whatsapp

KESEHATAN

Ini 5 Cara Mudah Untuk Mencegah Stroke

BY PUTRI / 09 Aug 2022

Ini 5 Cara Mudah Untuk Mencegah Stroke

Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak mengalami gangguan atau berkurang akibat penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Tanpa pasokan darah, otak tidak akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi, sehingga sel-sel pada sebagian area otak akan mati. Kondisi ini menyebabkan bagian tubuh yang dikendalikan oleh area otak yang rusak tidak dapat berfungsi dengan baik.

Menurut sebuah studi baru Kanada, risiko seseorang terkena stroke kedua atau ministroke cukup besar selama setidaknya 5 tahun setelah serangan yang pertama. Edwards, seorang rekan postdoctoral di Sunnybrook Health Sciences Center di Toronto, mengungkapkan bahwa pengidap stroke tujuh kali berisiko lebih tinggi mengalami stroke kedua satu tahun kemudian, dan risiko tersebut tetap tinggi hingga lima tahun ke depan.

Penyebab Penyakit Stroke

Berdasarkan penyebabnya, stroke terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

Stroke Iskemik

Terjadi ketika pembuluh darah arteri yang membawa darah dan oksigen ke otak mengalami penyempitan, sehingga menyebabkan aliran darah ke otak sangat berkurang. Kondisi ini disebut juga dengan iskemia. Stroke iskemik dapat dibagi lagi ke dalam 2 jenis, stroke trombotik dan stroke embolik.

Stroke Hemoragik

Terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah sehingga menyebabkan perdarahan. Pendarahan di otak dapat dipicu oleh beberapa kondisi yang memengaruhi pembuluh darah. Misalnya hipertensi yang tidak terkendali, dinding pembuluh darah yang lemah, dan sedang menjalani pengobatan dengan pengencer darah. Stroke hemoragik terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu perdarahan intraserebral dan subarachnoid.

Stroke bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Selain itu, kenali dan hindari faktor risiko yang ada, serta lakukan pemeriksaan rutin sesuai riwayat penyakit yang diderita untuk menghindari terjadinya kondisi ini. Yuk, simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui lebih lanjut upaya mencegah penyakit stroke!

  1. Rutin konsumsi buah dan sayuran

Mengonsumsi buah dan sayuran memang penting, namun terdapat beberapa buah yang wajib Anda konsumsi jika ingin tidak terserang stroke.

Buah-buahan itu adalah apel yang mengandung zat quercetin yang dapat menangani pengerasan pembuluh darah, pisang yang tinggi kalium, alpukat yang kaya dengan lemak tak jenuh dan tentunya sayuran hijau.

  1. Kontrol Gula Darah

Anda harus tahu, jika kadar gula darah berlebih dan terlalu lama di dalam tubuh dapat mengakibatkan penyumbatan pada dinding pembuluh darah dan akhirnya menyumbat jalannya darah ke otak.

Dengan gaya hidup sehat seperti yang sudah dijabarkan pada nomor-nomor sebelumnya, Anda sudah dapat menjaga gula darah tetap normal.

  1. Beristirahat dan tidur yang cukup

Tidur malam minimal 7–8 jam dan istirahat di siang hari dapat membantu organ tubuh bekerja dengan normal dan menjaga kesehatan jantung. Jika jantung sehat, risiko terkena penyakit, seperti serangan jantung dan stroke, juga akan menurun.

  1. Olah Batin

Selain menjaga kesehatan fisik, cara mencegah stroke juga bisa dilakukan dengan olah batin. Untuk olah batin, ada beragam cara yang bisa dilakukan, misalnya mendengarkan musik dan membangun hobi baru guna mengalihkan diri dari pikiran negatif.

  1. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur dapat membuat jantung dan sistem peredaran darah bekerja lebih baik. Olahraga juga dapat menjaga kadar kolesterol, berat badan, dan tekanan darah pada tingkat yang normal. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk rutin berolahraga minimal 30 menit per hari.

Lainnya

Ingin Buka Usaha Rental Mobil? Ini 5 Tips Memulai Usaha Rental Mobil Untuk Pemula

BY PUTRI

5 Kebiasaan Stoic Untuk Menghilangkan Prokrastinasi Dari Hidup Anda

BY PUTRI

Pentingnya Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

BY ANDERSON SEBASTIAN