whatsapp

WIRAUSAHA

Laundry, Usaha yang Menjanjikan untuk Pensiunan

BY PUTRI / 24 Jun 2022

Laundry, Usaha yang Menjanjikan untuk Pensiunan

Masa pensiun tak selalu indah untuk setiap orang. Penghasilan yang tak sebesar sewaktu usia produktif harus dihadapi oleh para pensiunan. Ditambah lagi, kesempatan berkarier menipis seiring bertambahnya usia. Namun, pasca pensiun masih bisa diisi dengan menjalankan bisnis tertentu. Salah satunya dengan membuka usaha laundry.

Usaha laundry saat ini telah menjamur di berbagai sudut wilayah, tidak hanya perkotaan saja. Tak heran, pasalnya jasa laundry telah menjadi kebutuhan hampir setiap orang yang tak sempat mencuci barangnya sendiri, entah itu karena kesibukan atau lain hal. Maka dari itu, usaha laundry adalah salah satu usaha yang berpotensi memberikan keuntungan yang besar. Apalagi jasa cuci pakaian ini juga dibandrol dengan harga yang murah mulai dari Rp5 ribu per kilonya. Hal itu membuat usaha tersebut cukup diminati.

Apa itu bisnis laundry?

Laundry memiliki arti tempat mencuci pakaian, atau pakaian yang sudah dicuci. Sementara kegiatan laundry adalah menggabungkan kegiatan mencuci dan tempat mencuci pada waktu dan lokasi yang sama. Sedangkan usaha laundry merupakan sebuah usaha di bidang jasa yang menawarkan cuci pakaian dan sejenisnya yang umum digunakan oleh konsumen. Pada umumnya usaha laundry kiloan ini membutuhkan banyak mesin cuci untuk mencuci pakaian yang masuk. Oleh karena itu, dibutuhkan modal laundry untuk membuka usaha ini.

Usaha laundry pertama kali terkenal di Amerika Serikat, lalu menyebar ke seluruh dunia. Awal mulanya adalah ketika banyak imigran China yang datang ke Amerika sebagai tenaga kerja industri pertanian. Hingga pada tahun 1850, seorang imigran China bernama Wah Lee membuka usaha jasa laundry tangan pertama di Amerika Serikat. Hal inilah yang menyebabkan banyak imigran China lainnya ikut membuka jasa yang sama. Usaha laundry tersebut terus berkembang sampai banyak industri yang memproduksi mesin cuci setelah listrik ditemukan. Bahkan hingga kini, usaha laundry terus berkembang dengan berbagai alat mesin cuci yang semakin canggih dan modern.

Kenali Kelemahan dan Kelebihan Usaha Laundry

Kelemahannya, usaha laundry merupakan salah satu jenis usaha yang sederhana, setiap orang bisa melakukannya, jadi tidak heran kalau persaingan usaha ini cukup ketat sehingga Anda perlu perang harga bahkan membuat pembeda dengan jenis usaha lainnya. Selain itu, bila usaha Anda masih terbilang usaha rumahan yang tidak memakai mesin cuci dengan pengering khusus, Anda juga perlu mengkhawatirkan dari segi cuaca.

Nah, di samping itu ada lagi nih yang perlu Anda pikirkan lagi. Anda perlu memperhitungkan dari segi ruang. Sebab, usaha laundry tentu membutuhkan ruang yang dapat menampung mesin cuci, pengering, area menjemur, papan setrika, bahkan area pengepakan. Namun jangan khawatir, di samping kelemahan tentu usaha laundry ini juga punya banyak kelebihan.

Kelebihan usaha laundry ini adalah dibutuhkan banyak orang, sehingga tidak heran kalau banyak dicari. Selain itu usaha ini juga tidak menuntut Anda untuk memiliki skill terlalu tinggi. Siapapun bisa mempelajarinya, asal Anda konsisten, tentu Anda bisa meraup keuntungan. Tidak hanya dua kelebihan itu saja, Anda juga bisa memulai usaha ini dari rumah sendiri lho. Bila Anda memiliki ruang kosong yang tidak terpakai,  Anda bisa menggunakannya tanpa harus menguras modal untuk biaya sewa bangunan. Praktis, kan?

Jenis Usaha Laundry

Ada beberapa toko yang menyediakan berbagai jasa laundry dalam berbagai jenis, misalnya laundry kiloan pakaian saja atau laundry sepatu saja.

  1. Laundry Kiloan

Bisnis laundry kiloan menawarkan jasa mencuci pakaian dalam jumlah yang banyak sekaligus. Paket laundry kiloan biasanya lebih murah dibandingkan satuan. Dengan sistem kiloan, pengusaha laundry bisa mencuci pakain pelanggan dalam satu mesin sehingga tidak bercampur dengan yang lain.

  1. Laundry Sepatu

Seperti namanya, laundry sepatu khusus menawarkan jasa cuci sepatu. Meski terkesan mudah, namun mencuci sepatu juga membutuhkan ketelitian yang tinggi. Prosesnya juga lebih rumit jika dibandingkan dengan pakaian.

  1. Laundry Hotel

Usaha laundry ini fokus pada keperluan hotel, meliputi sprei, selimut, handuk dan sebagainya. Membuka bisnis laundry ini cukup menantang, pasalnya untuk mendapat pelanggan, Anda harus bisa bekerja sama dengan sebuah hotel. Namun, dengan begini, keuntungan yang didapatkan lebih stabil.

  1. Laundry Konvensional

Laundry konvensional fokus menargetkan pelanggan yang ingin mencuci secara spesifik dan membutuhkan penanganan khusus. Misalnya cucian dry clean atau bed cover. Dikarenakan tekniknya lebih rumit, tak heran jika harga yang ditawarkan juga lebih mahal. Selain itu, modal yang dibutuhkan pun lebih besar.

  1. Laundry Ekspres

Laundry ekspres menawarkan kecepatan dalam pengerjaannya. Jenis laundry ini memiliki harga paling mahal, meski begitu, masih banyak orang yang menggunakan jasanya. Jika tertarik membuka laundry ekspress, Anda harus rela menguras waktu dan tenaga untuk mencuci dengan cepat.

Tips Memulai Bisnis Laundry untuk Pemula

Peluang bisnis laundry sangat besar potensinya di pasaran. Namun, Anda juga tidak bisa asal dalam menjalankannya. Ada beberapa cara memulai bisnis laundry untuk pemula yang bisa Anda terapkan agar meraup untung maksimal. Inilah 5 tips memulai usaha laundry untuk pemula.

Pahami Bisnis Laundry

Sebelum terjun, sepatutnya Anda memahami tentang seluk-beluk bisnis ini. Bagaimana cara kerjanya dan apa saja yang perlu disiapkan, harus Anda pelajari lebih awal agar tidak bingung ketika bisnis telah berjalan.

Memilih Lokasi yang Strategis

Salah satu kunci sukses dalam berbisnis adalah memilih lokasi yang strategis. Begitu pula dengan bisnis laundry, pilihlah tempat yang sekiranya mudah dijangkau dan dekat dengan pemukiman. Akan lebih baik jika berdekatan dengan daerah kost atau asrama.

Menyiapkan Modal Sejak Awal

Jika Anda telah berencana membuka bisnis ini, maka persiapkan modal dengan matang sejak awal. Usahakan segala perlengkapan yang dibutuhkan sudah siap ketika laundry telah dibuka.

Perhatikan Kompetitor

Dalam hal ini, Anda perlu melihat berapa sekiranya harga yang ditawarkan oleh kompetitor di sekitar Anda. Lebih baik untuk menghindari harga jauh diatasnya, hal ini bisa membuat Anda kehilangan konsumen. Namun, tidak baik juga jika terlalu membanting. Sesuaikan saja dengan kualitas yang Anda berikan pada konsumen.

Beri Pelayanan yang Terbaik

Setelah mendapat konsumen, tugas selanjutnya adalah membuat konsumen tersebut menjadi pelanggan. Berikan pelayanan yang memuaskan agar para konsumen mau kembali lagi dan menjadi pelanggan tetap.

Inilah penjelasan mengenai kelebihan, kelemahan, jenis usaha laundry dan cara memulai bisnis laundry dengan sukses. Meskipun terkesan sederhana, usaha ini membutuhkan strategi yang matang. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keuntungan secara maksimal. Selamat mencoba!

Lainnya

Tips Hidup Sehat Di Masa Pensiun

BY ANDERSON SEBASTIAN

5 Cara Menabung untuk Mempersiapkan Dana Pensiun

BY ANDERSON SEBASTIAN

Mau Untung? Yuk, Coba Bisnis Lilin Aromaterapi!

BY PUTRI