whatsapp

KESEHATAN

Lakukan 5 Hal Ini Secara Rutin Untuk Mencegah Serangan Jantung

BY PUTRI / 19 Jul 2022

Lakukan 5 Hal Ini Secara Rutin Untuk Mencegah Serangan Jantung

Jantung adalah organ penting yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Itulah sebabnya, menjaga kesehatan jantung itu sangatlah penting. Jantung berisi empat bagian utama yang terbuat dari otot dan digerakkan oleh impuls listrik. Otak dan sistem saraf adalah elemen membuat jantung berfungsi dengan normal.

Penyakit jantung adalah suatu kondisi yang memengaruhi jantung sehingga tidak berfungsi dengan normal. Istilah penyakit jantung juga kerap dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular. Penyakit ini umumnya mengacu pada kondisi yang melibatkan penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri dada (angina), atau stroke.

Umumnya, penyakit jantung perlu mendapatkan pemeriksaan segera agar dapat dilakukan penanganan guna mencegah terjadinya sesuatu yang membahayakan. Sebab, kondisi yang memengaruhi jantung dapat menyebabkan masalah yang besar dan bahkan kematian. Berdasarkan data WHO tahun 2015, penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) menyebabkan 17,7 juta kematian di dunia. Meskipun begitu, kabar baiknya ada banyak cara yang bisa Anda dan keluarga lakukan untuk mencegah penyakit jantung.

Lantas, apa saja tindakan pencegahan penyakit jantung yang perlu Anda ketahui? Supaya upaya lebih jelas, mari bahas satu per satu cara mencegah penyakit jantung dengan menerapkan gaya hidup sehat berikut ini.

  1. Berhenti dan menghindari paparan asap rokok

Jika Anda seorang perokok, berusahalah untuk berhenti merokok dan menjauhi asap rokok mulai saat ini sebagai cara untuk menghindari penyakit jantung. Asap rokok mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia, yang lama kelamaan dapat merusak jantung dan pembuluh darah Anda. Bahkan jika Anda telah berhenti bertahun-tahun yang lalu, kesehatan jantung Anda masih berisiko. Hal ini bergantung pada seberapa sering merokok dan berapa lama Anda berhenti.

Kabar buruknya, bukan hanya perokok aktif saja yang berisiko menurunkan kesehatan jantung. Bagi perokok pasif atau orang yang kerap terkena paparan asap rokok orang lain juga dapat meningkatkan peluang Anda terkena penyakit kardiovaskular sebesar 25 hingga 30 persen, menurut penelitian dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

  1. Mengonsumsi makanan sehat

Pola makan sehat adalah salah satu kunci untuk menjaga kondisi jantung tetap optimal. Apa yang Anda konsumsi dapat mempengaruhi faktor risiko terkontrol seperti kolesterol, tekanan darah, diabetes, dan kelebihan berat badan. Pilihlah makanan kaya nutrisi yang mengandung vitamin, mineral, serat, dan rendah kalori. Cara ini membantu Anda juga untuk menjaga berat badan tetap ideal. Berat badan yang sehat dapat menjadi salah satu faktor penting untuk mengurangi risiko serangan jantung. Sebaliknya, obesitas akan menempatkan Anda pada risiko kolesterol dan tekanan darah tinggi yang membuat rentan serangan jantung.

Berikut ini aturan makan untuk mencegah penyakit jantung atau menghindari kekambuhannya:

  • Batasi asupan garam, gula, karbohidrat olahan, alkohol, lemak jenuh (ditemukan dalam daging merah dan produk susu penuh lemak) dan lemak trans (ditemukan dalam makanan cepat saji yang digoreng, keripik, makanan yang dipanggang)
  • Kurangi seafood karena memiliki kandungan kolesterol tinggi yang dapat membahayakan jantung.
  • Sebaiknya makanan diolah dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang. Jika ingin menggoreng, Anda bisa menggunakan minyak zaitun karena memiliki kandungan lemak yang sedikit.
  • Konsumsi produk makanan rendah lemak atau tanpa lemak seperti susu, keju, mentega atau makanan lain yang rendah lemak.
  • Perbanyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran segar.
  • Hindari makanan dengan kandungan gula tinggi seperti soft drink.
  • Jangan terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, karena dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi lemak. Sebaiknya, konsumsi gandum yang dapat membantu menjaga jantung tetap sehat.
  • Konsumsi kacang atau kacang polong lainnya dan biji-bijian utuh.

 

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia. Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya penyakit jantung. Melansir dari Business Insider, orang dewasa yang tidur kurang dari 7 jam dalam semalam lebih rentan mengalami penyakit terkait jantung seperti serangan jantung dan stroke. Sebuah penelitian yang terbit dalam Journal of the American College of Cardiology tahun 2019 menemukan oranh yang tidur kurang dari 6 jam semalam memiliki risiko serangan jantung yang meningkat hingga 20 persen. Meski begitu, tidur berlebihan juga tidak dianjurkan. Dalam penelitian yang sama menemukan orang dengan kebiasaan tidur lebih dari 9 jam semalam mengalami peningkatan risiko serangan jantung hingga 34 persen.

  1. Menghindari stres

Meskipun sulit, Anda sebaiknya menghindari stres untuk menjaga tubuh tetap sehat. Saat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon kortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku.  Apalagi, jika Anda termasuk orang yang mengatasi stres dengan cara yang tidak sehat seperti makan berlebihan, minum atau merokok.

Temukan cara alternatif untuk mengelola stres seperti aktivitas fisik, latihan relaksasi, atau meditasi, dan berlibur untuk menjaga jantung tetap sehat. Namun tentunya harus memperhatikan juga beberapa hal agar liburan tersebut dapat benar-benar memberi manfaat untuk untuk kesehatan jantung.

  1. Olahraga secara teratur

Berolahraga memiliki manfaat yang baik tubuh dan mencegah berbagai jenis penyakit. Selain lebih sehat dan bugar, olahraga juga dapat menjaga berat badan tetap ideal karena dapat membakar lemak dalam tubuh.

Bila sudah mendapat terapi untuk jantung maka Anda bisa memilih olahraga seperti senam, jalan cepat, bersepeda, dan berenang. Buat jadwal olahraga dan turuti secara disiplin.  Minimal 30 menit sampai satu jam sehari. Lebih baik sedikit-sedikit tapi rutin, bukan langsung olahraga berat namun tidak rutin.

Lainnya

Bisa Menjaga Kesehatan Tulang, Inilah Beberapa Manfaat Bayam Bagi Lansia

BY PUTRI

8 Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Lansia

BY PUTRI

Resmi Nyatakan Pensiun, Inilah Perjalanan Karir Greysia Polii di Dunia Bulutangkis

BY PUTRI