whatsapp

WIRAUSAHA

Keuntungan Bisnis Franchise Bagi Para Pensiunan

BY PUTRI / 16 Sep 2022

Keuntungan Bisnis Franchise Bagi Para Pensiunan

Merencanakan bisnis setelah pensiun adalah hal yang penting untuk dilakukan. Terlebih, pada kenyataannya masa pensiun tidak seenak yang orang-orang katakan. Ketika masa pensiun tiba, kebutuhan tetap harus terpenuhi. Umur pun sudah tak lagi muda, kesempatan berkarier tidak lagi banyak, dan bahkan terancam tidak memiliki penghasilan tetap.

Oleh karena itu, saat memasuki masa pensiun dan tidak lagi bekerja, bisnis dapat menjadi suatu jalan keluar untuk menopang kebutuhan hidup. Setelah pensiun menjalankan sebuah bisnis merupakan cara yang sempurna untuk menambah pemasukan tambahan.

Banyak cara atau skema bisa dilakukan untuk usaha atau bisnis, salah satunya melalui skema bisnis waralaba atau populer dikenal dengan istilah bisnis franchise. Bisnis franchise kini menjadi salah satu skema usaha yang semakin populer di Indonesia.

Bisnis franchise adalah bentuk kerja sama usaha antara pemilik merk dagang, produk, atau sistem operasional. Kerja sama ini didelegasikan kepada pihak kedua yang berhak mendapatkan izin untuk pemakaian merek, produk, serta sistem operasional tersebut dalam menjalankan sebuah usaha. Di dalam model bisnisnya, bisnis franchise memiliki dua buah elemen tetap.

Seperti bentuk atau jenis bisnis pada umumnya, bisnis franchise menawarkan keuntungan bagi setiap pihak yang menjalankannya baik sebagai pemilik, atau pembeli hak bisnis franchise sendiri, seperti :

  1. Manajemen Bisnis Terencana

Jika biasanya seseorang yang ingin menjalankan bisnis harus menyusun segala rencana, mulai dari ide bisnis, nama brand, sistem penjualan, hingga produksi. Hal ini tak akan Anda lakukan jika memilih investasi franchise.

Anda hanya tinggal menjalankan pengelolaan bisnis ketika Anda dan pemilik usaha sudah melakukan perjanjian. Pasalnya, bisnis hingga manajemen pun sudah terbentuk dan terencana dengan baik.

  1. Brand Sudah Dikenal oleh Masyarakat

Bisnis yang Anda bangun dari nol, wajib Anda pasarkan melalui berbagai cara mulai dari memanfaatkan media sosial, menyebar kertas promo dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar bisnis bisa dikenal masyarakat dan mendatangkan konsumen.

Sementara pada bisnis franchise Anda tak perlu melakukan promo tersebut, karena bisa dipastikan bisnis tersebut sudah dikenal masyarakat. Pihak manajemen bisnislah yang melakukan pemasaran. Dengan begitu, konsumen bisa datang dengan sendirinya.

  1. Memiliki rekan bisnis professional

Ketika Anda membeli hak pengelolaan bisnis franchise oleh franchisor, secara otomatis pemilik bisnis franchise tersebut akan menjadi rekan bisnis Anda. Memiliki rekan bisnis yang berpengalaman dan profesional merupakan salah satu keuntungan yang bisa Anda raih saat menjalankan bisnis franchise.

Bersama franchisor sebagai rekan kerja, kebutuhan fasilitas atau sistem operasi dalam pengembangan bisnis Anda biasanya telah disediakan lebih dahulu. Maka, Anda hanya perlu fokus dalam menjalankan bisnis franchise demi meraih keuntungan serta pengembangan bisnis yang stabil dan kuat. Selama menjalankan bisnis franchise, Anda pun bisa mulai memerhatikan aspek-aspek pengetahuan terhadap menjalankan bisnis untuk pengembangan diri Anda sebagai seorang pengusaha di kemudian hari.

  1. Tempat pembelajaran bisnis

Anda dapat menjadikan bisnis franchise sebagai tempat pembelajaran bisnis untuk menambah pengetahuan serta keahlian yang dibutuhkan sebagai seorang pengusaha di kemudian hari. Dengan menjalankan bisnis franchise sebagai usaha awal, anda bisa mempelajari berbagai aspek bisnis seperti promosi, marketing, pembentukan sistem operasi, pengelolaan uang, dan masih banyak lainnya. Ilmu-ilmu yang telah Anda dapatkan selama menjalankan bisnis franchise nantinya bisa Anda adopsi dan modifikasi demi kebutuhan pengembangan bisnis lanjutan yang Anda buat sendiri di kemudian hari.

  1. Perkembangan bisnis yang relatif cepat

Di Indonesia sendiri, bisnis franchise merupakan salah satu investasi yang baik untuk dilaksanakan jika Anda memiliki keinginan untuk berkarier sebagai seorang pengusaha. Dengan memilih bisnis franchise sebagai usaha awal, Anda tidak perlu memusingkan hal-hal seperti strategi bisnis. Pasalnya, dari segi perencanaan, sistem operasi serta strategi bisnis franchise telah lebih dulu ditentukan oleh pemilik bisnis atau franchisor. Sehingga, Anda hanya perlu menjalankan sistem operasional dan prosedur yang telah diinformasikan oleh Anda ketika menyetujui kerja sama bisnis franchise tersebut.

Maka dari itu, besar kemungkinan bahwa bisnis Anda akan berkembang dalam waktu yang relatif cepat. Keuntungan lainnya adalah, Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan produk untuk membantu meningkatkan valuasi bisnis franchise Anda. Pihak pemilik bisnis franchise biasanya akan memenuhi kebutuhan berjalannya usaha. Kerap kali Anda hanya diminta untuk menyediakan tempat untuk menjalankan bisnis franchise yang telah disepakati.

Lainnya

Rekomendasi Bubur Instan untuk Cukupi Gizi Pensiunan

BY PUTRI

Digitalisasi Umkm Sebagai Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Perekonomian Pasca Pandemi

BY PUTRI

DIJULUKI WANITA TERKAYA VERSI FORBES, INILAH 5 SUMBER KEKAYAAN KIM KARDASHIAN

BY PUTRI