whatsapp

OLAHRAGA

Manfaat Olahraga Naik Turun Tangga, Efektif Membakar Banyak Kalori

BY PUTRI / 18 Aug 2022

Manfaat Olahraga Naik Turun Tangga, Efektif Membakar Banyak Kalori

Membiasakan diri naik-turun tangga ternyata memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya itu, naik-turun tangga juga bisa menjadi cara efektif untuk mengganti waktu olahraga yang terlewatkan.

Naik turun tangga bisa dianggap sebagai bagian dari olahraga. Dikutip dari Mayo Clinic, naik turun tangga adalah salah satu praktik aktivitas fisik harian yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Naik turun tangga selama 15 menit setidaknya dapat membakar 65 kalori tubuh.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan setiap orang untuk berolahraga minimal 150 menit dalam seminggu. Total waktu tersebut bisa dibagi menjadi beberapa sesi dalam seminggu, yaitu setidaknya 30 menit setiap hari.

Aktivitas ini bisa Anda lakukan di mana saja, termasuk di rumah maupun kantor. Selain itu, Anda juga bisa menambah beberapa variasi, misalnya meningkatkan kecepatan saat naik turun tangga atau membawa beban bisa membantu membakar kalori lebih banyak.

Nah, apa saja sih manfaat naik-turun tangga untuk kesehatan kita? Yuk, simak jawabannya di artikel berikut.

Manfaat Naik-Turun Tangga untuk Kesehatan

Berdasarkan beberapa hasil penelitian, orang yang rajin naik-turun tangga setiap hari dapat memperoleh beberapa manfaat berikut ini:

  1. Membakar banyak kalori

Salah satu manfaat naik turun tangga setiap hari adalah membakar banyak kalori. Kalori yang dibakar ketika naik turun tangga tentu dipengaruhi berbagai faktor, termasuk intensitasnya.Namun, naik turun tangga bisa tergolong aktivitas fisik intensitas berat dan mampu membakar kalori per menit lebih banyak dari jogging dengan kecepatan sedang.

Menurut StepJockey, perusahaan yang didanai oleh Departemen Kesehatan Inggris dan memiliki misi membuat semua orang naik turun tangga kapan pun dan di mana pun memungkinkan, mencatat bahwa naik turun tangga dapat membakar delapan hingga sembilan kalori lebih banyak daripada duduk dan sekitar tujuh kalo lebih banyak daripada naik lift.

Selain itu, kalori yang terbakar tak hanya ketika kita naik tangga, tetapi juga saat turun tangga. Diperkirakan, rata-rata individu dapat membakar setidaknya 0,1 kalori untuk setiap langkah yang dinaiki dan 0,05 kalori untuk setiap langkah turun. Terlihat kecil? Jangan lupa kalikan dengan jumlah anak tangga yang kita naiki dan turuni. Setiap naik 10 langkah kita membakar 1 kalori, sementara turun 20 langkah membakar 1 kalori. Ini menjadi kabar baik, terutama bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Sebab, aktivitas naik turun tangga yang sederhana ternyata bisa membantu kita menurunkan berat badan. Semakin banyak anak tangga yang kita naiki dan turuni, maka akan semakin banyak pula kalori yang dibakar.

  1. Menyehatkan Jantung

Manfaat naik turun tangga berikutnya adalah menyehatkan jantung. Ya, berbagai hasil studi menyebutkan bahwa aktivitas kardio ini bermanfaat untuk kesehatan jantung.  Hal tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, naik tangga dapat meningkatkan kesehatan fungsi organ jantung dan paru-paru sehingga aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh menjadi lancar.  Dengan demikian, orang yang sering naik turun tangga akan semakin sehat dan dapat terhindar dari risiko penyakit jantung dan hipertensi.

  1. Tingkatkan kolesterol baik

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Preventive Medicine pada tahun 2000, naik turun tangga dapat meningkatkan kolesterol baik dalam darah. Dalam tubuh memiliki kolesterol baik dan jahat yang berperan masing-masing. Selain dengan berolahraga, hindari makanan tinggi kolesterol untuk mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular.

  1. Mengurangi resiko penyakit stroke

Salah satu manfaat naik tangga yang tak disangka-sangka adalah dapat menurunkan risiko stroke.  Penelitian yang berkaitan dengan manfaat naik turun tangga satu ini dilakukan oleh para ahli dari Harvard Alumni Health Study.  Dalam penelitian yang melibatkan 11 ribu pria menunjukkan bahwa sebanyak 29% laki-laki mengalami penurunan risiko stroke jangka panjang setelah membiasakan diri naik tangga 3-5 kali dalam seminggu.

  1. Menguatkan otot

Manfaat naik turun tangga setiap hari lainnya adalah menguatkan otot. Ketika naik turun tangga, semua otot kita akan aktif. Tak hanya itu, otot perut dan punggung juga akan aktif, belum lagi jika kita menambahkan gerakan lengan. Semua itu membuat sistem muskuloskeletal menjadi lebih kuat dan sehat.

Selain itu, karena menggunakan otot rangka membantu meningkatkan metabolisme tubuh, kita juga bisa membakar lebih banyak kalori dalam jangka panjang. Sebab, massa otot tanpa lemak dan tonus otot akan meningkat.

Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan otot rangka juga punya efek yang luar biasa terhadap peningkatan gula darah, yang pada akhirnya juga bisa membantu kita mencegah dan mengelola diabetes.

Selain itu, meningkatkan kesehatan muskuloskeletal secara keseluruhan dapat membantu mengatasi nyeri artritis dengan lebih baik. Adapun artritis banyak dialami oleh orang-orang dengan obesitas.

Cara Mencegah Dehidrasi dan Memulihkan Energi Setelah Naik Tangga

Seperti halnya berolahraga, naik-turun tangga bisa membuat tubuh berkeringat. Saat berkeringat, kadar cairan di dalam tubuh berkurang, sehingga Anda merasa haus, lemas, dan bahkan merasakan sakit kepala. Gejala-gejala tersebut bisa saja menandakan tubuh mengalami dehidrasi.

Tak hanya melepas dahaga, minum air setelah naik tangga sangat baik untuk mencegah dehidrasi. Selain air putih, minuman isotonik atau ion water juga bisa menjadi pilihan yang efektif untuk mengganti cairan tubuh dan elektrolit yang hilang, sekaligus mengembalikan energi setelah naik-turun tangga.

Salah satu kandungan dalam minuman isotonik adalah ion atau elektrolit. Kandungan ini berfungsi untuk menggantikan elektrolit di dalam tubuh yang keluar dari keringat. Bila mengalami gangguan elektrolit, Anda dapat mengalami kram otot atau kesemutan.

Minuman isotonik juga ada yang mengandung karbohidrat untuk mengembalikan energi. Namun bagi Anda yang ingin mengurangi asupan kalori untuk menurunkan berat badan, ada produk ion water yang kandungan karbohidratnya rendah, sehingga kalorinya pun rendah.

Nah, sekarang sudah tahu, kan, manfaat sehat apa saja yang bisa Anda dapatkan dari kebiasaan naik-turun tangga? Jika memungkinkan, mulai sekarang cobalah untuk beralih menggunakan tangga daripada eskalator atau lift saat berada di kantor atau pusat perbelanjaan. Dengan membiasakan diri naik-turun tangga, Anda dapat hidup lebih sehat tanpa harus menyempatkan waktu dan mengeluarkan biaya lebih ke pusat kebugaran

Lainnya

Manfaat Berkebun Di Rumah Bagi Lansia

BY PUTRI

5 Kebiasaan Stoic Untuk Menghilangkan Prokrastinasi Dari Hidup Anda

BY PUTRI

Menjaga Gaya Hidup Sehat di Usia Tua

BY PUTRI