whatsapp

BERITA

Komunitas Pensiunan Pertamina

BY PUTRI / 29 Jul 2022

Komunitas Pensiunan Pertamina

Komunitas Pensiunan Pertamina atau yang disingkat KP-2 adalah wadah silaturahmi pensiunan Pertamina serta para pemangku kepentingan terkait dengan Pensiunan Pertamina. KP-2 tidak memiliki tujuan untuk mencari keuntungan ataupun berpolitik praktis, bentuk dasar hukum mengacu pada Undang-Undang No. 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Masyarakat sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 2 Tahun 2017.

Pencetus gagasan pembentukan Komunitas Pensiunan Pertamina (KP-2) Luluk Harijanto dan Nadjemudin Mansyur serta Kartono menyatakan bahwa gagasan ini sudah terkomunikasi kepada beberapa Pensiunan Pertamina dengan jumlah anggota melebihi persyaratan pembentukan suatu komunitas sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan (Undang-Undang No. 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Masyarakat sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 2 Tahun 2017)

Sejarah terbentuknya Komunitas Pensiunan Pertamina (KP-2)

Seperti yang dilansir dalam laman website KP-2 bahwa pada tanggal 01 Oktober 2020 bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila,  lima belas orang pensiunan Pertamina lintas direktorat sepakat membentuk wadah Komunitas Pensiunan Pertama (KP-2).

Melalui beberapa kali  pertemuan virtual, pada  tanggal 10 Desember 2020 yang bertepatan dengan hari ulang tahun Pertamina, terbentuk Kepengurusan KP-2 dengan anggota sebanyak 252 orang, sekaligus  ditetapkannya  anggaran dasar dan anggaran rumah tangga KP-2.

Komunitas Pensiunan Pertamina (KP-2) dibentuk untuk memperjuangkan kepentingan kesejahteraan para pensiunan beserta keluarganya serta guna mewujudkan hubungan silaturahmi harmonis, dinamis, dan berkeadilan agar mendapatkan harkat dan martabat kemanusiaan.

Pembentukan KP-2 mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, antara lain :

Pasal 27 ayat (2) Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyatakan, “Tiap-tiap warga negara berhak atas penghidupan yang layak bagi kemanusiaan”;

Pasal 28E ayat (3) Juncto Pasal 28 Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyatakan, “Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat”;

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 1998 Tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum;

Peraturan Pemerintah Nomor 76 tahun 1992 Tentang Dana Pensiun Pemberi Kerja dan peraturan pelaksanaannya.

Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Pensiun dan Peraturan Pelaksanaannya.

Keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 82 /PUU-XI/2013.

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2017 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Organisasi Kemasyarakatan Menjadi Undang-Undang serta peraturan perundangan lainnya.

Komunitas Pensiunan Pertamina (KP-2) berasaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, sedangkan tujuan, sifat dan keanggotaan KP-2 lebih rinci diatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.

Kegiatan Komunitas Pensiunan Pertamina (KP-2)

Komunitas Pensiunan Pertamina sejak Januari 2021 telah melaksanakan beberapa program sosialisasi melalui acara webinar tentang kesehatan dan memberikan bantuan kemudahan informasi yang diperlukan para pensiunan Pertamina.

Komunitas Pensiunan Pertamina (KP-2) selalu siap untuk memberikan kontribusi dan partisipasi jika diperlukan, dengan pertimbangan bahwa beberapa anggota KP-2 sewaktu masih aktif berperan langsung dalam penanganan, pengelolaan dan permasalahan yang timbul atas manfaat pensiun dan layanan kesehatan pensiunan Pertamina.

Dalam kajian terkait dengan manfaat pensiun dan layanan kesehatan yang dilakukan oleh KP-2 telah merilis sebuah buku kajian, dengan harapan agar dapat menjadi pertimbangan dan masukan sekaligus dapat menggugah hati nurani para pengambil keputusan yang pada gilirannya nanti dapat memutuskan suatu kebijakan untuk memperbaiki manfaat pensiun dan layanan kesehatan para pensiunan Pertamina.

Buku kajian tersebut juga merupakan misi dan perjuangan serta bakti dan peduli  KP-2 dan kiranya dapat digunakan sebagai kontribusi KP-2 atas besaran manfaat pensiun dan layanan kesehatan, berkenaan dengan rencana Kementerian BUMN untuk menggabungkan pengelolaan dana pensiun BUMN.

Lainnya

Sudah Memasuki Masa Pensiun? Yuk, Simak Syarat dan Prosedur Permohonan Pensiun PNS !

BY PUTRI

Mengenal Makna Halal Bihalal : Tradisi Silaturahmi Masyarakat Indonesia

BY PUTRI

Inilah Persyaratan Klaim Uang Duka Wafat Bagi Penerima Pensiunan PNS

BY PUTRI