whatsapp

OLAHRAGA

Mau Badan Tetap Sehat dan Bugar ? Yuk Coba Senam Lansia !

BY PUTRI / 29 Jun 2022

Mau Badan Tetap Sehat dan Bugar ? Yuk Coba Senam Lansia !

Sudah merupakan hukum alam bahwa setiap manusia akan bertambah umur nya dan fungsi-fungsi tubuh akan berubah sesuai pertambahan umur.

Menurut peneliti dari British Journal of Sports Medicine pada tahun 2014, lansia yang aktif bergerak dan berolahraga terbukti lebih sehat dan memiliki risiko yang lebih kecil terhadap penyakit kronis.  Selain itu, lansia yang aktif bergerak juga lebih sedikit menderita gangguan kognitif, fungsi fisik, dan mentalnya juga masih terbilang baik ketimbang yang jarang olahraga. Untuk itu Lansia amat penting secara rutin melakukan senam lansia.

Apa itu senam lansia?

Senam lansia ialah olahraga ringan dan juga mudah dilakukan, tidak memberatkan yang diterapkan pada lansia. Aktifitas olahraga ini akan membantu tubuh agar tetap bugar dan tetap segar karena melatih tulang tetap kuat, memdorong jantung bekerja optimal dan membantu menghilangkan radikal bebas yang berkeliaran di dalam tubuh

Selain memiliki dampak positif terhadap peningkatan fungsi organ tubuh, senam lansia juga berpengaruh dalam meningkatkan imunitas tubuh setelah latihan teratur. Tingkat kebugaran dievaluasi dengan mengawasi kecepatan denyut nadi sewaktu istirahat. Jadi agar  lebih bugar, kecepatan denyut jantung/nadi sewaktu istirahat harus menurun. Dengan mengikuti senam lansia efek minimalnya ialah lansia merasa bahagia, senantiasa gembira, bisa tidur lebih nyenyak, dan pikiran tetap segar

Senam lansia adalah olahraga yang cocok bagi lansia karena gerakan di dalamnya menghindari gerakan loncat-loncat (low impact), melompat, kaki menyilang, maju mundur, menyentak-sentak namun masih dapat memacu kerja jantung-paru dengan intensitas ringan-sedang, bersifat menyeluruh dengan gerakan yang melibatkan sebagian besar otot tubuh, serasi sesuai gerak sehari-hari dan mengandung gerakan-gerakan melawan beban badan dengan pemberian beban antara bagian kanan dan kiri tubuh secara seimbang dan berimbang. Gerakan dalam SBL mengandung gerakan-gerakan yang diharapkan dapat meningkatkan komponen kebugaran kardio-respirasi, kekuatan dan ketahanan otot, kelenturan dan komposisi badan yang seimbang.

Ragam Gerakan Senam Lansia

Idealnya, senam lansia dilakukan secara berkelompok dengan panduan dari seorang instruktur senam. Namun Anda juga bisa melakukannya sendirian. Berikut ini beberapa gerakan senam lansia yang bisa Anda lakukan di rumah.

  1. Peregangan Leher

Gerakan peregangan leher sangat bagus untuk membantu meregangkan otot dan menjaga kelenturan persendian di bagian leher. Peregangan leher tidak sulit dilakukan. Beberapa gerakan yang bisa dilakukan untuk meregangkan leher diantaranya adalah menoleh ke kiri dan ke kanan, menundukkan dan menengadah serta memiringkan kepala ke kiri dan ke kanan.

  1. Gerakan Mengangkat Lengan

Gerakan ini dapat meningkatkan kekuatan lengan dan bahu. Untuk melakukannya, Anda bisa mengambil posisi duduk atau berdiri, tarik nafas, kemudian angkat kedua lengan sambil menghembuskan nafas. Saat kedua lengan berada di atas, tahan selama 1 detik. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali.

Agar mendapatkan otot yang lebih kuat, Anda bisa mempraktikkan gerakan ini sambil menggenggam barbel ringan atau barang lainnya. Selain itu, cara serupa juga bisa Anda lakukan dengan menggerakkan lengan lurus ke depan atau merentangkannya ke samping.

  1. Peregangan Pinggang

Untuk melakukan peregangan pinggang, Anda bisa memiringkan badan ke samping kanan dan menahannya selama dua detik. Lakukan gerakan yang sama ke arah samping kiri. Selain gerakan tersebut, Anda juga bisa meregangkan pinggang dengan memutar pinggang ke arah kiri dan menahannya selama 5 detik. Lakukan gerakan yang sama ke arah sebaliknya.

  1. Berdiri dengan Satu Kaki

Gerakan ini dapat dilakukan dengan mengangkat salah satu kaki dan menahan posisi tersebut selama 10 detik. Anda bisa berpegangan pada kursi atau meja agar tidak jatuh. Lakukan gerakan ini secara bergantian dan ulangi sebanyak 10-15 kali. Meski sederhana, gerakan berdiri dengan satu kaki bagus untuk melatih keseimbangan.

  1. Jinjit

Untuk melakukan gerakan jinjit, Anda bisa berpegangan pada meja atau kursi. Tarik nafas kemudian hembuskan sambil mengangkat tumit setinggi mungkin dan tahan posisi berjinjit selama satu detik. Setelah itu, tarik nafas sambil menurunkan tumit. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali.

Rutin melakukan aktivitas fisik seperti senam lansia dapat membantu menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima. Tubuh sehat tidak akan mudah terserang penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Tulang dan sendi juga terjaga kekuatannya.

Lainnya

Begini Cara Klaim Dana Jaminan Hari Tua

BY PUTRI

Pelvic Tilts : Gerakan Sederhana Dengan Manfaat Penting

BY PUTRI

Gaji Ke-13 untuk PNS dan Pensiunan Siap Dicairkan Bulan Juli Mendatang

BY PUTRI