whatsapp

OLAHRAGA

Menyehatkan Jantung Hingga Mencegah Stroke, Inilah Manfaat Jalan Kaki Bagi Pensiunan

BY PUTRI / 24 Oct 2022

Menyehatkan Jantung Hingga Mencegah Stroke, Inilah  Manfaat Jalan Kaki Bagi Pensiunan

Memasuki usia lanjut atau pensiun, fungsi berbagai bagian tubuh akan mengalami penurunan. Alhasil, mereka yang sudah lansia atau memasuki masa pensiun tentunya perlu membatasi setiap aktivitas yang dilakukan. Sebab, jika aktivitas tertentu dilakukan terlalu berat, hal ini dapat berdampak negatif pada kesehatan lansia.

Kendati demikian, bukan berarti pensiunan tidak dapat melakukan aktivitas olahraga. Setiap orang termasuk pensiunan sekalipun perlu melakukan kegiatan olahraga secara rutin agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Namun dalam hal ini, orang lansia sebaiknya melakukan aktivitas olahraga ringan yang dapat memberikan manfaat dan tidak membahayakan tubuh.

Salah satu olahraga ringan yang bisa dilakukan lansia adalah berjalan kaki. Diketahui terdapat beberapa manfaat olahraga jalan kaki bagi lansia yang bisa didapatkan. Bahkan olahraga ringan ini dikatakan dapat memberikan pengaruh baik untuk kesehatan dan membuat tubuh lebih bugar. Jika dilakukan secara rutin, Anda dapat menikmati beberapa manfaat jalan kaki berikut ini!

Menyehatkan Jantung

Berjalan kaki dengan santai merupakan pilihan baik bagi orang yang memiliki masalah jantung. Berjalan 30 menit di pagi hari dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Jika jalan kaki dilakukan secara teratur, maka akan memperkuat jantung dan mengontrol tekanan darah.

Memperkuat Tulang dan Sendi

Jalan kaki termasuk olahraga yang menahan beban tubuh kita sendiri. Karena itu, aktivitas ini bermanfaat dalam mempertahankan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis. Manfaat jalan pagi juga bisa membantu kita dalam melindungi sendi di lutut dan pinggul, dengan memicu lubrikasi sendi dan memperkuat otot-otot di sekitar sendi tersebut.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Berjalan kaki di pagi hari juga bisa didapatkan ketika kita melakukannya sesudah makan, yaitu menurunkan kadar gula darah. Sebuah riset skala kecil menemukan bahwa berjalan kaki selama 15 menit sesudah sarapan, makan siang, dan makan malam berpotensi lebih berpengaruh dalam memperbaiki kadar gula dalam darah, jika dibandingkan berjalan kaki selama 45 menit sekaligus dalam satu waktu tertentu.

Kontrol Kadar Kolesterol

Kolesterol tinggi akan berujung pada masalah jantung yang berbahaya bagi kesehatan pengidapnya. Untuk mengontrol kadarnya, Anda dapat mengikuti gaya hidup aktif, seperti berjalan kaki. Jalan kaki dapat mencegah Aterosklerosis, yang disebabkan oleh arteri yang tersumbat karena penimbunan plak atau kolesterol pada dinding arteri.

Mencegah Stroke

Manfaat jalan kaki selanjutnya adalah mencegah penyakit stroke. Hal tersebut dapat terjadi jika dilakukan 5 kali dalam seminggu, dengan waktu 30 menit setiap sesinya. Berjalan kaki juga dapat membantu pemulihan bagi orang yang mengalami stroke.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Olahraga Jalan Kaki

Setelah mengetahui beberapa manfaat olahraga jalan kaki bagi pensiunan, berikutnya perlu diketahui hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memulai kebiasaan ini. Beberapa hal ini perlu dipersiapkan agar aktivitas olahraga yang dijalankan dapat menghasilkan manfaat yang optimal dan tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan rutinitas jalan kaki :

  • Berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan keamanannya, terutama bagi Anda yang memiliki gangguan kesehatan tertentu.
  • Pastikan keamanan dengan membawa barang-barang yang dibutuhkan, seperti botol air minum, sepatu yang nyaman, dan ponsel untuk alat komunikasi jika dibutuhkan.
  • Beri tahu anggota keluarga lain atau teman ketika akan pergi berolahraga dan beri tahu pula berapa waktu yang dibutuhkan selama berolahraga.
  • Kenakan sepatu yang nyaman dan gunakan kaus kaki berbahan katun yang anti lembap atau tidak terlalu panas.
  • Berikan pijatan ringan pada otot belakang dan sisi tulang kering dan betis setiap hari setelah berolahraga. Hal ini untuk mengurangi efek cedera yang bisa didapatkan.

Lainnya

5 Latihan Keseimbangan Untuk Lansia yang Dapat Anda Lakukan Di Rumah.

BY PUTRI

Laundry, Usaha yang Menjanjikan untuk Pensiunan

BY PUTRI

Olahraga Wall Push Up dan Manfaatnya Bagi Lansia

BY PUTRI