whatsapp

OLAHRAGA

Jaga Kesehatan dengan Senam Jantung Sehat yang Mudah Dilakukan di Rumah

BY PUTRI / 6 Oct 2022

Jaga Kesehatan dengan Senam Jantung Sehat yang Mudah Dilakukan di Rumah

Mempunyai jantung yang sehat tentunya menjadi impian setiap orang karena dengan jantung sehat Anda akan terhindar dari penyakit jantung dan penyakit berbahaya lainnya. Untuk memelihara kesehatan jantung, salah satu yang dapat dilakukan adalah melakukan senam jantung sehat.

Senam jantung adalah olahraga yang baik untuk kesehatan jantung. Di Indonesia, senam jantung cukup populer. Bahkan senam jantung sudah dibuat sampai beberapa seri dan cocok digunakan oleh semua orang. Senam jantung sehat juga merupakan olah raga yang disusun dengan selalu mengutamakan kemampuan jantung, gerakan otot besar dan kelenturan sendi, agar dapat memasukkan oksigen sebanyak mungkin ke dalam tubuh. Senam jantung sehat bertujuan merawat jantung dan pembuluh darah. Pembuluh darah yang sehat, membuat kerja jantung menjadi optimal, karena kedua organ tersebut bekerja saling berhubungan.

Gerakan senam jantung sehat dibuat khusus dengan tujuan menjaga performa jantung, agar jantung dapat mengambil oksigen sebesar-besarnya dengan tujuan kadar oksigen dalam tubuh dapat terpenuhi. Senam jantung harus dilakukan 3 kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit, agar manfaat senam jantung dapat terasa.

Senam Jantung yang Mudah Dilakukan di Rumah

Ada beberapa gerakan senam jantung sehat yang bisa Anda lakukan di rumah. Namun, sebelum melakukan gerakan ini, sebaiknya perhatikanlah terlebih dahulu kemampuan fisik serta seberapa fit kondisi tubuh.

Perlu Anda ketahui bahwa, latihan ini terdiri dari latihan intensitas ringan, sedang, hingga berat. Nah, berikut ini adalah berbagai gerakan senam jantung sehat yang bisa Anda lakukan di rumah.

  • Latihan Aerobik

Latihan aerobik meningkatkan sirkulasi yang membuat tekanan darah menurun. Latihan ini juga meningkatkan kebugaran aerobik secara keseluruhan dan meningkatkan fungsi jantung (seberapa baik jantung Anda memompa). Latihan aerobik dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan membantu mengontrol gula dara bagi pengidap diabetes.

Berikut ini latihan aerobik yang bisa dilakukan di rumah untuk senam jantung sehat :

Jogging di tempat

Gerakan senam jantung sehat ini adalah cara termudah untuk meningkatkan detak jantung. Gerakan ini juga cocok dilakukan sebagai pemanasan di awal sebelum melakukan gerakan yang lebih berat. Lakukan gerakan ini selama 30-60 detik.

Jumping Jacks

Latihan aerobik yang satu ini juga cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah sebagai senam jantung sehat. Cara melakukannya sambil berdiri tegak, kemudian lompat dengan posisi kedua tungkai terbuka lebar dan tangan terangkat ke udara. Lakukan gerakan yang sama, namun mendaratlah dengan kaki sedikit lebih rapat. Lakukan gerakan ini secara bergantian.

Squat Jump

Masih termasuk latihan aerobik, gerakan senam jantung sehat ini cukup mudah untuk dilakukan secara rutin di rumah. Caranya, mulailah dari posisi berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu, lalu berjongkok dengan bokong ke belakang seperti akan duduk dan punggung lurus membentuk sudut 45 derajat. Setelah itu, lompat dan mendaratlah dengan posisi jongkok seperti semula.

  • Latihan Fleksibilitas

Latihan fleksibilitas tidak secara langsung berkontribusi pada kesehatan jantung. Namun, latihan ini juga memungkinkan Anda terhindar dari nyeri sendi, kram, dan masalah otot lainnya.

Latihan fleksibilitas yang baik untuk senam jantung sehat adalah yoga. Anda bisa melakukan beberapa gerakan yoga, seperti tadasana (mountain pose) dengan hanya berdiri tegak dan kedua kaki dirapatkan, vrikshasana (tree pose) dengan berdiri dengan satu kaki ditekuk dan menumpu pada paha kaki sebelahnya lalu kedua tangan diangkat ke atas.

Ada juga gerakan trikonasana (triangle pose) yang bisa dicoba, yaitu membuka lebar kedua kaki dan sentuh salah satu pergelangan kaki dengan satu tangan dan tangan yang lainnya diangkat ke atas.

Itulah latihan untuk senam jantung sehat beserta cara melakukannya. Bila Anda memiliki gejala yang dicurigai sebagai gejala penyakit jantung, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Lainnya

Asyik! KAI Akan Berikan Diskon Khusus Lansia Hingga 20%, Catat Syarat dan Ketentuannya

BY PUTRI

Manfaat Olahraga Naik Turun Tangga, Efektif Membakar Banyak Kalori

BY PUTRI

Mau Badan Tetap Sehat dan Bugar ? Yuk Coba Senam Lansia !

BY PUTRI