whatsapp

BERITA

Mengenal Sejarah Terbentuknya IKPLN

BY PUTRI / 22 Aug 2022

Mengenal Sejarah Terbentuknya IKPLN

Sejumlah pensiunan dari Perusahaan Listrik Negara atau yang disingkat PLN telah mendeklarasikan pendirian  Ikatan Keluarga Pensiunan Listrik Negara (IKPLN) sebagai salah satu cara untuk menyejahterakan pensiunan PLN.

Organisasi Perkumpulan Pensiunan Listrik Negara pada awalnya merupakan organisasi di bawah Perkumpulan Pensiunan Departemen Pertambangan dan Energi disingkat PPDPE unit PLN/IKPLN didirikan atas dasar Surat Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi nomor 0342.K/MPE/1987 tanggal 29 April 1987.

Sesuai Munas PPDPE Unit PLN/IKPLN pada tanggal 7-8 Februari 2001 menetapkan dan memperkuat jati diri nama organisasi pensiunan PLN menjadi Ikatan Keluarga Pensiunan Listrik Negara disingkat IKPLN sebagai satu-satunya wadah tempat begabungnya para pensiunan pegawai PT PLN ( Persero ) dan anak-anak perusahaan PT PLN ( Persero ) sebagai pengembangan dan penyempurnaan organisasi PPDPE Unit PLN / IKPLN berdasar SK Menteri Pertambangan dan Energi nomor: 0342.K / MPE / 1987 tanggal 29 April 1987.

Berdasarkan tersebut di atas maka Pengurus IKPLN Pusat menetapkan tanggal 8 Februari 2001 sebagai lahirnya IKPLN.

Untuk memperkuat keberadaan Organisasi Ikatan Keluarga Pensiunan Listrik Negara ( IKPLN ) di lingkungan PT PLN ( Persero ) maka diterbitkan Keputusan Direksi PT PLN (Persero) nomor 227/DIR/2008 tanggal 11 Juli 2008. Empat hal penting yang mendukung keberadaan IKPLN adalah :

  1. IKPLN merupakan wadah satu-satunya para pensiunan pegawai PLN.
  2. Manajemen PLN Pusat, unit-unit dan anak perusahaan sebagai pembina IKPLN.
  3. Manajemen PLN Pusat, unit-unit dan anak perusahaan mendukung usaha-usaha IKPLN.
  4. Pensiunan pegawai PLN dan anak perusahaan secara otomatis menjadi anggota IKPLN.

Kegiatan Organisasi IKPLN

Kegiatan IKPLN karena bersifat organisasi nirlaba maka banyak bersifat sosial.

Banyak pengurus yang mengadakan Pertemuan anggota diisi masalah kesehatan, penjelasan masalah anggota dsb. Ada kegiatan Bedah Rumah bagi anggota yang rumahnya tidak layak huni, dan kegiatan ini sudah hampir merata dirasakan Pengurus Daerah.

Dana kegiatan diperoleh dari berbagai sumber seperti CSR PLN dan pihak di luar PLN, dana sosial Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan ( YPK ) PLN serta Yayasan Baitul Mal ( YBM ) dahulu LAZIS.

Lainnya

Kebutuhan Vitamin dan Mineral pada Pensiunan

BY PUTRI

5 Negara yang Banyak di kunjungi setelah Memasuki masa Pensiun

BY ANDERSON SEBASTIAN

5 Manfaat yang Tak Terduga dari Olahraga Bersepeda Bagi Lansia

BY PUTRI