whatsapp

WIRAUSAHA

Ini 5 Tips Sukses Membuka Usaha Toko Buku dan Alat Tulis Untuk Pensiunan

BY PUTRI / 15 Jul 2022

Ini 5 Tips Sukses Membuka Usaha Toko Buku dan Alat Tulis Untuk Pensiunan

Setiap orang tentunya ingin hidup di usia pensiun dengan keadaan sudah mapan. Artinya, saat usia pensiun itu tiba, maka Anda sudah memiliki segalanya dan tinggal menikmati indahnya hidup bersama keluarga, anak dan cucu.

Namun, bukan berarti usia pensiun itu berhenti total dari aktifitas produktif. Ada yang menggunakan pinjaman pribadi sebagai langkah untuk mencoba membuka usaha di usia pensiun. Ada juga yang menggunakan dana atau tunjangan pensiunnya untuk memulai bisnis. Pertanyannya adalah, jenis bisnis apa yang cocok di usia pensiun?

Usaha toko buku dan alat tulis bisa dikatakan sebagai salah satu potensi usaha yang sangat berpeluang besar menghasilkan untung besar dan balik modal cepat. Asalkan Anda tahu bagaimana cara tepat dalam mengelola usaha toko buku dan alat tulis.

Meski dari sisi potensi usaha ini sangat menjanjikan, tetapi kesalahan dalam strategi bisa menyebabkan usaha ini tak bisa sukses menjual sesuai target yang Anda tentukan. Lalu bagaimana bisa sukses dengan usaha toko buku dan alat tulis? Berikut ini adalah beberapa tips sukses yang bisa Anda terapkan pada usaha Anda.

  1. Tentukan Target Pembeli dan Barang yang Harus Disediakan

Dengan mengetahui target pembeli, list barang atau jasa yang perlu disiapkan juga lebih jelas. Berikut ini list target pembeli dan jenis barang apa saja yang harus Anda sediakan :

Pelajar

Kelompok pertama yang berpotensi tinggi menjadi target pemasaran bisnis toko alat tulis sekolah adalah pelajar. Idealnya, Anda perlu memilih lokasi toko yang berdekatan dengan bangunan sekolah. Kalau perlu, gunakan sewa tempat yang ada di dalam kompleks sekolah. Biaya sewanya memang lebih mahal, tetapi menjanjikan peluang penghasilan yang sepadan. Selain lokasi, Anda juga perlu cermat dalam memilih produk yang dijual seperti buku tulis (buku tulis, buku tulis kotak, buku tulis halus, buku tulis not balok, buku agenda, buku gambar), alat tulis umum (bolpen, pensil, jangka, penghapus, tip ex, penggaris, stabilo), pensil warna, crayon, kotak pensil dll.

Mahasiswa

Target pemasaran yang selanjutnya adalah mahasiswa. Anda bisa menjalankan bisnis toko alat tulis kantor dengan menempatkannya di area sekitar kampus ataupun di dalam kampus. Dengan begitu, para mahasiswa dan para pegawai di lingkup perguruan tinggi dapat menjangkau bisnis Anda dengan mudah.

Dibandingkan dengan toko alat tulis Semarang untuk segmen anak sekolah, kebutuhan para mahasiswa jauh lebih beragam. Anda tak hanya perlu menyiapkan barang dagangan berupa buku tulis tetapi juga  binder, loose leaf, kertas mili, folio bergaris, kertas hvs), alat tulis umum (seperti kebutuhan pelajar), alat kebutuhan sesuai jurusan (contoh, DKV: butuh watercolour, colour wheel, tabung gambar. Teknik & Akuntansi: kalkulator), Flash disk, CD/DVD kosong, kotak CD/DVD, dll

Rumah tangga

Masyarakat awam juga memerlukan keberadaan toko alat tulis untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya ketika Anda memilih untuk membangun toko ATK di area sekitar perumahan. Sebagai gantinya, Anda perlu menyesuaikan barang dagangan dengan kebutuhan warga setempat.

Tingkat kebutuhan ATK masyarakat awam relatif lebih sedikit dibandingkan mahasiswa atau pelajar. Oleh karena itu, Anda hanya perlu menyediakan barang jualan berupa buku catatan serta alat tulis. Sebagai tambahan , Anda punya pilihan untuk menawarkan produk lain seperti notes, alat tulis (bolpoin, pensil, penggaris, spidol, penghapus, tip ex), lakban, selotip, tempat selotip, gunting, cutter, isi cutter

Perkantoran dan Industri

Ada pula pertimbangan untuk memilih segmen konsumen perkantoran. Tingkat kebutuhan terhadap berbagai ATK para pegawai perkantoran tidak kalah tinggi dibanding pelajar dan mahasiswa. Anda punya pertimbangan untuk memilih lokasi toko yang dekat dengan pusat perkantoran di kota masing-masing.

Jenis barang kebutuhan pegawai kantoran beda dengan segmen konsumen lain. Beberapa produk yang perlu Anda persiapkan di dalam toko di antaranya ialah buku tulis, alat tulis, kertas ncr, buku khusus (buku folio panjang, buku surat jalan, kwitansi), stempel, organizer, alat arsip (klip kertas, map berbagai ukuran, akko/paper fastener, lemari arsip), tinta printer, kertas hvs, kertas cetak foto, kertas sticker/label, stabilo, flash disk, hard disk, CD/DVD kosong + kotaknya, spidol, pemotong kertas

Industri kreatif

Selanjutnya adalah pertimbangan untuk secara khusus menyasar para pelaku industri kreatif. Toko alat tulis kantor seperti ini sangat sesuai untuk kota-kota yang terkenal dengan industri kreatifnya seperti Bandung atau Yogyakarta. Selanjutnya, Anda dapat melakukan riset lokasi yang menjadi pusat industri kreatif. Barang ATK yang menjadi kebutuhan para pelaku industri kreatif sangat banyak. Anda dapat menyediakan produk berupa buku tulis & gambar, alat tulis, cat, kuas, spidol, brush pen, penggaris khusus, dll

  1. Pilih lokasi strategis

Ini adalah kunci utama dari usaha toko buku dan alat tulis, karena usaha semacam ini sebisa mungkin harus cukup dekat dan terjangkau dengan pasar potensialnya. Misalkan dekat dengan sekolah, kawasan kompleks perkampusan atau malah dekat dengan kawasan perkantoran. Hindari pilihan lokasi yang sekiranya sudah terlalu pada persaingan karena usaha seperti ini rentan dengan persaingan, semakin ketat persaingan maka pemain lama biasanya yang mudah bertahan.

  1. Jalin kerjasama

Tak ada salahnya menjalin kerjasama dengan sekolah, institusi, atau perkantoran. Hal ini agar bisnis toko buku dan alat tulis Anda bisa menjadi supplier bagi beberapa lini usaha tersebut.

Selain itu, kerjasama ini juga akan membantu penjualan menjadi lancar, walau sistem pembayarannya diberlakukan secara termin atau pembayaran dilakukan dengan syarat yang sudah ditetapkan saat terjadi penjualan secara kredit.

Dengan cara tersebut, seluruh kebutuhan akan alat tulis dan buku akan pergi ke toko ini, tentu saja dengan harga yang khusus dan imbalan usaha akan masuk dalam daftar sponsor. Dengan demikian pasti akan meningkatkan penjualan.

  1. Membuat promosi

Kini, promosi dapat dilakukan dengan mudah dengan bantuan media sosial. Anda bisa memperkenalkan layanan dan jasa yang Anda miliki dalam bisnis ini. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengambil kesempatan pada periode tertentu untuk melakukan promosi, seperti pada tahun ajaran baru anak sekolah.

Anda dapat menambahkan stok barang dan membuka promosi khusus dengan harga yang terjangkau. Setelah itu, buatlah pengumuman promosi secara besar-besaran dengan poster atau spanduk di jalanan yang ramai dilalui oleh orang-orang. Dengan demikian, toko Anda akan ramai pengunjung. Cara ini memang akan mengambil modal yang besar, tetapi keuntungannya akan berlipat ganda dari biasanya.

  1. Berikan pelayanan yang ramah dan cekatan

Bisnis apapun yang melakukan pelayanan kepada pelanggan harus didasari dengan perlakuan yang baik, ramah dan cekatan. Pelayanan seperti ini dapat memberikan nilai tambah dalam usaha toko buku dan alat tulis tersebut.  Tentunya, para pembeli akan merasa sangat nyaman berbelanja di toko ini karena adanya pelayanan tersebut.

Lainnya

Makna Idul Adha : Mengajarkan Untuk Senantiasa Bersyukur dan Ikhlas

BY PUTRI

Resmi Nyatakan Pensiun, Inilah Perjalanan Karir Greysia Polii di Dunia Bulutangkis

BY PUTRI

Manfaat Olahraga Jogging Bagi Pensiunan

BY PUTRI