whatsapp

WIRAUSAHA

Mau Untung? Yuk, Coba Bisnis Lilin Aromaterapi!

BY PUTRI / 25 Jul 2022

Mau Untung? Yuk, Coba Bisnis Lilin Aromaterapi!

Masa pensiun identik dengan kegiatan yang lebih santai dan juga banyak waktu luang. Mengingat karena rutinitas harian di kantor sudah tidak dilakukan lagi. Tidak bisa dipungkiri, masa pensiun menjadi momok bagi sebagian para PNS atau pekerja. Hal tersebut disebabkan karena kekhawatiran terhadap kondisi keuangan yang sudah tidak lagi memadai. Meski PNS punya gaji pensiun, berbagai keperluan tentunya harus dipenuhi dengan baik. Karena sudah tidak lagi memiliki tunjangan kerja dan hanya mengandalkan gaji pensiunan atau bahkan sudah tidak memiliki gaji tetap setelah masa pensiun, maka menjalankan bisnis menjadi pilihan yang tepat.

Bisnis lilin aromaterapi yang saat ini sedang menjadi tren bisa menjadi pilihan bisnis Anda. Pasalnya, lilin aroma terapi ini diminati karena perannya yang mampu mengendalikan stress, membuat relaks, hingga bisa membantu bagi yang memiliki masalah sulit tidur.

Bentuk wewangian tersebut perlahan – lahan mulai beragam seperti palm wax, soy wax, peppermint candle wax, lavender candle wax, dan lain sebagainya. Untuk palm wax merupakan lilin aromaterapi dengan aroma tidak menyengat, tetapi lembut dengan bahan utama pembuatnya adalah minyak kelapa sawit. Lalu soy wax merupakan lilin yang terbuat 100% dari kedelai. Sedangkan peppermint candle wax adalah lilin aroma terapi dengan wangi yang segar dan menenangkan.

Dengan melihat pasar baru dari produk aroma terapi ini, peluang untuk menciptakan bisnis lilin aroma terapi terbilang cukup menjanjikan. Selain dapat digunakan secara pribadi oleh para konsumen, produk ini juga dapat dijadikan sebagai kado atau souvenir untuk berbagai acara.

Yuk, simak tips sukses memulai usaha lilin aroma terapi dibawah ini ya!

Buatlah Perencanaan

Untuk memulai, Anda harus menyusun rencana bisnis. Anda harus mulai dengan memilih nama bisnis atau nama dagang yang mudah diingat dan dikenali pelanggan. Rencana bisnis juga harus mencakup audiens target Anda, strategi untuk mencapai ceruk dan ide yang umum untuk pemasaran.

Jenis produk adalah bagian selanjutnya dari rencana bisnis. Anda harus memutuskan ukuran lilin Anda, jenis lilin apa dan berapa banyak aroma berbeda yang ingin Anda hasilkan. Hal tersebut akan menentukan alur kerja dan harga yang akan Anda tawarkan.

Pahami Produk

Jika ingin membangun suatu usaha, tentunya Anda harus memahami produk yang akan dijual. Sama halnya jika ingin punya bisnis lilin aromaterapi. Lilin aromaterapi sendiri memiliki karakteristik yang berbeda dengan lilin biasa. Anda perlu memahami lebih detail manfaat dan penggunaan lilin ini. Anda bisa melakukan studi literatur dari berbagai sumber entah itu melalui buku dan artikel atau pengalaman langsung orang untuk memahami produknya.

Pelajari  Produksi

Tidak hanya memahami produk, Anda pun perlu mempelajari cara produksinya. Pasalnya, cara memproduksi lilin aromaterapi juga berbeda dengan lilin biasa. Anda juga harus mempelajarinya baik melalui artikel maupun berguru pada ahlinya secara langsung. Untuk ini, Anda pun butuh praktik berulang-ulang untuk mendapatkan formula lilin aromaterapi yang pas.

Utamakan Kualitas

Usaha yang baik adalah usaha yang memiliki produk berkualitas. Untuk itu, mengedepankan kualitas menjadi sangat penting. Untuk itu, suplai bahan baku yang berkualitas untuk menghasilkan produk yang juga berkualitas. Jadikan kualitas produk menjadi salah satu kelebihan kenapa orang harus memilih produk Anda bila dibandingkan produk pelaku usaha lain.

Buatlah bentuk yang unik

Keunggulan yang ditonjolkan tidak hanya kualitas saja. Anda juga bisa menonjolkan keunggulan lain melalui bentuk yang unik. Buatlah bentuk-bentuk lilin aromaterapi yang unik di mana belum ditemukan di pasaran. Jadikan ini sebagai salah satu inovasi sehingga lilin aromaterapi produksi Anda memiliki unsur kebaruan.

Hitung harga jual Anda

Menghitung biaya yang diantisipasi sejak dini akan menjadi penting dalam menentukan harga. Pertimbangkanlah dengan rencana pemasaran Anda seperti iklan, ataupun untuk biaya produksi dan pengiriman dan lain-lainnya. Pastikan pemasukan Anda lebih tinggi dibandingkan dengan pengeluaran Anda, dan dana tersebut dapat digunakan untuk menjaga kelangsungan bisnis hingga pengembangan bisnis

Pasarkan Bisnis Lilin Anda

Memulai dengan pemasaran gratis atau berbiaya rendah adalah cara terbaik untuk memulai. Hal ini baik terutama jika bisnis ini menjadi bisnis sampingan Anda. Anda dapat memasarkan lewat berbagai platform atau dari group Facebook yakni dari wewangian lainnya. Anda juga dapat menawarkan pertukaran barter kepada influencer untuk memposting tentang lilin Anda. Selain itu, Anda juga dapat bergabung dengan beberapa kelompok pengusaha lokal untuk berjejaring dan mendapatkan saran dari para profesional yang lebih berpengalaman. Anda mungkin dapat membuat koneksi dan menemukan jalan baru untuk memasarkan bisnis lilin Anda.

Lainnya

Insomnia Pada Lansia? Begini cara mengatasi nya

BY ANDERSON SEBASTIAN

5 Latihan Keseimbangan Untuk Lansia yang Dapat Anda Lakukan Di Rumah

BY PUTRI

Olahraga Wall Push Up dan Manfaatnya Bagi Lansia

BY PUTRI