whatsapp

KESEHATAN

Luar Biasa ! Inilah Manfaat Buah Apel untuk Pensiunan

BY PUTRI / 14 Jun 2022

Luar Biasa ! Inilah Manfaat Buah Apel untuk Pensiunan

Mengonsumsi satu buah apel setiap hari dapat menjauhkan kita dari berbagai jenis penyakit seiring dengan bertambahnya usia, pernyataan ini sungguhlah benar. Buah apel dikenal karena manfaat rendah lemak dan vitaminnya.

Majalah Self menyatakan bahwa apel sangat rendah lemak jenuh, kolesterol dan natrium, menjadikannya pilihan yang cocok untuk ngemil. Selain itu, buah ini dianggap sebagai sumber vitamin C yang baik, yang telah terbukti melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular dan mata. Nutrisi juga bisa mencegah beberapa kerutan yang datang seiring bertambahnya usia. "Apel telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi risiko stroke, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, obesitas, dan beberapa jenis kanker," kata Jessica Levinson, RDN, ahli nutrisi di Westchester, New York.

Di artikel ini, kita akan membahas tentang fakta menakjubkan dan manfaat buah apel untuk kesehatan, terutama untuk para lansia. Yuk mari kita mulai dengan beberapa fakta menakjubkan tentang buah ini!

Menjaga Tekanan Darah Stabil

Source : TribunNews

Menurut laporan Harvard Health- “Ada data yang menunjukkan bahwa serat larut dalam apel dapat membantu mencegah kolesterol menumpuk di dinding arteri. Apel mengandung jumlah potasium yang baik, yang dapat bermanfaat bagi mereka yang memperhatikan tekanan darah mereka”.

Apel mengandung berbagai antioksidan, termasuk kuersetin, katekin, phloridzin dan juga asam klorogenat

Studi menyimpulkan bahwa quercetin memiliki efek neuroprotektif, mungkin karena mencegah pembentukan spesies reaktif. Tampaknya membantu neuron bertahan dan terus berfungsi. Oleh karena itu dapat membantu mencegah hilangnya neuron terkait usia. Suplemen quercetin dosis tinggi dapat membantu melindungi sel dari jenis kerusakan yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

Menurunkan risiko stroke

Source : Halodoc

Apel mengandung banyak nutrisi yang dapat menurunkan risiko stroke. Orang yang mengonsumsi serat paling banyak tampaknya memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular dan jantung koroner, serta stroke. Apel mengandung sejumlah besar nutrisi yang dapat menurunkan risiko stroke. Sebuah apel berukuran sedang dengan diameter sekitar 3 inci dan berat 182 gram (g) menyediakan 4,37 serat. Itu sekitar 15-20% dari kebutuhan harian orang dewasa, tergantung pada usia dan jenis kelamin mereka.

Menurunkan Risiko Diabetes

Source : Inilah.com

Pada tahun 2013, sebuah penelitian di AS menemukan bahwa orang yang mengganti tiga porsi jus buah per minggu dengan jumlah buah utuh yang sama, termasuk apel, memiliki risiko 7% lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak makan buah.

Bagi orang yang mengonsumsi serat paling banyak memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Orang yang sudah menderita diabetes dan mengikuti diet tinggi serat mungkin juga memiliki kadar gula darah yang lebih rendah. Faktanya, kebanyakan penderita diabetes disarankan untuk makan apel untuk memuaskan keinginan mereka yang manis plus menambah nutrisi.

Mengendalikan Berat Badan

Source : NDTV

Senyawa bioaktif yang terdapat pada apel mempromosikan bakteri usus yang sehat. Ini berarti sistem pencernaan menyukai apel dan dapat membantu mencegah dan mengendalikan obesitas. Serat juga dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama, membuat mereka cenderung tidak makan berlebihan.

Menjaga Kesehatan Tulang dengan Baik

Source : Chris Kesser

Makan apel dikaitkan dengan kepadatan tulang yang lebih tinggi, dan itulah mengapa apel dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tulang. Para peneliti percaya bahwa antioksidan dan juga senyawa anti-inflamasi dalam buah dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang dan kepadatannya. Studi juga membuktikan bahwa apel, khususnya, dapat meningkatkan kesehatan tulang dan membuatnya lebih sehat untuk waktu yang lebih lama, sangat menguntungkan orang tua. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, wanita yang makan lengkap termasuk apel segar atau apel yang dikupas memiliki kesehatan tulang yang lebih baik, dibandingkan mereka yang makan apel jauh lebih sedikit.

Mencegah Kanker

Source : The Times

Apel merupakan sumber antioksidan yang baik. Mengkonsumsi makanan kaya antioksidan dapat membantu mencegah stres oksidatif yang menyebabkan kerusakan sel dan dapat menyebabkan perkembangan kanker tertentu. Apel dapat membantu menurunkan risiko kanker paru-paru, payudara, dan kanker kolorektal di antara jenis lainnya. Serat juga dapat membantu mengurangi risiko kanker usus besar.

Membantu Melawan Asma

Source : Cleveland Clinic

Apel kaya antioksidan mungkin hanya dapat membantu melindungi paru-paru spons lembut kita dari kerusakan oksidatif. Kulit apel mengandung quercetin flavonoid, yang dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan menyembuhkan peradangan. Dengan ini, asma dan reaksi alergi juga terkait dengannya.

Makanlah apel dengan kulitnya karena kulitnya kaya dengan nutrisi, kulit apel mengandung nutrisi yang bermanfaat seperti serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Mengupas apel akan menurunkan serat dan kandungan nutrisi keseluruhan buah. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa meskipun daging dan kulitnya sangat bergizi, kulitnya mengandung antioksidan flavonoid tertentu yang tidak dimiliki dagingnya

Selain itu, satu penelitian menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan dan sifat melawan kanker secara signifikan lebih tinggi pada kulit apel daripada dagingnya, terlepas dari jenis apelnya. Ada berbagai macam apel untuk dipilih. Coba setiap jenis.  Tambahkan ke salad, gunakan saus apel untuk mempermanis hidangan, bukan gula. Gunakan dalam chutney, keringkan, goreng, tambahkan ke smoothie dan jus. Namun perlu diketahui makan apel jauh lebih bergizi, karena manfaat kaya serat yang dikandungnya, dibandingkan meminum jusnya. Meskipun jika ada satu jus yang bisa Anda minum setiap hari — ABC (apel + bit + wortel) jus ini bagus untuk kesehatan asalkan disetujui oleh dokter Anda!

Apel mungkin tidak menjauhkan Anda dari dokter, tetapi apel adalah salah satu taruhan terbaik untuk kesehatan fungsi sistem Anda.

Lainnya

Gaji Ke-13 untuk PNS dan Pensiunan Siap Dicairkan Bulan Juli Mendatang

BY PUTRI

Membakar Kalori Dengan Gerakan Duduk-Berdiri

BY PUTRI

Jangan Lakukan Hal ini Jika ingin Tenang di Masa Pensiun

BY ANDERSON SEBASTIAN