dua kombinasi ini secara signifikan dapat meningkatkan penyerapan likopen ke dalam tubuh. Dengan demikian, kesehatan kulit tetap terjaga dan awet muda meski usia terus bertambah.

  1. Alpukat

Source : Unsplash

Selain memiliki rasa yang lezat, alpukat adalah salah satu buah super dengan segudang manfaatnya untuk kesehatan. Nutrisi yang khas pada alpukat adalah kandungan lemak sehatnya yang aman dan tidak membuat tubuh gemuk.

Alpukat mengandung senyawa unik yang disebut dengan alkohol polihidroksi lemak yang membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan memperbaiki DNA yang rusak.

Tak hanya itu, alpukat juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua jenis antioksidan yang memberikan perlindungan ganda pada kulit. Alhasil, kulit tetap kencang dan tak mudah keriput karena efek penuaan.

Selain mengonsumsi sayuran, Anda juga disarankan untuk berolahraga, ya. Buat keduanya seimbang supaya tanda-tanda penuaan tidak datang lebih cepat.

Lainnya

5 Usaha yang Menjanjikan untuk Segmen Market Lansia

BY ANDERSON SEBASTIAN

Fakta Menarik Dibalik Foto Pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

BY PUTRI

Inilah Gerakan mudah yang dapat memperkuat Tulang untuk Mencegah Osteoporosis

BY ANDERSON SEBASTIAN