whatsapp

KESEHATAN

Kaya akan Nutrisi, Inilah 5 Manfaat Bayam dan Cara Mengolahnya

BY PUTRI / 21 Jun 2022

Kaya akan Nutrisi, Inilah 5 Manfaat Bayam dan Cara Mengolahnya

Dari semua sayuran berdaun hijau, bayam adalah salah satu sayuran yang paling serbaguna. Bayam bisa dipakai untuk campuran smoothie, salad, menambahkannya ke tumisan, dan bahkan memadukannya ke dalam makanan panggang seperti brownies. Bayam juga memiliki banyak manfaat kesehatan, dan Anda dapat dengan mudah memasukkannya ke dalam makanan Anda. Berikut adalah lima manfaat bayam dan  resep membuat jus bayam untuk meningkatkan kesehatan Anda.

Mengandung Banyak Nutrisi

Satu ikat bayam mentah hanya mengandung 78 kalori, tanpa lemak, 9 gram protein, dan 12 gram karbohidrat dengan 2 gram sebagai serat (jadi 1 gram karbohidrat bersih). Meskipun memiliki sedikit kalori, bayam dikemas dengan nutrisi. Porsi satu ikat bayam ini menyediakan lebih dari 300% kebutuhan harian akan vitamin K yang mendukung kesehatan tulang. Bayam juga menyediakan lebih dari 160% kebutuhan harian untuk vitamin A, dan sekitar 40% untuk vitamin C, yang keduanya mendukung fungsi kekebalan dan meningkatkan kesehatan kulit. .

Bayam juga mengandung 45% kebutuhan harian folat, vitamin B yang membantu pembentukan sel darah merah dan DNA. Dan bayam memasok 15% dari tujuan harian untuk zat besi dan magnesium, 10% untuk potasium, dan 6% untuk kalsium, bersama dengan sejumlah kecil vitamin B lainnya.

Bayam Kaya Akan Antioksidan

Selain banyak vitamin dan mineralnya, bayam menyediakan antioksidan yang terkait dengan anti-peradangan dan perlindungan penyakit. Ini termasuk kaempferol, flavonoid yang terbukti mengurangi risiko kanker, serta memperlambat pertumbuhan dan penyebarannya. Yang lain, yang disebut quercetin, telah dikaitkan dengan kemungkinan efek perlindungan pada memori serta penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Bayam Menjaga Kesehatan Otak

Efek anti-inflamasi bayam menjadikannya pesaing utama untuk melindungi otak terhadap penuaan. Dalam satu penelitian, para peneliti melacak pola makan dan kemampuan kognitif lebih dari 950 orang dewasa yang lebih tua selama sekitar lima tahun. Mereka melihat penurunan yang signifikan dalam tingkat penurunan kognitif di antara mereka yang mengonsumsi sayuran berdaun hijau dalam jumlah yang lebih besar. Data menunjukkan bahwa orang yang makan satu hingga dua porsi sayuran berdaun hijau setiap hari memiliki kemampuan kognitif yang sama dengan seseorang yang 11 tahun lebih muda daripada mereka yang tidak mengonsumsi sayuran hijau.

Bayam Membantu Mengelola Tekanan Darah

Bayam adalah sumber nitrat alami, senyawa yang membuka pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah dan meringankan beban kerja pada jantung. Dalam satu penelitian kecil, yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, 11 pria dan tujuh wanita mengonsumsi empat minuman kaya nitrat yang berbeda, termasuk minuman bayam.

Para peneliti menemukan bahwa kadar nitrat darah meningkat setelah menenggak keempat minuman tersebut. Minuman bayam, selain yang dibuat dari jus bit dan salad lainnya yang berdaun hijau, juga menurunkan tekanan darah. Tekanan darah diastolik tetap lebih rendah lima jam setelah menelan bayam dan minuman roket.

Bayam Melindungi Kesehatan Mata

Salah satu antioksidan dalam bayam, yang disebut lutein, telah terbukti mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia (AMD), penyakit mata yang dapat mengaburkan penglihatan sentral yang tajam yang diperlukan untuk aktivitas seperti membaca dan mengemudi. AMD adalah penyebab utama kehilangan penglihatan bagi orang berusia 50 tahun ke atas. Saat ini tidak ada obat atau pengobatan untuk membalikkan kondisi, jadi pencegahan adalah kuncinya.

Dalam sebuah penelitian di Jepang, para peneliti memeriksa mata 11 orang sehat yang bukan perokok yang mengonsumsi 75 gram bayam beku yang mengandung 10 mg lutein setiap hari selama dua bulan. Asupan bayam yang kaya lutein meningkatkan kadar lutein darah, dan juga meningkatkan ukuran densitas optik pigmen makula (MPOD). Ini penting, karena pigmen makula bertindak seperti kacamata hitam internal untuk melindungi mata, dan MPOD yang rendah atau menurun merupakan faktor risiko AMD. Penelitian ini menunjukkan bahwa bayam dapat membantu mengekang risiko AMD.

Cara Membuat Jus Bayam serta Manfaatnya

Jus bayam mentah sangat baik dikonsumsi untuk membantu menjaga kesehatan. Supaya kandungan nutrisi pada jus bayam lebih lengkap Sahabat sehat perlu resep membuat jus bayam yang tepat. Jus bayam akan terasa lebih nikmat dengan mencampur buah atau sayur lain. Setiap sayur dan buah punya manfaat masing-masing dalam menjaga kesehatan tubuh.

Yuk kita coba resep membuat jus bayam yang dipadukan dengan buah dan sayuran lain! Selain rasanya lezat,  jus bayam ini membawa manfaat baik untuk kesehatan.

  1. Jus Bayam Jahe

Jus ini kaya serat yang baik untuk metabolisme, kesehatan pencernaan dan daya tahan tubuh.

Bahan :

  • 1 buah wortel, potong-potong
  • 1 buah tomat, potong jadi 4 bagian
  • 1 gengam bayam hijau segar
  • ½ cm jahe
  • ½ sendok makan air jeruk nipis
  • ½ gelas air matang

Cara membuat :

  • Masukkan semua bahan ke dalam blender dan blender hingga halus.
  • Saring jus sebelum dikonsumsi.

 

  1. Jus Bayam Seledri

Bayam dan seledri sama-sama baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi. Rasanya jadi lebih lezat karena disajikan dalam segelas jus yang kaya manfaat kesehatan.

Bahan :

  • ½ buah lemon, peras airnya
  • 1 sendok teh jahe parut
  • 3 batang daun seledri
  • 11 batang daun bayam hijau segar
  • 6 batang daun parsley
  • 250 ml air matang

Cara membuat :

  • Semua bahan dimasukan ke dalam blander dan blander sampai halus.

Saring jus sebelum dikonsumsi.

Lainnya

5 Alat Bantu Inovatif yang Memudahkan Kehidupan Para Lansia

BY PUTRI

Inilah Gerakan mudah yang dapat memperkuat Tulang untuk Mencegah Osteoporosis

BY ANDERSON SEBASTIAN

Ampuh! Cegah Stroke dengan Senam Ringan Setiap Hari

BY PUTRI