whatsapp

HIBURAN

Ini Tips Aman Agar Traveling Tetap Asyik Bersama Lansia

BY PUTRI / 27 Jul 2022

Ini Tips Aman Agar Traveling Tetap Asyik Bersama Lansia

Pensiun bukan berarti tidak melakukan apa pun. Bahkan orang yang melakukan rutinitas terus-menerus butuh pelepasan dari aktivitas rutinnya. Lansia butuh hiburan, jika saat muda mereka belum kemana-mana, saatnya Anda mewujudkan mimpi mereka mengunjungi tempat menarik yang belum sempat didatangi. Mengajak traveling adalah salah satu bentuk wujud rasa sayang pada orang tua. Traveling bersama lansia adalah salah satu bentuk rasa sayang nyata bukan hanya kata-kata.

Traveling merupakan suatu perjalanan dari suatu tempat ke tempat lainnya, yang sering kali dikaitkan dengan pergi berlibur atau meninggalkan sejenak rutinitas untuk bersantai menikmati alam. Sejak dahulu, kegiatan traveling bukan hanya kegemaran anak muda saja, para lansia juga suka jalan-jalan untuk merelaksasi tubuh dan pikiran mereka. Apalagi jika dasarnya sejak muda memang senang jalan-jalan, dan menikmati kuliner yang  beragam dari setiap daerah, bahkan negara lain.

Traveling bersama lansia mungkin akan terasa berbeda rasanya. Dengan kondisi tubuh yang tidak seperti anak muda, lansia kadang juga takut untuk ikut traveling bersama keluarga. Bahkan dalam kasus tertentu saat traveling, lansia perlu dibantu alat untuk berjalan. Ketika traveling bersama lansia tentunya perlu ada persiapan khusus. Namun, bukan berarti lansia tidak bisa traveling ya! Traveling bahkan bisa membuat sebagian mereka gembira dan merasakan kembali jiwa muda.

Jika Anda hendak mengajak atau membantu mempersiapkan orangtua Anda yang telah lansia untuk berlibur, sebaiknya perhatikan tips berikut.

Diskusikan terlebih dahulu

Diskusikan terlebih dahulu dengan orang tua lansia tempat seperti apa yang ingin dikunjunginya. Pastikan untuk tidak pilih tempat yang Anda inginkan saja. Sebab, Anda juga perlu mengusahakan bahwa rekomendasi destinasi liburan yang dipilih memang aman untuk lansia. Bukan lokasi yang ekstrem dengan aktivitas yang bikin cepat lelah.

Periksa kesehatan sebelum berangkat

Sebelum memulai perjalanan traveling bersama lansia, sebaiknya periksakan kesehatannya terlebih dahulu. Terlebih jika orang lansia mengidap riwayat penyakit tertentu. Dokter akan melihat kondisi kesehatan lansia, apakah memang aman untuk melakukan perjalanan traveling. Dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan khusus yang wajib dibawa saat perjalanan.

Pilih lokasi wisata yang tidak terlalu ramai dan tidak menanjak atau menurun

Tempat wisata viral memang menyenangkan untuk dikunjungi, karena Anda bisa mengabadikan banyak momen dan mengunggahnya di media sosial. Hanya saja, Anda harus ingat, jika orang pergi bersama Anda adalah lansia. Jadi, hindari memilih tempat wisata yang ramai pengunjung bahkan harus mengantri hingga berjam-jam. Untuk destinasi wisata alam, Anda bisa memilih pantai, perkebunan, dan lainnya yang tidak terdapat tanjakan atau turunan untuk mengunjunginya.

Kemas barang bawaan secukupnya

Mengemas barang bawaan dalam satu tas saja lebih baik daripada membawa banyak tas, yang berisiko hilang karena tertinggal atau dicuri. Bawa hanya kebutuhan penting, seperti dompet, dokumen perjalanan, pakaian, dan obat harian jika ada.

Selain koper, coba bawa tas pinggang yang bisa menyimpan barang-barang penting dan tidak mudah lepas. Tas ini juga bisa memudahkan orangtua Anda untuk mengambil barang-barang penting yang ia butuhkan suatu waktu. Alternatif lain adalah memakai tas kecil yang bisa dikalungkan di dalam jaketnya.

Persiapkan kebutuhan medis lansia

Persiapkan kebutuhan medis sebaik-baiknya terutama bila orangtua lansia mengidap penyakit spesifik seperti asma, diabetes dan hipertensi. Tempatkan terpisah dengan koper, supaya Anda mudah mengambilnya.  Itulah penjelasan mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan saat liburan bareng lansia. Selain memastikan obat-obatan medis untuk lansia sudah ada, penting juga untuk menyiapkan vitamin untuk menjaga imunitas tetap optimal.

Lainnya

4 Hal Yang Perlu Di Siapkan Ketika Masa Pensiun!

BY ANDERSON SEBASTIAN

Makna Idul Adha : Mengajarkan Untuk Senantiasa Bersyukur dan Ikhlas

BY PUTRI

Bisa Meningkatkan Mood, Inilah Manfaat Mendengarkan Musik yang Jarang Diketahui

BY PUTRI