whatsapp

WIRAUSAHA

Inilah Alasan Mengapa Franchise Dinilai Cocok Untuk Bisnis Para Pensiunan

BY PUTRI / 7 Jul 2022

Inilah Alasan Mengapa Franchise Dinilai Cocok Untuk Bisnis Para Pensiunan

Menjadi seorang pensiunan bukan berarti berhenti melakukan pekerjaan atau kegiatan produktif. Setelah menjadi pensiun kekhawatiran akan muncul terutama yang berhubungan dengan kebutuhan ekonomi atau finansial.

Bagi pensiunan membuka dan memiliki sebuah usaha menjadi salah satu solusi untuk tetap produktif dan meningkatkan kreativitas diri. Dengan memiliki usaha juga akan sangat membantu Anda sebagai pensiunan dalam segi finansial. Tetapi Anda perlu memperhatikan bisnis atau usaha apa yang sesuai dan bisa dikerjakan. Salah satunya seperti bisnis franchise atau waralaba.

Apa itu bisnis franchise/waralaba ?

Bisnis franchise atau waralaba adalah sebuah metode membuka bisnis dengan nama, merek dagang, produk, hingga bahan dari bisnis yang sudah ada. Bisnis franchise dipelopori oleh Howard Deering Johnson, pengusaha asal Amerika Serikat yang membuka bisnis restoran bernama Hojo.

Ketika membeli bisnis franchise, berarti Anda bisa menggunakan ide, brand, logo, sumber daya, dan proses dari seorang franchisor secara legal. Konsep bisnis ini disebut sistem franchise. Jadi, bila membeli sebuah perusahaan franchise dari seorang franchisor, Anda disebut seorang franchisee.

Selain berhak menggunakan merek dagang dan sistem bisnis seorang pemilik franchise, seorang franchisee juga berhak menjual kembali produk franchise-nya. Setelah membeli sebuah franchise, Anda harus menjalankan bisnis sesuai perjanjian dengan franchisor. Sebagai imbalan, franchisor Anda akan turut memelihara proses bisnis franchise tersebut.

Lantas, mengapa franchise ini bisa dibilang sebagai konsep bisnis menguntungkan? Berikut ini adalah 5 alasan kenapa franchise adalah bisnis terbaik untuk Anda!

  1. Minim Branding

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebagai franchisee yang menjalankan bisnis waralaba adalah melakukan branding atau promosi secara minimal. Biasanya, bisnis waralaba telah lebih dulu memiliki branding yang kuat di masyarakat, sehingga mudah dikenal dan kerap kali jadi pilihan favorit bagi para konsumen. Dengan minimnya kebutuhan promosi berkat brand awareness yang kuat, Anda akan mendapatkan keuntungan untuk menjalankan bisnis waralaba lebih mudah dan relatif cepat dalam mengembangkannya.

  1. Minim Resiko

Mengapa bisnis franchise dinilai lebih minim resiko dibandingkan jika Anda membuka usaha dari awal ? Karena perusahaan-perusahaan franchise memiliki model bisnis yang telah teruji dan terbukti efektif. Selain itu, Anda juga tidak perlu berkali-kali mengeluarkan modal usaha karena umumnya usaha tipe ini memberlakukan sistem pembayaran di awal.

 

Misalnya, Anda harus membayar senilai 45 juta rupiah untuk mulai berbisnis franchise kedai kopi, dan selebihnya tinggal menjalankan bisnis tersebut tanpa harus menambahkan modal lagi ke bisnis tersebut. Hal ini akan meminimalisir kemungkinan bisnis berhenti karena habisnya modal.

  1. Perkembangan Bisnisnya Relatif Cepat

Di Indonesia sendiri, bisnis waralaba merupakan salah satu investasi yang baik untuk dilaksanakan jika Anda memiliki keinginan untuk berkarier sebagai seorang pengusaha. Dengan memilih bisnis waralaba sebagai usaha awal, Anda tidak perlu memusingkan hal-hal seperti strategi bisnis. Pasalnya, dari segi perencanaan, sistem operasi serta strategi bisnis waralaba telah lebih dulu ditentukan oleh pemilik bisnis atau franchisor. Sehingga, Anda hanya perlu menjalankan sistem operasional dan prosedur yang telah diinformasikan oleh Anda ketika menyetujui kerja sama bisnis waralaba tersebut.

Maka dari itu, besar kemungkinan bahwa bisnis Anda akan berkembang dalam waktu yang relatif cepat. Keuntungan lainnya adalah, Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan produk untuk membantu meningkatkan valuasi bisnis waralaba Anda. Pihak pemilik bisnis waralaba biasanya akan memenuhi kebutuhan berjalannya usaha. Kerap kali Anda hanya diminta untuk menyediakan tempat untuk menjalankan bisnis waralaba yang telah disepakati.

  1. Manajemen Bisnis yang Matang

Berbeda dengan merintis bisnis sendiri, sistem waralaba atau franchise adalah sebuah sistem yang telah dilengkapi manajemen bisnis yang matang. Pada umumnya, para franchisor membuka bisnis waralabanya bagi yang berminat untuk membeli franchise-nya karena bisnis mereka telah mapan, memiliki pasar yang stabil, serta reputasi yang baik. Otomatis, manajemen maupun strategi bisnisnya hanya tinggal dilanjutkan saja.

  1. Mendapatkan Pelatihan

Franchise adalah bisnis tim, sehingga franchisor akan selalu meningkatkan dan mempertahankan reputasi bisnis yang solid dengan memastikan bahwa semua franchisee beroperasi sesuai standar tertentu. Untuk itu, pemegang bisnis franchise dan karyawannya akan mendapatkan pelatihan serta dapat mengandalkan dukungan dari franchisor. Termasuk aspek operasional, teknis, mengelola keuangan, cara mempekerjakan karyawan hingga membangun relasi yang baik dengan pelanggan.

Lainnya

Yuk! Kenali Produk Layanan Kta Yang Populer Di Kalangan Masyarakat

BY PUTRI

Sering Pegal Linu? Yuk, Konsumsi 5 Jenih Buah yang Ampuh Sembuhkan Pegal Linu Ini!

BY PUTRI

Ketahui 9 Warna Urine Ini Serta Maknanya Bagi Kesehatan Anda

BY PUTRI