whatsapp

BERITA

Memanfaatkan Pekarangan Rumah Menjadi Lahan Pangan yang Produktif

BY PUTRI / 28 Sep 2022

Memanfaatkan Pekarangan Rumah Menjadi Lahan Pangan yang Produktif

Pekarangan adalah sebidang tanah yang ada di sekitar rumah tinggal tampak bagian depan, belakang, maupun samping dan jelas batas-batasnya, karena letaknya disekitar rumah maka pekarangan mudah untuk dimanfaatkan oleh seluruh anggota keluarga dengan memanfaatkan waktu yang tersedia.

Pemanfaatan pekarangan adalah pekarangan yang dikelola secara terpadu dengan berbagai jenis tanaman, ternak dan ikan sehingga akan menjamin ketersediaan bahan pangan yang beranekaragam secara terus menerus guna pemenuhan gizi keluarga.

Pemanfaatan lahan pekarangan rumah dapat menjadi bagian penting dalam mendukung ketahanan pangan. Hal ini dikarenakan kebutuhan pangan keluarga secara kuantitas dan kualitas  bisa terpenuhi dengan baik. Stok pangan yang bergizi dan aman secara berkala bisa dipenuhi dari kebun/ pekarangan rumah.

Pemanfaatan lahan pekarangan bisa dilakukan sesuai keinginan/selera kita. Tanaman yang cocok untuk ditanam di lahan pekarangan rumah adalah jenis tanaman hortikultura. Mulai dari sayuran, buah-buahan, dan obat-obatan. Tanaman bisa ditanam secara langsung atau bisa juga dengan menggunakan media polybag.

Yuk, manfaatkan pekarangan rumah jadi lahan pangan! Simak tips dan triknya dari Kredit Pensiun di bawah ini.

  1. Pengolahan tanah

Lahan perlu dibersihkan dari barang tidak terpakai atau tanaman liar. Upayakan membersihkan lahan tidak menggunakan bahan kimia seperti racun pembersih rumput karena residu berbahan kimia akan memengaruhi kualitas tanah. Penggemburan tanah juga perlu dilakukan.

Usahakan dalam proses pemupukan tanaman menggunakan pupuk organik saja. Tujuannya agar kesehatan keluarga lebih terjamin. Tanaman organik pada kondisi sekarang lebih dicari masyarakat yang peduli dengan kesehatan.

  1. Menentukan jenis tanaman

Pilih tanaman yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan keluarga seperti keperluan dapur. Tanaman rempah-rempah yang dapat Anda tanam di antaranya jahe, kunyit, bawang merah dan putih, cabai, tomat dan lain-lainnya.

Anda juga bisa memilih jenis sayuran yang umur panennya lebih cepat seperti sawi pakcoy, bayam, kangkung, dan lainnya. Dan lengkapi dengan sumber vitamin dan gizi keluarga seperti menanam pepaya, melon, semangka, jeruk, dan diselingi ternak ayam ataupun jenis ikan-ikan.

  1. Memperhatikan tata letak tanam

Semua tanaman membutuhkan sumber matahari untuk berfotosintesis, jadi Anda perlu memperhatikan tata letak tanaman. Jenis tanaman yang berukuran kecil seperti sayur-sayuran dan rempah-rempah ditanam dari bagian timur dan jenis tanaman yang berukuran besar ditanam sebelah barat. Tujuannya agar jenis tanaman besar tidak menaungi tanaman yang kecil.

Lainnya

Inilah Beberapa Tips buat Kamu yang Sedang Frustasi Mencari Pekerjaan

BY PUTRI

Minggu Ini Vaksin Covid-19 bagi Lansia Siap Dilakukan, Apa Saja Hal yang Perlu Diperhatikan?

BY MATHIAS

Lakukan 5 Hal Ini Secara Rutin Untuk Mencegah Serangan Jantung

BY PUTRI