whatsapp

OLAHRAGA

Olahraga Wall Push Up dan Manfaatnya Bagi Lansia

BY PUTRI / 28 Jul 2022

Olahraga Wall Push Up dan Manfaatnya Bagi Lansia

Push up adalah olahraga yang bisa dilakukan perempuan atau laki-laki, untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, agar tidak mudah terserang penyakit dan meningkatkan energi untuk beraktivitas harian. Olahraga ini termasuk salah satu jenis senam kekuatan, yang bisa membantu menguatkan otot bisep dan trisep.

Berbeda dengan push up yang biasanya, wall push up dilakukan dengan posisi tubuh menghadap ke dinding dan kedua tangan digunakan untuk mendorong badan ke dinding. Gerakan wall push up memerlukan kekuatan otot tangan, otot perut dan otot bahu. Rutin melakukan wall push up setiap hari juga bisa memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat wall push up yang dilansir dari berbagai sumber.

Menjaga kesehatan jantung

Wall push up juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung, karena rutin melakukan wall push up bisa membantu melancarkan sirkulasi darah, mengontrol tekanan darah dan mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

Menurut sebuah penelitian, orang yang melakukan 40 kali wall push up bisa terhindar dari penyakit jantung sebanyak 96%. Tetapi kalau kamu hanya bisa wall push up sebanyak 11 kali, bisa membantumu terhindar dari penyakit jantung sebanyak 64%.

Menjaga kesehatan otot dan tulang

Setelah memasuki usia lanjut, jaringan otot tubuh akan terus berkurang karena proses penuaan. Hal ini bisa mengurangi kekuatan otot dan tulang hingga 5% setiap tahunnya. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan otot dan tulang. Salah satunya adalah latihan yang berfokus pada kekuatan otot dan tulang di daerah dada dan lengan, seperti wall push-up. Latihan ini bahkan disarankan untuk dilakukan sejak masa pubertas.

Mencegah dan mengatasi sarcopenia

Sarcopenia adalah kondisi di mana massa otot mengalami penurunan karena proses penuaan. Penyakit yang umumnya terjadi pada lansia ini bisa membuat tubuh menjagi lebih lemah dan renta. Sarcopenia bisa lebih cepat terjadi pada orang yang jarang berolahraga. Untuk mencegah dan memperlambat proses terjadinya penyakit ini, penting bagi Anda untuk rutin menjalani  olahraga yang dapat meningkatkan kekuatan, seperti wall push-up, guna merangsang pembentukan massa otot.

Meningkatkan keseimbangan tubuh

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, push-up bermanfaat dalam melatih kekuatan otot tubuh. Dengan memiliki kekuatan otot yang baik, keseimbangan tubuh akan lebih terjaga. Pada lansia, efek ini bisa mengurangi risiko terjadinya cedera akibat terjatuh.

Menghilangkan stres

Manfaat yang terakhir adalah membantu menghilangkan stres. Karena olahraga bisa meningkatkan hormon endorfin, yang bisa membuat suasana hati seseorang terasa lebih bahagia.

Mengontrol Hormon

Hormon adalah zat yang penting di dalam tubuh, yang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan sel tubuh, mengendalikan organ di dalam tubuh dan metabolisme tubuh. Namun seiring bertambahnya usia, produksi hormon di dalam tubuh akan semakin berkurang. Rutin melakukan wall push up bisa membantu mengontrol produksi hormon di dalam tubuh, yang penting untuk membesarkan otot.

Cara Melakukan Wall Push-up yang Tepat

Guna mendapatkan manfaat wall push-up yang maksimal, Anda perlu untuk melakukan gerakan wall push-up yang tepat. Berikut adalah panduannya:

  1. Pilih tembok yang kuat dan dan tidak ada penghalangnya. Seperti lukisan, atau pajangan lainnya di tembok.
  2. Berdiri di depan dinding dengan tegak.
  3. Letakan telapak tangan Anda di tembok setinggi bahu Anda. Posisi tangan lurus menyentuh tembok. Sembari telapak menempel, posisi kaki lurus ke bawah dan rapat.Berikan jarak antara kaki Anda berdiri dengan tembok.
  4. Jagalah agar tubuh tetap rata, seperti papan, tidak membungkuk di bagian pinggul maupun lutut.
  5. Jika badan sudah siap lurus, mulailah menekuk siku dan dekatkan dada Anda ke dinding.
  6. Ketika dada hampir menyentuh dinding, tekan telapak tangan Anda kembali untuk meluruskan lengan tangan kembali seperti posisi semula.
  7. Lakukan gerakan menekuk siku dan meluruskannya ini berulang-ulang. Lakukan sebanyak 12-15 kali. Jika ini terasa mudah bagi Anda, coba untuk membuat jarak antara kaki dan tembok lebih jauh lagi. Posisi kaki lebih jauh dari tembok. Semakin jauh kaki, maka akan semakin besar usaha yang harus Anda lakukan melakukan gerakan push-up ini.

Dilansir MasterClass, lakukan 2–3 set dengan 15–20 repetisi untuk pemula.Lakukan dengan gerakan yang lambat sembari menghirup dan mengembuskan napas dengan tenang.

Lainnya

Temui Karakter Baru Pemeran Stranger Things Season 4

BY PUTRI

Olahraga Wall Push Up dan Manfaatnya Bagi Lansia

BY PUTRI

Asyik! KAI Akan Berikan Diskon Khusus Lansia Hingga 20%, Catat Syarat dan Ketentuannya

BY PUTRI