whatsapp

HIBURAN

Intip Besaran Uang Pensiun Anggota DPR yang Diterima Seumur Hidup

BY PUTRI / 10 Oct 2022

Intip Besaran Uang Pensiun Anggota DPR yang Diterima Seumur Hidup

Tahukah Anda bahwa selain PNS, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) juga menerima dana pensiun yang ditanggung negara ? Para wakil rakyat ini menerima pensiunan seumur hidup kendati jabatannya hanya lima tahun per periode masa jabatan.

Regulasi baku yang mengatur mengenai dana pensiun anggota DPR antara lain UU Nomor 12 Tahun 1980 tentang Hak Keuangan/Administrasi Pimpinan dan Anggota Lembaga Tertinggi Negara serta Bekas Pimpinan Lembaga Tinggi/Tinggi Negara dan Bekas Anggota Lembaga Tinggi Negara, pada Pasal 17 dan Pasal 18.

Pasal 17 menyebutkan bahwa jika penerima pensiunan, dalam hal ini anggota DPR, meninggal, maka istri atau suami sah yang dimilikinya akan mendapatkan hak uang pensiun. Pasal 18 menyatakan pemberian pensiun kepada janda/duda dan almarhum anggota DPR. Ada lagi pada Pasal 19, yang menyatakan bahwa jika tidak memiliki suami atau istri, maka warisan uang pensiun bisa diterimakan pada anak pertama, sebelum usianya 25 tahun.

Hal ini sempat menjadi polemik karena dinilai memberatkan keuangan Negara apabila uang pensiun ini bisa diwariskan, atau diterimakan pada orang yang disebutkan dalam regulasi baku di atas, hingga penerima atau relasi dari anggota DPR ini habis.

Namun demikian pemerintah berpendapat bahwa anggota DPR tentu telah memberikan semua daya dan upaya yang dimilikinya dalam rangka melaksanakan tugas negara, dan berhak atas apresiasi tertentu.

Lantas, seberapa besar uang pensiun yang diterima oleh Anggota DPR?

Mengacu pada Undang-undang (UU) Nomor 12 tahun 1980 tentang Hak Keuangan/Administratif Pimpinan dan Anggota Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara serta Bekas Pimpinan Lembaga Tinggi/Tinggi Negara dan bekas anggota Lembaga Tinggi Negara.

Pada Bab VI Pasal 12-21 mengatur soal hak pensiun Anggota DPR. Untuk Anggota DPR yang selesai menjabat satu periode atau berhenti dengan hormat dari jabatan berhak mendapat pensiun sejak bulan berikut yang bersangkutan berhenti dengan hormat.

Pada Pasal 16 dijelaskan bahwa Negara memberikan dana pensiun hingga yang bersangkutan meninggal dunia alias seumur hidup. Atau bila yang bersangkutan diangkat kembali menjadi Pimpinan Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara atau Anggota Lembaga Tinggi Negara.

Berikut rincian dana pensiun DPR :

  1. DPR yang merangkap ketua : Rp3.020.000 per bulan (dihitung dari 60% gaji pokok Rp5,04 juta per bulan).
  2. DPR yang merangkap wakil ketua : Rp770.000 per bulan (dihitung dari 60% gaji pokok Rp4,62 juta per bulan).
  3. DPR yang tidak merangkap jabatan: Rp2.520.000 per bulan (dihitung dari 60% gaji pokok Rp4,20 juta per bulan).

Lainnya

Kado untuk Orang tua yang Akan Pensiun, Biar Orang tua mempunyai Kegiatan.

BY ANDERSON SEBASTIAN

Tips Aman Berolahraga Untuk Pensiunan

BY PUTRI

5 Cara Menabung untuk Mempersiapkan Dana Pensiun

BY ANDERSON SEBASTIAN