whatsapp

KESEHATAN

Inilah Manfaat Bunga Lavender, Bisa Redakan Rasa Cemas Hingga Melawan Insomnia

BY PUTRI / 27 Oct 2022

Inilah Manfaat Bunga Lavender, Bisa Redakan Rasa Cemas Hingga Melawan Insomnia

Wanita biasanya menyukai segala macam bunga, apalagi yang memiliki bau yang harum dan bertahan lama, salah satunya adalah lavender. Meski lavender masih susah ditemukan di Indonesia dan kebanyakan kebunnya ada di luar negeri, namun bukan berarti tidak bisa ditanam di Indonesia. Anda juga pasti sudah tahu bahwa bunga berwarna ungu cantik ini bisa dimanfaatkan untuk bahan kecantikan dan mengusir nyamuk.

Namun bukan hanya mengusir nyamuk saja, wangi bunga lavender juga bisa meningkatkan kualitas tidur Anda dan membuat Anda bisa tidur nyenyak. Bunga lavender adalah salah satu tanaman alami yang sudah terkenal dalam dunia kosmetik sebagai bahan pewangi sabun, pakaian, shampo dan bahkan pengusir nyamuk.

Manfaat Lavender

Lavender paling sering digunakan dalam aromaterapi. Aroma dari tanaman lavender ini diyakini untuk membantu meningkatkan ketenangan. Selain itu, aroma lavender juga bisa membantu mengurangi stres, kecemasan, dan bahkan mungkin rasa sakit ringan. Sebuah studi menyebutkan bahwa menghirup aroma lavender ditambah mawar dapat mengurangi keparahan kram menstruasi.

Mengutip dari laman Indiatimes, para ilmuwan menemukan bahwa wangi bunga lavender membuat rileks dan membantu orang untuk lebih santai. Selain itu, hal tersebut bisa juga menjadi obat alternatif yang aman untuk mengatasi kecemasan.

Lavender juga sangat direkomendasikan untuk orang yang menderita insomnia atau gangguan tidur lainnya. Orang-orang mengisi bantal mereka dengan bunga lavender untuk membantu mereka tertidur dan mendapatkan istirahat malam yang lebih baik. Saat ini aroma lavender tak hanya dapat Anda temukan dalam minyak aromaterapi tetapi juga wewangian yang bisa Anda semprot di tubuh. Wangi lavender juga tidak selalu diracik secara otentik namun juga dicampur dengan aroma lainnya.

Lavender sebagai alternatif penghilang kecemasan

Wangi bunga tersebut juga bisa bertindak sebagai alternatif untuk obat-obatan penghilang kecemasan. Salah satu yang sering digunakan untuk itu adalah benzodiazepin yang membuat seseorang rentan terkena masalah ingatan, tumbuhnya payudara pada pria, dan cacat lahir.

Kashiwadani mengatakan, senyawa dalam lavender tidak bertindak seperti benzodiazepin, namun harus diaktifkan melalui neuron penciuman di hidung dan menghasilkan efek relaksasi. Studi tersebut juga membuka kemungkinan, bahwa relaksasi yang terlihat pada tikus yang diberi makan atau disuntik dengan linalool (senyawa dalam lavender) bisa disebabkan oleh aroma senyawa yang dipancarkan dalam napas yang mereka hembuskan. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa lavender bisa digunakan bagi mereka yang akan melaksanakan operasi dan sedang berjuang dalam pengobatan.

Lainnya

Rekomendasi Bubur Instan untuk Cukupi Gizi Pensiunan

BY PUTRI

Ini 5 Tips Sukses Membuka Usaha Toko Buku dan Alat Tulis Untuk Pensiunan

BY PUTRI

Pentingnya Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

BY ANDERSON SEBASTIAN