whatsapp

HIBURAN

Meningkatkan Imunitas Hingga Dapat Meredakan Stres, Ini 5 Manfaat Memelihara Hewan Bagi Lansia

BY PUTRI / 24 Aug 2022

Meningkatkan Imunitas Hingga Dapat Meredakan Stres, Ini 5 Manfaat Memelihara Hewan Bagi Lansia

Apakah Anda pernah memelihara hewan peliharaan saat kecil? Sebaiknya tetap lakukan hal tersebut hingga Anda lanjut usia. Pasalnya, memelihara hewan peliharaan memiliki ragam manfaat. Memiliki hewan peliharaan dapat membantu mengatasi masalah kesehatan mental dan fisik bagi yang sudah lanjut usia (lansia). Sebab memelihara hewan mampu menurunkan risiko stres.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Michigan University di Amerika Serikat, pemilik hewan peliharaan memiliki risiko serangan stres lebih rendah dibanding mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan. Dilansir Dr Health Benefits, memiliki hewan peliharaan juga dapat membantu mengatasi masalah kesehatan mental dan fisik bagi lansia.

Secara umum, hubungan dengan hewan peliharaan jauh lebih sederhana daripada manusia, karena mereka memberi rasa dibutuhkan dan dicintai. Berikut selengkapnya ulasan manfaat memiliki hewan peliharaan bagi lansia.

  1. Meningkatkan imunitas tubuh

Memiliki hewan peliharaan diketahui dapat memperkuat sistem imun. Kekebalan tubuh yang lebih baik dapat terbentuk pada Anda yang tumbuh di lingkungan rumah dengan hewan peliharaan.

Penelitian terbaru pun mengungkapkan bahwa balita yang dibesarkan di dalam rumah dengan hewan peliharaan berisiko lebih rendah mengalami alergi, asma, dan eksim.

Meski demikian, sebagian orang mungkin tidak cocok atau alergi terhadap bulu hewan. Jika Anda atau anggota keluarga memiliki alergi tersebut, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum hendak memelihara hewan.

  1. Meredakan Stres

Bermain bersama hewan peliharaan bisa membuat Anda senang dan melupakan sejenak masalah yang ada. Hal ini disebabkan adanya peningkatan hormon dopamin dan serotonin di otak saat Anda merasa bahagia. Dengan demikian, stres yang dialami pun akan mereda. Selain itu, memelihara hewan juga bisa mengatasi rasa sepi yang dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan psikologis, seperti depresi, terutama bagi Anda yang tinggal sendirian.

  1. Mendorong Anda untuk aktif bergerak

Memelihara atau bermain bersama hewan peliharaan juga dapat memotivasi Anda untuk lebih rutin berolahraga dan lebih aktif bergerak. Aktivitas ini merupakan alternatif yang tepat jika Anda enggan berolahraga.

Bermain bola dengan kucing, berjalan kaki bersama anjing, atau membersihkan kolam ikan dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus membuat tubuh sehat.

  1. Melatih kekuatan tulang

Berjalan dengan peliharaan setiap hari adalah latihan untuk memperkuat tulang dan otot-otot kaki. Aktivitas ini disarankan untuk lansia yang mengidap osteoporosis. Manfaatnya lebih terasa jika dilakukan pagi hari di bawah sinar matahari.

Vitamin D alami yang dihasilkan matahari membantu tubuh menyerap kalsium dan protein guna membantu mempertahankan kesehatan tulang yang kuat.

  1. Meningkatkan Interaksi Sosial

Hewan peliharaan diketahui dapat menunjukkan empati dan kasih sayang terhadap orang di sekitarnya, khususnya orang yang memeliharanya.

Memelihara hewan dapat memberi kesempatan yang lebih baik untuk menjalin hubungan sosial, terutama dengan orang lain yang menyukai hewan yang sama. Persahabatan yang solid dan dukungan sosial akan membuat lansia lebih sehat.

Sebelum memutuskan untuk memelihara hewan, Anda perlu mempersiapkan berbagai keperluan hewan yang akan dipelihara, serta memastikan kondisi kesehatan Anda dan keluarga. Ada baiknya bila Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum memiliki hewan peliharaan, terutama jika Anda atau orang serumah memiliki kondisi medis tertentu.

Lainnya

Tips Memulai Bisnis Toko Roti Untuk Pensiunan

BY PUTRI

Tidak Percaya Diri Karena Gigi Ompong ? Inilah 3 Cara Mengatasi Gigi Ompong untuk Pensiunan

BY PUTRI

Inilah Persyaratan Klaim Uang Duka Wafat Bagi Penerima Pensiunan PNS

BY PUTRI