whatsapp

OLAHRAGA

Mempertajam Fokus Hingga Meningkatkan Stamina, Inilah Manfaat Gerakan Wall Sit Bagi Tubuh

BY PUTRI / 11 Aug 2022

Mempertajam Fokus Hingga Meningkatkan Stamina, Inilah  Manfaat Gerakan Wall Sit Bagi Tubuh

Jika Anda ingin melakukan olahraga sederhana dan mudah yang mampu memberikan banyak manfaat bagi tubuh, maka wall sit bisa jadi salah satu pilihannya. Olahraga ini tak jauh berbeda dengan squat, di mana tujuan gerakan wall sit adalah untuk melatih otot perut, bokong, paha, hingga betis.

Wall Sit merupakan latihan yang sering diabaikan karena caranya yang sangat sederhana. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa banyak orang yang masih salah melakukan Wall Sit walau latihan ini terlihat sederhana?

Kebanyakan orang dalam hal latihan lebih memilih latihan yang kompleks seperti squat dan deadlift sebagai latihan kaki yang biasa dilakukan karena merasa bahwa semakin kompleks suatu latihan maka akan semakin bagus juga manfaatnya.

Namun, diantara semua latihan kompleks yang ada, Wall Sit memiliki beberapa manfaat yang tidak dapat diberikan oleh latihan kaki pada umumnya. Untuk lebih jelasnya lagi, simak terus penjelasan mengenai Wall Sit dan bagaimana cara melakukannya berikut ini.

Apa itu wall sit?

Wall sit adalah suatu latihan yang dilakukan dengan cara menyandarkan punggung Anda ke sebuah tembok sambil menekuk lutut seakan-akan sedang duduk, lalu menahannya selama beberapa saat. Bisa dibilang, gerakan yang juga disebut sebagai wall squat ini umumnya ditujukan untuk membentuk kekuatan isometrik.

Wall Sit merupakan latihan yang lebih mengutamakan seberapa lama Anda berhasil menahan posisi Anda dibandingkan dengan berapa kali Anda mengulang gerakan tersebut. Wall Sit adalah olahraga yang sangat efektif untuk membakar kalori dan menguatkan otot-otot paha.

Dilansir dari Very Well Fit, wall sit adalah gerakan olahraga yang sering dilakukan untuk membentuk kekuatan isometrik (latihan otot yang dilakukan dengan statis) dan ketahanan pada bagian otot paha depan, bokong, serta betis.

Manfaat Wall Sit

Salah satu kelebihan olahraga wall sit adalah manfaat yang diberikannya tidak hanya sekadar melatih otot-otot tubuh semata, melainkan juga bisa membantu Anda membakar kalori hingga meningkatkan stamina. Berikut beberapa manfaat wall sit lainnya.

  1. Mempertajam Fokus

Gerakan wall sit memerlukan tingkat fokus yang cukup tinggi, terutama bila Anda melakukannya dalam jangka waktu cukup lama, seperti 30 sampai 60 detik. Di samping itu, Anda juga harus berkonsentrasi untuk tetap mengatur napas dengan benar sekaligus menjaga kestabilan tubuh agar dapat mempertahankan posisi. Sehingga, jika melatihnya secara rutin, Anda pun dapat mempertajam fokus dan konsentrasi.

  1. Memperkuat otot betis

Kalau Anda ingin membentuk dan mengencangkan otot betis, wall sit exercise dapat menjadi salah satu solusinya. Pasalnya, selama melakukan wall sit, berat badan akan ditopang oleh kaki sehingga dapat membuat otot betis semakin terbentuk dan mengencang.

  1. Memperkuat otot perut

Selain memperkuat otot betis dan otot kaki, wallsit juga memiliki manfaat dalam memperkuat otot perut karena dalam gerakan-gerakan latihan wallsit terdapat gerakan dimana menggunakan kekuatan otot perut sehingga otot perut menjadi terlatih dan akan membuat otot perut menjadi kuat. Dalam melakukan latihan wallsit seperti tarik napas dan dikeluarkan secara pelan-pelan akan membuat otot perut menjadi tertahan dan otot perut akan menjadi lebih kuat.

  1. Membakar kalori

Jangan kira bahwa wall sit tidak bisa membakar kalori. Justru sebaliknya, gerakan olahraga ini adalah salah satu cara efektif untuk membakar kalori dan mengundang keringat, terutama jika Anda melakukannya dengan benar dengan durasi yang lama.

  1. Meningkatkan Stamina

Diperlukan tenaga yang cukup untuk melakukan Wall Sit, sehingga jika Anda sering melakukannya akan melatih stamina Anda untuk terus berkembang.

Selain ketiga manfaat diatas, masih banyak lagi yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan Wall Sit seperti dapat dilakukan di mana saja, ada banyak varian yang bisa dikombinasikan, dan dapat dijadikan alternatif saat tidak bisa melakukan squat.

Cara Melakukan Wall Sit yang Benar

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa kebanyakan orang masih salah dalam melakukan latihan Wall Sit dengan benar. Oleh karena itu, berikut adalah cara yang benar dalam melakukan Wall Sit:

  1. Bersandarlah dan pastikan posisi punggung rata ke dinding dengan kaki selebar bahu dan sekitar 70 cm dari dinding.
  2.  Perlahan-lahan geser punggung Anda dengan melibatkan otot perut ke bawah dinding sampai paha Anda sejajar dengan tanah.
  3.  Sesuaikan kaki Anda sehingga lutut berada tepat di atas pergelangan kaki.
  4. Jaga agar punggung Anda tetap rata dengan dinding. Kemudian tahan posisi selama 20 hingga 60 detik.
  5. Geser perlahan kembali punggung Anda sampai ke posisi berdiri.
  6. Istirahat 30 detik dan ulangi latihan tiga kali. Anda dapat meningkatkan waktu latihan Wall Sit sebanyak 5 detik setiap sesinya.

Nah, itulah beberapa hal mengenai apa itu Wall Sit dan bagaimana cara melakukannya. Yang terpenting dari semua ini adalah dengan mencoba melakukannya dan mulai merasakan perbedaannya. Selamat olahraga dan hidup sehat!

Lainnya

Kado untuk Orang tua yang Akan Pensiun, Biar Orang tua mempunyai Kegiatan.

BY ANDERSON SEBASTIAN

Selamat Hari Koperasi Nasional ke- 75, Ini Sejarah Singkat Koperasi Indonesia dan Ketahui Jenis-Jenisnya

BY PUTRI

Yuk, Intip Sekilas Sejarah PEPABRI!

BY PUTRI