whatsapp

OLAHRAGA

Panduan Memakai Treadmill Bagi Pensiunan

BY PUTRI / 7 Sep 2022

Panduan Memakai Treadmill Bagi Pensiunan

Pensiunan perlu tetap aktif bergerak kesehatannya terjaga. Salah satu yang bisa dilakukan adalah latihan berjalan di treadmill. Boleh? Ya, pensiunan bisa latihan jalan di treadmill selama 30 menit sehari untuk memenuhi kebutuhan aktivitas fisik harian sehingga tetap bugar.

Jalan cepat secara teratur menggunakan treadmill bisa juga menjadi latihan bagi pensiunan dengan kondisi penyakit diabetes, radang sendi, dan tekanan darah tinggi. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memulai program olahraga dengan treadmill.

Berikut akan kami ulas apa saja hal – hal yang perlu diperhatikan jika Anda ingin berolahraga menggunakan treadmill

  1. Pastikan Anda mengenakan sepatu dan celana yang nyaman agar bisa berjalan di atas treadmill dengan mudah
  2. Sebelum memulai latihan, pastikan untuk melakukan adaptasi dengan treadmill yang akan digunakan. Apalagi jika latihan ini dilakukan di pusat kebugaran, pasti terdapat beberapa jenis treadmill yang berbeda.
  3. Cari tahu terlebih dahulu dimana letak tombol darurat untuk berhenti. Pakailah klip sehingga treadmill akan berhenti jika pengguna tersandung atau jatuh. Pelajari cara menggunakan kontrol untuk menambah dan mengurangi kecepatan serta kemiringan.
  4. Mulailah menggunakan treadmill dengan kecepatan sangat rendah. Secara bertahap tingkatkan kecepatannya.
  5. Postur berjalan sangat penting untuk mendapatkan manfaat maksimal dari latihan treadmill ini. Berpegangan pada pegangan tangan selama latihan dapat menyebabkan postur berjalan kurang baik. Bahkan mungkin muncul efek rasa sakit.
  6. Berjalanlah perlahan dengan postur tegak, tidak condong ke depan. Mata ke depan, tarik pundak ke belakang sehingga memudahkan untuk menarik napas panjang.
  7. Tekuk lengan 90 derajat dan biarkan mengayun ke depan dan ke belakang berlawanan dengan langkah.
  8. Lakukan pemanasan selama beberapa menit dengan langkah ringan sebelum meningkatkan kecepatan. Secara bertahap tingkatkan kecepatannya 0,5 mil per jam setiap menit sampai mencapai kecepatan berjalan cepat di mana Anda bisa berjalan dengan percaya diri dengan napas tetap teratur sehingga berkeringat. Hal tersebut akan melatih jantung dan paru-paru serta mengirimkan lebih banyak darah ke otak dan semua bagian tubuh lainnya.
  9. Pertahankan kecepatan setidaknya selama 10 menit. Jika pensiunan kelihatan napasnya kurang teratur, kurangi kecepatannya. Setelah setidaknya 10 menit, kurangi kecepatan untuk pendinginan selama 2-3 menit.
  10. Jika treadmill memiliki monitor denyut nadi, periksa untuk mengetahui apakah denyutnya di antara 80 dan 115 denyut per menit.

Perlu Anda ketahui juga, jumlah latihan kardiovaskular yang disarankan untuk pensiunan di atas usia 65 adalah 30 menit per hari, lima hari per minggu. Jika pensiunan tidak dapat melakukan semua 30 menit dalam satu sesi, diperbolehkan untuk memecah 30 menit itu, tetapi sesi latihan harus setidaknya 10 menit.

Lainnya

Digitalisasi Umkm Sebagai Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Perekonomian Pasca Pandemi

BY PUTRI

Inilah Gerakan mudah yang dapat memperkuat Tulang untuk Mencegah Osteoporosis

BY ANDERSON SEBASTIAN

Ide Bisnis yang cocok untuk Orang tua kamu yang sudah memasuki Masa Pensiun

BY ANDERSON SEBASTIAN