whatsapp

BERITA

Peringatan-Hari-Sumpah-Pemuda-Tahun-2022

BY PUTRI / 28 Oct 2022

Peringatan-Hari-Sumpah-Pemuda-Tahun-2022

Sumpah Pemuda merupakan hasil Kongres Pemuda Kedua yang dirumuskan pada 28 Oktober 1928 di Batavia atau kini dikenal sebagai Jakarta. Peristiwa ini menjadi satu tonggak penting dalam sejarah pergerakan nasional bangsa Indonesia.

Kongres Pemuda kedua ini merupakan kelanjutan dari kongres pertama yang berlangsung 30 April-2 Mei 1926. Kongres ini melibatkan seluruh organisasi pemuda di Hindia Belanda saat itu, seperti Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Sekar Rukun, PPPI, Pemuda Kaum Betawi, dan masih banyak lagi.

Dalam kesempatan ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan bahwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran tentang bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras, dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Tema Hari Sumpah Pemuda 2022

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Kemenpora tentang Panduan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, tema Hari Sumpah Pemuda 2022 adalah "Bersatu Bangun Bangsa".

Makna Logo Hari Sumpah Pemuda 2022

Sementara itu, logo Hari Sumpah Pemuda 2022 juga memiliki arti tersendiri. Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip dari edaran resmi Kemenpora tentang Hari Sumpah Pemuda 2022.

  1. Karakter Logo (Angka 94)

Karakteristik penggabungan warna dalam logo Hari Sumpah Pemuda 2022 menggambarkan Indonesia yang memiliki keberagaman suku, bangsa, dan budaya.

  1. Garis

Garis putih di dalam angka 9 dan 4 yang mengikuti bentuk logo memiliki arti kesatuan dan mencerminkan keberagaman sekaligus simbol persatuan yang suci.

  1. Lingkaran

Bentuk lingkaran pada angka 9, diibaratkan kepalan tangan yang menggambarkan semangat persatuan dan kepemudaan.

  1. Dua Garis Berjajar

Garis yang saling berjajar dan mengarah ke atas pada angka 9 dan 4, menggambarkan semangat pemuda-pemudi Indonesia untuk terus bangkit bersama sebagai wujud cinta tanah air Indonesia.

Lainnya

Minggu Ini Vaksin Covid-19 bagi Lansia Siap Dilakukan, Apa Saja Hal yang Perlu Diperhatikan?

BY MATHIAS

Cobalah 5 Gerakan Ini untuk Atasi Sakit Pinggang yang Tak Kunjung Pulih

BY PUTRI

Bisa Meningkatkan Mood, Inilah Manfaat Mendengarkan Musik yang Jarang Diketahui

BY PUTRI