whatsapp

BERITA

Persatuan Pensiun Telkom (P2Tel)

BY PUTRI / 8 Aug 2022

Persatuan Pensiun Telkom (P2Tel)

Persatuan Pensiun Telkom (P2Tel) adalah organisasi dibawah naungan PT Telkom Indonesia Tbk yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Seperti yang kita semua ketahui PT Telkom Indonesia Tbk pasti memiliki ribuan karyawan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, oleh karena itu mereka memerlukan sebuah wadah atau komunitas secara resmi untuk karyawan pensiun. Employee relations yang terjalin tidak hanya untuk diri karyawan pensiun PT Telkom Indonesia Tbk saja, keluarga besar Telkom (keluarga dari masing-masing karyawan) juga turut diikut sertakan dalam kegiatan-kegiatan yang sudah diagendakan. Lantas bagaimana P2Tel bisa terbentuk? Yuk, simak terus artikel ini!

Sejarah Terbentuknya P2Tel

Pada tanggal 6 Juli tahun 1965 , Pemerintah Republik Indonesia memutuskan untuk membagi PN POSTEL menjadi dua perusahaan yaitu PN POS & GIRO dan PN TELEKOMUNIKASI. Perkembangan selanjutnya di tahun 1974 PN TELEKOMUNIKASI berubah menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi, disingkat PERUMTEL Direksi PERUMTEL dibawah pimpinan Direktur Utama Ir.Willy Moenandir Mangoendiprodjo yang kemudian memandang perlunya organisasi pensiunan PN Pos & Giro dan PERUMTEL yang masih bergabung dalam satu wadah Perkumpulan Pensiunan Pos Telepon & Telegrap (P2PTT) juga dilakukan pemisahan. Direktur Kepegawaian PERUMTEL saat itu Eem Rachmat Bc.TT, mempersiapkan pembentukan organisasi Persatuan Pensiunan Perumtel dengan menerbitkan Surat Keputusan Direksi No. SK. 10180/DIRUTTEL/1979 tanggal 12 November 1979 tentang Pembentukan Forum Konsultasi antara Perusahaan dengan para pensiunan Perumtel. Pada forum tersebutlah dilakukan pembahasan dan pengaturan hal-hal yang terkait dengan kepentingan pensiunan sekaligus memberikan bentuk dukungan dan pembinaan yang perlu diberikan oleh Perusahaan.

Komitmen Direksi PERUMTEL menjadi nyata ketika pada tanggal 24-25 November 1980 di Bandung diadakan Temu Karya Pimpinan Perumtel dengan perwakilan Pensiunan Perumtel dari seluruh Wilayah Usaha Telekomunikasi (WITEL) di Indonesia. Pada hari kedua, tanggal 25 November 1980, Musyawarah Antar Wilayah Pensiunan Perumtel berhasil menetapkan pembentukan Persatuan Pensiunan Perumtel dan resmi berpisah dari Persatuan Pensiunan Pos & Giro. Tanggal 25 November 1980 tersebut kemudian ditetapkan sebagai tanggal berdirinya Persatuan Pensiunan Perumtel, disingkat P2TEL, yang berkedudukan di Bandung dengan Ketua Pusat P2TEL pertama yaitu H. Idris Adjam.

Jalur pembinaan pensiunan oleh PERUMTEL ditetapkan dengan Surat Keputusan Direksi PERUMTEL No. SK.22282 /KP064/PEG-13/1985 tertanggal 12 November 1985 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembinaan PERUMTEL, dimana aspek silaturahim menjadi bagian pembinaan yang utama, antara lain mewujudkan jalinan kekeluargaan dan terbinanya Keluarga Besar Perumtel yang harmonis dan serasi antar pensiunan, dan antara pensiunan dengan perusahaan beserta para karyawannya. Ditegaskan pula bahwa anggota organisasi P2TEL adalah semua pensiunan PERUMTEL. Termasuk didalamnya fungsi pembinaan yang terkait dengan aspek kesejahteraan yaitu Manfaat Pensiun (MP), pemeliharaan kesehatan, bantuan sosial atau santunan lainnya, dilakukan sesuai kemampuan Perusahaan dengan mengikuti peraturan yang berlaku.

Seiring perjalanan waktu dan perkembangan organisasi selanjutnya tetap mengacu kepada Keputusan Direksi pada saat TELKOM masih berstatus sebagai PERUMTEL dan hubungan pembinaan dan kerjasama tetap dilanjutkan dengan Pengurus P2TEL berikutnya. Bahkan pada tanggal 1 April 2017 hubungan kemitraan ini lebih dikukuhkan lagi antara TELKOM Group dengan P2TEL yang dikenal sebagai Dukungan Lima Pilar, yang terdiri dari unsur-unsur : PT. Telkom Tbk., Dapen Telkom, Yakes Telkom. Sekar Telkom dan P2TEL.

Lainnya

Budidaya Udang Vaname yang Sangat Menguntungkan

BY PUTRI

DIJULUKI WANITA TERKAYA VERSI FORBES, INILAH 5 SUMBER KEKAYAAN KIM KARDASHIAN

BY PUTRI

Cara melakukan Social Distancing tetapi tetap menghormati Orang tua

BY ANDERSON SEBASTIAN