whatsapp

WIRAUSAHA

Jasa Konsultan, Peluang Bisnis Dengan Omzet Besar

BY PUTRI / 12 Aug 2022

Jasa Konsultan, Peluang Bisnis Dengan Omzet Besar

Bisnis jasa konsultan adalah salah satu pilihan usaha yang menggandalkan pada keahlian atau ketrampilan Anda sendiri. Bisnis ini menggunakan keterampilan yang Anda miliki sebagai modal untuk membantu memecahkan masalah orang lain. Saat ini bisnis jasa konsultan di Indonesia mulai bermunculan, mulai dari jasa konsultan keuangan, bisnis, pendidikan, atau bidang teknologi.

Bisnis jasa konsultan ini dapat dikerjakan secara perorangan atau kelompok. Bisnis ini menawarkan keuntungan yang cukup menggiurkan jika dikelola secara profesional. Jika dalam perkembangannya semakin baik, maka tidak menutup kemungkinan bisnis tersebut akan semakin besar dan terkenal dengan kualitas layanan yang memuaskan.

Peran seorang konsultan

Umumnya, konsultan adalah penasihat yang dipekerjakan oleh klien, sehingga mereka dapat mencapai tujuan tertentu. Karena apa yang berada di ranah konsultan masih bersifat absurd, seorang konsultan dapat membantu klien dalam hampir semua aspek bisnis mereka. Baik itu efisiensi, keuntungan, ataupun penjualan.

Tak hanya tentang bisnis, konsultan dapat membantu area yang tak bersentuhan dengan bisnis. Tentu Anda pernah mendengar jasa konsultasi dokter online, psikologi online, hingga jasa konsultasi hukum online. Peluang karir di bidang konsultasi online sendiri masih sangat besar, dan menjadi pilihan karir bagai para profesional mudah.

Konsultan sering memiliki otonomi untuk memilih klien dan proyek mereka sendiri. Sehingga memungkinkan mereka mengatasi masalah dan tantangan yang dianggap menarik. Keuntungan yang Anda dapatkan juga akan tinggi dengan membuka bisnis jasa konsultasi. Karena Anda memiliki keahlian yang tidak dimiliki oleh klien, serta tak perlu menambah biaya operasional yang tinggi jika Anda tak memerlukan banyak staf atau peralatan tambahan.

Jenis-jenis bisnis konsultan

Apabila Anda tertarik untuk berkecimpung dalam dunia bisnis konsultan, berikut adalah jenis-jenis konsultan yang populer dan berpeluang besar dalam meraih keuntungan:

Konsultan Marketing

Bila suatu perusahaan mempunyai masalah dalam dalam bidang pemasaran dan menyadari bahwa mereka memerlukan opini berbeda dari perpektif luar, maka perusahaan ini akan mempekerjakan konsultan marketing. Konsultan marketing ini akan membantu eskskutif senior dalam menggali pemahaman dan pengertian terhadap sebuah masalah dan menghadapi tantangan strategis dalam bidang marketing perusahaan mereka. Konsultan pemasaran ini akan bekerja sama dengan eksekutif senior seperti marketing manager, product manager bahkan sales manager dalam merumuskan suatu strategi pemasaran yang cocok untuk permasalahan perusahaan tersebut dan rencana jangka panjang maupun jangka pendek yang akan dilakukan. Sebagian konsultan pemasaran di minta untuk mendampingi perusahaan pada masa implementasi.

Konsultan Kuliner Restoran dan Makanan

Untuk perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan ingin menentukan bagaimana restoran yang kita kelola mampu  melakukan penghematan bumbu dan bahan baku tanpa merubah menu dan resep masakan atau ingin memperbaiki sistem pelayanan pada konsumen maka Anda dapat meminta bantuan perusahaan konsultan operasi atau Operations Consulting. Atau bila  perusahaan Anda ingin memperbarui proses pembelian dan rantai pasokan dari pabrikan dan supplier, maka Anda juga membutuhkan konsultan operasi. Konsultan ini memiliki ciri khas secara umum untuk membantu implimentasi dari saran-saran mereka dalam membuat suatu sistem operasi menjadi efisien.Konsultan operasi ini lebih berfokus pada proses internal klien seperti distribusi, produksi, order fulfillment, atau customer service. Contoh konsultan jenis ini antara lain: Accenture, Cap Gemini Ernst & Young, dan Deloitte consulting.

Konsultan Sumber Daya Manusia

Human Resources (HR) Consulting atau  konsultan sumber daya manusia adalah konsultan yang memfokuskan diri pada upaya-upaya untuk memaksimumkan nilai sumber daya manusia di suatu  perusahaan dengan menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat dan bidang pekerjaan yang tepat dengan melakukan wawancara atau membuka lowongan pekerjaan sehingga kesuksesan perusahaan bisa dicapai dengan dukungan karyawan yang solid. Hal ini disadari mengingat  perusahaan banyak berinvestasi pada human capital, sumber daya manusia dan berharap banyak dari investasi tersebut. Keterlibatan konsultan sumber daya manusia  bisa dimulai sejak proses rekrutmen, melakukan training dan development, memberikan jasa konseling, menyusun paket gaji, renumerasi, tunjangan, fasilitas dan struktur kompensasi karyawan, membangun kultur dan komunikasi dalam perusahaan, dan sebagainya. Beberapa contoh konsultan bidang ini seperti Hewitt Associates, Towers Perrin, Watson Wyatt Worldwide, dan Mercer HR.

Konsultan Strategi dan Perencanaan

Konsultan strategi biasanya mendampingi eksekutif papan atas seperti direktur, komisaris dan CEO dari suatu perusahaan dalam menggali masalah, memahaminya dan menghadapi tantangan strategis menyeluruh dari suatu perusahaan. Konsultan strategi ini membantu para eksekutif senior maupun pemilik perusahaan dalam nerumuskan strategi jangka panjang dari perusaaan tersebut. Beberapa hanya memberikan rekomendasi dan melakukan presentasi, ada juga  sebagian  lain dituntut untuk tetap terlibat dan mengawasi selama proses implementasi.

Konsultan IT

Konsultan IT bertanggung jawab mulai dari proses analisis, desain, hingga impelementasi sistem, untuk memastikan solusi tersebut mendukung  proses bisnis mereka.Contoh proyek  yang ditangani oleh IT consulting firms/konsultan IT misalnya menguji vulnerability sistem internet banking sebuah bank, instalasi dan troubleshooting modul-modul ERP, menangani konversi database pelanggan ke server berbasis Oracle, dan sebagainya.

Tips Mengembangkan Bisnis Konsultan Anda

Berikut ini adalah beberapa cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis konsultan Anda.

Kenali klien

Tiap klien memiliki karakter yang berbeda-beda. Mereka juga memiliki situasi yang berbeda satu sama lain. Anda baru bisa memberikan konsultasi yang tepat setelah mengenal dan mendalami karakter maupun situasi yang dihadapi oleh klien. Karena itu, sangat penting untuk mencari tahu terlebih dahulu informasi mengenai klien sebelum menjalankan sesi konsultasi.

Kenali kompetitor

Sebagai sebuah bidang usaha, Anda juga wajib mengenali kompetitor di bidang yang sama. Ketahui sebisa mungkin langkah-langkah yang mereka lakukan untuk mendapatkan klien baru atau membuat klien tetap bertahan. Jika diperlukan, tidak ada salahnya belajar dari kompetitor. Namun, lakukan sesuatu yang lebih baik dan berdampak.

Memilih partner yang tepat

Dalam suatu bisnis jasa konsultansi, Anda membutuhkan partner yang tepat. Partner berperan menjadi pendukung agar bisnis ini dapat bergerak sesuai harapan. Untuk mendapatkan orang yang tepat, Anda tentu harus melakukan pengujian terlebih dahulu. Jika komunikasi dan kerjasama berjalan dengan baik, inilah orang yang berpotensi menjadi partner mengembangkan bisnis konsultan.

Tingkatkan penilaian baik dari klien

Anda seharusnya tidak terlalu fokus pada keuntungan Anda. Tentu meraih keuntungan itu penting, namun mempertahankan hubungan yang baik dengan klien dan menambah daftarnya juga tidak kalah penting, jadi sebaiknya Anda fokus kepada hal ini. Penting untuk selalu memastikan kepuasan klien, karena ini akan berpengaruh pada reputasi bisnis konsultan Anda.

Untuk alasan praktis dan politis, banyak bisnis yang memutuskan untuk tetap menyewa konsultan yang sama secara berulang. Jadi, jangan ambil risiko yang dapat menyebabkan Anda kehilangan klien.

Buat konten menarik tentang bisnis konsultan Anda

Buat konten menarik yang berkaitan dengan usaha jasa konsultasi Anda tidak hanya di situs web, tetapi juga akun media sosial Anda. Lakukan ini secara berkala untuk engagement yang lebih efektif. Bila perlu, pasang iklan berbayar untuk konten Anda tersebut agar menjangkau lebih banyak prospek.

Anda dapat menyediakan tips bagi bisnis yang sedang mencari jasa konsultan atau jenis-jenis konten lainnya yang bersifat relevan dan shareable. Selain rajin memasang konten di situs web dan media sosial, pertimbangkan juga untuk mengirim newsletter secara teratur kepada pelanggan konten Anda. Sistem Marketing Automation dapat memudahkan Anda mengirim newsletter dan email campaign kepada prospek dan klien Anda serta menyediakan laporan analitik lengkap mengenai open rate, click rate, bounce rate, dan sebagainya.

Jadi, demikian beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai jasa konsultan. Peran yang penting dan vital membuat jasa ini banyak dicari sehingga menjadi peluang bisnis menggiurkan pada zaman sekarang. Apakah Anda tertarik mengembangkannya?

Lainnya

Persatuan Pensiun Telkom (P2Tel)

BY PUTRI

Peringatan Hari Bhayangkara ke-76 : Mengenal Makna Logo dan Sejarah Terbentuknya Polri di Indonesia

BY PUTRI

Tips Aman Berolahraga Untuk Pensiunan

BY PUTRI