whatsapp

OLAHRAGA

Manfaat Olahraga Jogging Bagi Pensiunan

BY PUTRI / 06 Jul 2022

Manfaat Olahraga Jogging Bagi Pensiunan

Usia tak seharusnya menjadi penghalang bagi seseorang untuk tetap berolahraga. Faktanya, berolahraga ketika berusia di atas 50 tahun justru dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya dengan melakukan olahraga jogging.

Jogging menjadi salah satu olahraga yang banyak digemari dan tidak membutuhkan banyak biaya. Selain mudah dilakukan, jogging bisa dilakukan tanpa adanya batas waktu. Ada yang melakukan jogging pada pagi hari, siang, sore, atau malam hari. Kebanyakan orang memilih jogging saat pagi saat cuaca belum terlalu panas. Buat Anda yang ingin menjajal olahraga ini, berikut beberapa manfaat jogging untuk tubuh:

  1. Meningkatkan Imun Tubuh

Penelitian telah menunjukkan bahwa mempertahankan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu mencegah banyak penyakit umum, seperti penyakit jantung dan diabetes. Olahraga meningkatkan fungsi kekebalan secara keseluruhan, yang penting bagi manula karena sistem kekebalan mereka sering terganggu. Bahkan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, dapat menjadi alat yang ampuh untuk manajemen penyakit yang dapat dicegah.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Manfaat kesehatan mental dari olahraga hampir tidak ada habisnya. Olahraga menghasilkan endorfin (hormon "merasa baik"), yang bertindak sebagai pereda stres dan membuat Anda merasa bahagia dan puas. Selain itu, olahraga telah dikaitkan dengan peningkatan kualitas tidur, yang sangat penting bagi orang dewasa yang lebih tua yang sering menderita insomnia dan pola tidur yang terganggu.

  1. Menjaga Kondisi Tulang

Ketika tidak berolahraga, banyak risiko yang muncul pada tubuh, salah satunya adalah pengeroposan tulang. Sebagai informasi pengeroposan pada tulang ini tidak hanya terjadi pada lansia ya, Anda yang berusia muda pun juga punya risiko yang sama. Penuaan memang tidak bisa dicegah, tetapi kita bisa menua sehat dengan menjaga kondisi otot dan tulang tetap kuat dengan melakukan jogging di pagi hari.

  1. Membuat Tulang Belakang Lebih Fleksibel

Jogging dapat membuat tulang belakang Anda fleksibel seiring bertambahnya usia. Di antara tulang belakang di punggung Anda, cakram kecil yang fleksibel dapat menjadi seperti bantalan pelindung. Cakram sebenarnya adalah kantung berisi cairan. Mereka dapat menyusut dan aus seiring bertambahnya usia, terutama jika Anda menjalani kehidupan yang relatif tidak banyak bergerak.

Duduk untuk waktu yang lama benar-benar dapat menambah tekanan pada cakram ini dari waktu ke waktu. Kabar baiknya ialah jogging atau lari dapat mempertahankan ukuran dan fleksibilitas cakram ini.

Satu studi dari 79 orang menemukan bahwa pelari biasa yang berlari dengan kecepatan 2 meter per detik (m/s) memiliki hidrasi cakram yang lebih baik dan kadar glikosaminoglikan (sejenis pelumas) yang lebih tinggi di cakram mereka. Semakin sehat dan semakin terhidrasi cakram tersebut, semakin fleksibel perasaan Anda pada saat menjalani aktifitas sehari-hari.

  1. Dapat menyelamatkan hidup Anda

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak, baik saat Anda bermain video game atau bekerja di meja kerja, dapat meningkatkan risiko kematian dini. Mungkin Anda tidak tahu bahwa jogging dengan kecepatan lambat hanya beberapa kali seminggu dapat membuat Anda hidup lebih lama.

Dalam Studi Jantung Kota Kopenhagen, peneliti mengikuti sekelompok pelari dari tahun 2001 hingga 2013. Kelompok yang memiliki catatan umur panjang terbaik adalah kelompok yang berlari dengan kecepatan "ringan" selama 1 hingga 2,4 jam, 2 hingga 3 hari per hari. pekan.

Studi ini menerima beberapa kritik, sebagian karena "ringan" tidak didefinisikan, dan apa yang dianggap "ringan" untuk seorang atlet bisa sangat menantang bagi orang lain. Temuan ini juga bertentangan dengan penelitian lain yang menunjukkan olahraga berat mungkin lebih baik untuk Anda.

Namun demikian, penelitian ini menegaskan apa yang sudah kita ketahui tentang  treadmill atau berlari: Anda tidak perlu berlari seperti Caster Semenya atau lari maraton seperti Yuki Kawauchi untuk merasakan manfaat latihan aerobik.

Banyak cara yang dilakukan agar jogging menjadi rutin. Ada yang jogging bersama teman, ada yang jogging sambil mendengarkan musik, ada yang jogging di running track pusat kebugaran/pusat olahraga permukiman. Apapun cara yang Anda lakukan tidak masalah, terpenting lakukan jogging secara teratur agar manfaatnya bisa Anda dapatkan dengan maksimal.

Lainnya

Kado untuk Orang tua yang Akan Pensiun, Biar Orang tua mempunyai Kegiatan.

BY ANDERSON SEBASTIAN

Peringatan Hari Bhayangkara ke-76 : Mengenal Makna Logo dan Sejarah Terbentuknya Polri di Indonesia

BY PUTRI

4 Hal Yang Perlu Di Siapkan Ketika Masa Pensiun!

BY ANDERSON SEBASTIAN